MAGISTER TEKNIK MESIN

KURIKULUM PROGRAM STUDI S2 TEKNIK MESIN 

 RUMUSAN VISI

Visi Program Studi Magister Teknik Mesin (PS MTM) Universitas Lampung  adalah “Unggul dalam pengembangan ilmu Teknik Mesin berbasis riset inovatif. Visi ini mendukung visi Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Universitas Lampung yang akan menjadi institusi sepuluh terbaik pada tahun 2025. Disamping itu Universitas Lampung sedang mempersiapkan dan mentranformasikan dirinya dari Teaching University menjadi Research University  sehingga visi PS MTM ini sangat berkontribusi dalam mewujudkannya. Visi yang selaras dengan visi lembaga ini menjadi suatu kekuatan dalam pengembangan PS MTM sehingga memudahkan dalam berkoordinasi dengan lembaga-lembaga tersebut. Kondisi ini juga memotivasi seluruh komponen PS MTM untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dalam rangka mewujudkan tujuan besar secara bersama.

 RUMUSAN MISI

Misi PS MTM disusun dalam rangka mewujudkan visi yang telah ditetapkan. Misi-misi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas di bidang Teknik Mesin berbasis penelitian khususnya pada bidang rekayasa energi, rekayasa material, rekayasa manufaktur dan rekayasa mekanika struktur.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif, teruji, terpadu dan unggul untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berbasis kepada hasil-hasil penelitian yang tepat guna dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan potensi daerah.
  4. Melaksanakan kerjasama yang sinergi dengan pemerintah daerah, industri, masyarakat ilmiah, dan lembaga asosiasi profesidalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 Empat (4) misi PS MTM ini merupakan penjabaran dari kegiatan inti  Tri Dharma Perguruan Tinggi yang juga didukung dengan kegiatan pengembangan kerjasama dengan berbagai pihak. Misi-misi ini diharapkan mampu meningkatkan pendidikan yang berkualitas, mengembangkan penelitian dan pengabdian ke masyarakat yang sesuai dengan kemajuan ipteks serta peningkatan kerjasama yang saling menguntungkan.

 TUJUAN

Dalam rangka melaksanakan misi dan pencapaian visi PS MTM Universitas Lampung, maka ditetapkan tujuan Program Studi sebagai berikut:

Menghasilkan lulusan yang mandiri, kreatif dan kritis sertamenguasai ilmu Teknik Mesin pada bidang rekayasa energi, rekayasa material, rekayasa manufaktur dan rekayasa mekanika struktur.

  1. Mengembangkan penelitian yang menghasilkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan daerah dan nasional dalam peningkatan daya saing bangsa.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat di bidang penerapan  teknologi tepat guna melalui pengabdian kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan kerjasama yang sinergis dengan pemerintah daerah, industri, kalangan ilmiah, dan lembaga asosiasi profesi.

 Rumusan tujuan Program Studi merujuk kepada tujuan dari lembaga Jurusan, Fakultas dan Universitas Lampung serta diturunkan dari empat misi PS MTM yang sudah dibuat.

 SASARAN

Sasaran yang hendak dicapai oleh PS MTM adalah:

  1. Dihasilkannya lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kriteria:
    1. IPK rata-rata lulusan ≥ 3,5
    2. Masa studi ≤ 2,5 tahun
    3. Nilai Toefl ≥ 500
    4. Masa penyelesaian Tesis ≤ 6 bulan
  2. Dihasilkannya penelitian yang unggul dan publikasi yang bereputasi baik secara Nasional maupun Internasional, dengan ketentuan:
    1. Setiap dosen mendapatkan hibah penelitian minimal 1 pertahun untuk skala kompetisi Nasional/Desentralisasi.
    2. Publikasi Nasional dan Internasional setiap dosen masing-masing 1 pertahun.
  3. Dihasilkannya teknologi tepat guna melalui hibah pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan kriteria:
    1. Mendapatkan hibah pengabdian kepada masyarakat skala Nasional minimal 3 kegiatan setiap tahun per PS.
    2. Dihasilkan teknologi tepat guna yang terimplementasi sekurang-kurangnya 1 setiap tahunnya.
  4. Terjalinnya kerjasama yang sinergis antara PS dengan pemerintah daerah, asosiasi profesi, litbang, industri meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat paling sedikit satu kerjasama setiap tahun.

Download Kurikulum Magister Teknik Mesin

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<