MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

direktur

MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
BERDIRI 4 AGUSTUS 2004
NO. SK : 82/DIKTI/KEP/201
AKREDITASI : B

ketua-dan-sekretaris-mtpd

 1. Sejarah Singkat Program Magister Teknologi Pendidikan

Pascasarjana Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berdiri tahun 2001 dengan izin operaional Nomor 82/DIKTI/Kep/2001 dengan jumlah dosen tetap 6 dengan bergelar doktor (Tabel 1), dengan  status akreditasi B dengan Nomor 003/BAN-PT/Ak-X/S2/U/2012. Sejak berdiri sampai sekarang sudah dua kali pergantian ketua program studi (Tabel 2). Dan jumlah Mahasiswa sampai tahun akademi 2014/ 215 adalah 154 mahasiswa (Tabel 3).

Tabel 1. Dosen Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Unila

No.

Nama Dosen Tetap

 

NIDN

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT

Bidang Keahlian

(1)

(2)

(3)

(7)

(8)

1. Dr. Budi Koestoro M.Pd. 0006015906 S1 IKIP BandungS2 UNJ

S3 UNJ

Pendidikan MatematikaTP

TP

2. Dr. Herpratiwi, M.Pd. 0014096403 S1 IKIP Sanata Dharma YogyaS2 IKIP Yogya

S3 UNJ

Kurikulum dan TP

PEP

TP

3. Dr. Adelina Hasyim, M.Pd. 0018105302 S1 IKIP BandungS1 UPI Bandung

S3 UNJ

PKn dan HukumPendidikan Umum / Nilai

TP

4. Dr. Sultan Djasmi, M.Pd. 0004055209 S1 IKIP YogyaS2 UNJ

S3 UNJ

KurikulumTP

TP

5. Dr. Dwi Yulianti, M.Pd. 0001987103 S1 UnilaS2 UM

S3 UM

Pendidikan KimiaPendidikan Kimia

TP

6. Dr. Riswandi, M.Pd. 0008087610 S1 IAINS2 UNP

S3 UNJ

Pendidikan AgamaTP

MP

Tabel 2. Nama Ketua Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan Program

Pascasarjana Universitas Lampung

No

Tahun

Ketua Program Studi

1.

2001 s.d. 2007

Dr. Budi Koestoro, M.Pd.

2.

2007 s.d. 2011

Prof. Dr. Bambang Sumitro, M.S.

3.

2011 s.d sekarang

Dr. Adelina Hasyim, M. Pd.

Tabel 3. Data Mahasiswa Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP

Unila Tahun 2010 Sampai 2014

No.

Angkatan

 

Jumlah mahasiswa masuk

Jumlah Mahasiswa yang sudah lulus

(1)

(2)

(3)

(7)

1. 2010

76

55

2. 2011

56

35

3. 2012

57

20

4. 2013

43

-

5. 2014

32

-

Jumlah

264

110

Total

154

2. Visi dan Misi Prodi

Visi dan Misi  Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan, diawali dengan pembuatan konsep oleh kaprodi dan sekretaris berdasarkan kajian terhadap visi dan misi fakultas, dan berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dilanjutkan  lokakarya di tingkat  Program Studi dan fakultas yang dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Teknologi Pendidikan, Ketua Jurusan, tim pengembang kurikulum dan tim  QA (Quality Assurance) Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan. Adapun visi dan misi Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan adalah:

VISI: Pada tahun 2021 menjadi pusat penelitian dan pengembangan Teknologi Pendidikan

MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan sistem belajar dan pembelajaran.
  2. Menyediakan jasa dalam mengkaji dan memecahkan masalah belajar dan pembelajaran dalam berbagai situasi dan kondisi.
  3. Memelopori usaha inovatif dalam sistem belajar dan pembelajaran.
  4. Mengembangkan kemampuan profesional dalam bidang studi teknologi pendidikan.

Mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan disiplin ilmu teknologi pendidikan.

3 Profil Lulusan Prodi

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai:

  1. Ilmuwan pembelajaran
  2. Perancang dan Pengembang kurikulum, strategi dan model pembelajaran pada sekolah formal, sekolah alternatif, pelatihan dan kursus
  3. Perancang dan pengembang  produk media berbasis teknologi dan multi media
  4. Peneliti Pembelajaran
  5. Konsultan Pembelajaran dan Diklat
  6. Fasilitator/widya iswara pelatihan pendidikan dan pembelajaran

4 Capaian Pembelajaran Prodi / Programme Learning Outcomes (PLO)/ SKL

Dimilikinya kemampuan oleh lulusan dalam hal:

  1. Pengembang kurikulum, strategi, dan model pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan, pelatihan. , sekolah alternatif, pelatihan dan kursus
  2. Pengelola pendekatan baru dalam  pembelajaran pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan, sekolah alternatif, pelatihan dan kursus
  3. Perancang  pembelajaran pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan, sekolah alternatif, pelatihan dan kursus.
  4. Penilai  pembelajaran, sumber belajar dan kinerja SDM dalam pembelajaran.
  5. Produsen  sumber belajar.
  6. Konsultan kinerja SDM melalui pendekatan teknologi pendidikan.
  7. Peneliti  pembelajaran.

