Teknik Mesin

PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNIK MESIN

UNIVERSITAS LAMPUNG

SEJARAH SINGKAT

Awal berdirinya Program Studi Magister Teknik Mesin  Universitas Lampung berdasarkan Mandat Ditjen Dikti Nomor 441/E.E2/DT/2014 tanggal 18 Juni 2014 tentang Penugasan Penyelenggaraan Penambahan Program Studi Universitas Lampung. Kemudian dalam kurun waktu yang tidak lama setelah itu dikukuhkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 392/E/O/2014 tanggal 10 September 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program-Program Studi Pada Universitas Lampung di Bandar Lampung.

Persiapan pendirian Program Magister Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lampung telah dimulai dari tahun 2012. Pendirian Program Magister Teknik Mesin adalah salah satu upaya dari Fakultas Teknik  Universitas Lampung untuk menjawab tantangan atas kebutuhan tenaga pendidik dan tenaga profesional di bidang Teknik  Mesin yang berkompeten, berintegritas dan berdedikasi. Selain itu, hal ini juga untuk mempercepat terwujudnya amanat UU No.14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen yang harus memiliki kualifikasi akademik minimal lulusan Program Magister (S2).

Jumlah tenaga profesional dan tenaga pendidik yang sudah tersedia di propinsi Lampung  masih  kurang bila dibandingakan dengan potensi daerah yang tersedia. Di bidang pendidikan, Provinsi Lampung mempunyai lebih dari 20  Perguruan Tinggi dan lebih dari 50% adalah Perguruan Tinggi Keteknikan. Sementara itu, di Provinsi Lampung terdapat banyak industri besar yang memerlukan tenaga keteknikan, khususnya bidang Teknik Mesin. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional Teknik  Mesin tersebut, perlu diciptakan satu sistem pendidikan yang mampu memenuhi tenaga profesional yang berkualitas tinggi dan memiliki integritas. Sistem pendidikan yang berkualitas  harus memerlukan tenaga pendidik yang berkualitas dan berintegritas serta berdedikasi tinggi terhadap profesinya.

Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa kebutuhan akan tenaga kerja di bidang Teknik  Mesin yang berpendidikan setara Magister adalah tinggi, namun dipihak lain ketersediaan tenaga tersebut masih sangat terbatas. UNILA mempunyai potensi besar untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang teknik mesin tersebut, bila ditinjau dari kualifikasi tenaga pengajar FT UNILA yang tersedia saat ini. Universitas Lampung juga telah memiliki pengalaman mengelola berbagai bidang program pascasarjana sejak beberapa tahun terakhir ini..

VISI DAN MISI PROGRAM

Visi Program adalah “Pada tahun 2025, Program Studi Magister Teknik  Mesin Universitas Lampung  menjadi 10 terbaik di Indonesia”.  Hal ini sejalan dengan Visi Universitas Lampung, yaitu menjadi perguruan tinggi sepuluh terbaik di Indonesia yang dapat diukur melalui tiga pilar kegiatan pendidikan tinggi yaitu: (i) meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi warga negara melalui program diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor; (ii) meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing dalam rangka menjawab kebutuhan pasar; dan (iii) meningkatkan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik. Dalam rangka mewujudkan visi Program Studi Magister Teknik Mesin maka ditetapkan misi program studi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas di bidang Teknik Mesin berbasiskan penelitian dengan fokus pada bidang rekayasa energi, rekayasa material, rekayasa manufaktur dan rekayasa mekanika struktur.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif, teruji, terpadu dan unggul untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berbasis pada hasil-hasil penelitian yang tepat guna, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan potensi daerah.
  4. Melaksanakan kerjasama yang sinergi dengan pemerintah daerah, industri, masyarakat ilmiah, dan lembaga asosiasi profesi.

TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM

Dalam rangka melaksanakan misi dan pencapaian visi Prodi Magister TM Universitas Lampung, selanjutnya ditetapkan tujuan program studi sebagai berikut: 1)    Menghasilkan lulusan yang mandiri, kreatif, kritis, bermoral tinggi, beretika mulia dan menguasai keilmuan Teknik Mesin yang terfokus pada rekayasa energi, rekayasa perancangan, rekayasa material dan rekayasa  manufaktur. 2)    Mengembangkan penelitian yang menghasilkan teknologi untuk  memenuhi kebutuhan daerah dan nasional dalam peningkatan daya saing bangsa. 3)    Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat di bidang penerapan teknologi tepat guna melalui pengabdian kepada masyarakat. 4)    Meningkatkan kerjasama yang sinergis dengan pemerintah daerah, industri, kalangan ilmiah, dan lembaga asosiasi profesi

MANFAAT PROGRAM

Sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Magister TM FT UNILA yang sudah dirumuskan sebelumnya, maka sangat diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada berbagai pihak terkait, khususnya bagi Universitas Lampung sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di Bandar Lampung. Program Studi ini diharapkan juga dapat berkontribusi dalam rangka mencapai visi dan misi UNILA. Bagi masyarakat luas, Program Studi Magister TM UNILA yang akan didirikan diharapkan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi akan pengetahuan dan keahlian dalam bidang Teknik  Mesin yang berorientasi pada kebutuhan industri dan dunia pendidikan. Bagi bangsa dan Negara, tentunya diharapkan Program Studi Magister TM UNILA dapat memberikan kontribusi dalam mencapai percepatan kualifikasi dosen bergelar S2 dan meningkatkan nilai tambah bangsa Indonesia dalam bidang ilmu dan riset Teknik  Mesin baik ditingkat nasional dan internasional.

KURIKULUM

Dalam konteks globalisasi ekonomi, setiap negara dituntut memiliki keunggulan kompetitif agar mampu bersaing di pentas dunia. Daya saing bangsa sangat bergantung pada institusi perguruan tinggi sebagai basis pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Sebagai lembaga produsen iptek, perguruan tinggi diharapkan dapat memberi kontribusi bagi peningkatan daya saing suatu bangsa, dimana mensyaratkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai hard sciences dan salah satunya adalah ilmu keteknikan mesin.

 Kebutuhan sumber daya manusia untuk bersaing dalam konteks global tidak cukup hanya diisi oleh sarjana jenjang strata satu (S-1) dan sudah saatnya dipenuhi oleh sumber daya manusia profesional berkualifikasi magister yang memiliki penguasaan ilmu dan daya analisis yang lebih tajam. Dewasa ini minat calon sumber daya manusia untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang strata dua (S-2)  merupakan alasan utama untuk membuka Program Magister Teknik Mesin FT Unila. Selain itu terdapat kebutuhan yang sangat mendesak untuk meningkatkan kualifikasi dosen yang telah ada, sehingga amanat dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang kompetensi dosen  berlaku efektif  pada tahun 2012.

 Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualifikasi dosen dan dalam mendukung dosen untuk meningkatkan keahlian dan keilmuannya melalui penelitian dan publikasi ilmiah dan pembentukan sumber daya manusia profesional berkualifikasi magister yang memiliki penguasaan ilmu dan daya analisis yang lebih tajam, maka bidang ilmu atau bidang kajian pokok pada Program Magister Teknik Mesin FT Unila akan menekankan pada bidang ilmu teknik mesin yang berbasis penelitian dan aplikasi teknologi. Keilmuan dan keahlian yang akan dibentuk lebih menekankan pada kebutuhan lokal di sekitar Universitas Lampung sesuai dengan kebutuhan perkembangan ilmu yang lebih spesifik di daerah.

Mata Kuliah Semester I

No

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Kredit (sks)

Keterangan

1

UNI812101 Filsafat Ilmu

2

Wajib

2

UNI812102 Metode Penelitian

2

Wajib

3

FTU814101 Analisis Matematika Teknik

3

Wajb

4

FTM814101 Komputasi Teknik

3

Wajib

Jumlah

10

Mata Kuliah Semester II

No

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Kredit (sks)

Keterangan

1

FTM814102 Desain Eksperimen

3

Wajib

2

FTM814103 TermodinamikaTeknik

3

Wajib (KE*)

3

FTM814104 Mekanika Fluida

3

Wajib (KE)

4

FTM814105 Perpindahan Panas

3

Wajib (KE)

 

1

FTM814102 Desain Eksperimen

Wajib

2

FTM814106 Kekuatan Material Lanjut

3

Wajib (MS*)

3

FTM814107 Analisis Dinamik Struktur Mekanik

3

Wajib (MS)

4

FTM814108 Analisis Elemen Hingga

3

Wajib (MS)

 

1

FTM814102 Desain Eksperimen

3

Wajib

2

FTM814109 Proses dan Sistim Manufaktur Lanjut

3

Wajib (TP*)

3

FTM814110 Pemodelan dan Simulasi Sistim Manufaktur

3

Wajib (TP)

4

FTM814111 Perancangan dan Pengembangan Produk

3

Wajib (TP)

 

1

FTM814102 DesainEksperimen

3

Wajib

2

FTM814112 Material Maju

3

WAJIB (TM*)

3

FTM814113 Karakteristik Material

3

WAJIB (TM)

4

FTM814114 Mekanika Kegagalan Material

3

WAJIB (TM)

Jumlah

12

Mata Kuliah Semester III

No

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Kredit (sks)

Keterangan

1

FTM814201 Proposal Tesis

3

Wajib

2

Pilihan I

3

Pilihan

3

Pilihan II

3

Pilihan

4

Pilihan III

3

Pilihan

Jumlah

12

Mata Kuliah Semester IV

No

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Kredit (sks)

Keterangan

1

FTM814202 Penelitian dan Penulisan Tesis

6

Wajib

Jumlah

6

*  RE       : Konversi Energi                  TP            : Teknik Produksi TM      : Teknik Material                  MS          : Mekanika Struktur

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<