 5. Capaian Pembelajaran Perkuliahan/  Course Learning Outcomes (CLO)

Capaian Pembelajaran Perkuliahan diturunkan dari capaian pembelajaran program studi.   Data selengapnya terdapat pada Tabel 1.

      Tabel 1 Capaian Pembelajaran Perkuliahan

No.

Capaian Pembelajaran Prodi

Capaian Pembelajaran Perkuliahan

1. Pengembang model pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan 1. Mengkaji  konsep  pengembangan model pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
2. Menyusun  konsep pengembangan model pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
3. Merancang pengembangan model pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
4. Menyajikan pengembangan model pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
5. Mengkomunikasikan pengembangan model pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
6. Mempublikasikan pengembangan model pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
7. Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan dan toleransi
2. Pengelola pendekatan baru dalam  pembelajaran pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan 1. Mengkaji  konsep  pengelolaan  pendekatan baru pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
2. Menyusun  konsep pengelolaan pendekatan baru pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
3. Merancang pengelolaan pendekatan baru dalam  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
4. Menyajikan pengelolaan  pendekatan baru pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
5. Mengkomunikasikan pengelolaan baru dalam  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
6. Mempublikasikan  pengelolaan baru dalam  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
7. Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan dan toleransi
3. Perancang  pembelajaran pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan 1. Mengkaji  konsep  perancangan  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
2. Menyusun  konsep perancangan  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
3. Merancang  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
4. Menyajikan hasil perancangan pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
5. Mengkomunikasikan hasil perancangan   pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
6. Mempublikasikan  perancangan  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
7. Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan dan toleransi
4. Penilai  pembelajaran, sumber belajar dan kinerja SDM dalam pembelajaran 1. Mengkaji  konsep  penilaian  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
2. Menyusun  konsep  penilaian  pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
3. Merancang  penilaian pembelajaran pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
4. Menyajikan hasil perancangan penilaian pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
5. Mengkomunikasikan hasil perancangan   penilaian pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
6. Mempublikasikan  perancangan  penilaian pembelajaran, pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan
7. Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan dan toleransi
5. Produsen  sumber belajar 1. Mengkaji  konsep  memproduksi sumber belajar
2. Menyusun  konsep  memproduksi sumber belajar
3. Merancang/  memproduksi sumber belajar
4. Menyajikan hasil perancangan/ produksi sumber belajar
5. Mengkomunikasikan hasil perancangan/ produksi sumber belajar
6. Mempublikasikan  perancangan / produksi sumber belajar
7. Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan dan toleransi
6. Konsultan kinerja SDM melalui pendekatan teknologi pendidikan 1. Mengkaji  konsep  kinerja SDM dari pendekatan teknologi pendidikan.
2. Menyusun  konsep kinerja SDM dari pendekatan teknologi pendidikan
3. Merancang  model peningkatan kinerja SDM dari pendekatan teknologi pendidikan
4. Menyajikan hasil perancangan model peningkatan kinerja SDM.
5. Mengkomunikasikan hasil perancangan   model peningkatan kinerja SDM.
6. Mempublikasikan  perancangan  model peningkatan kinerja SDM.
7. Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan dan toleransi
7. Peneliti  pembelajaran 1. Mengkaji  berbagai konsep  penelitian   dalam pembelajaran
2. Menyusun  konsep  penelitian   yang cocok dalam pembelajaran.
3. Merancang  penelitian   dalam pembelajaran
4. Menyajikan hasil penelitian   dalam pembelajaran
5. Mengkomunikasikan hasil penelitian   dalam pembelajaran
6. Mempublikasikan  hasil penelitian   dalam pembelajaran
7. Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan dan toleransi

6. Pemetaan Bahan Kajian

Bahan kajian dipetakan berdasarkan rumusan sikap dan keterampilan lulusan serta bahan kajian yang diturunkan secara teoritik dari bidang kajian Teknologi Pendidikan dan keunggulan institusi yaitu visi FKIP.  Hasil pemetaan terdapat pada Tabel 2, yang akhirnya menghasilkan 10 mata kuliah wajib dan 1 mata kuliah pilihan (dari 3 mata kuliah).

Tabel 2 Pemetaan Bahan Kajian

Untitled-1

Keterangan: MK (Mata Kuliah)

MK 1=  Metodologi Penelitian Lanjut

MK 2=  Kawasan Teknologi Pendidikan

MK 3= Rancangan dan Model Pembelajaran

MK 4= Teori belajar dan Pembelajaran

MK 5= Teknologi Kinerja

MK 6=  Evaluasi Program dan Hasil Belajar

MK 7=  Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia

MK 8= Pengelolaan Sumber Belajar

MK 9= Penerapan TP

MK 10= Desain dan Pengelolaan Diklat

MK 11= Mata Kuliah Pilihan (Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar, Difusi Inovasi Pendidikan,

Pembelajaran Jarak Jauh)

7. Struktur Matakuliah

       7.1 Kedalaman dan Keluasan Matakuliah (Penentuan sks)

Kedalaman dan keluasan untuk setiap matakuliah berbeda-beda sehingga besaran sks untuk masing-masing matakuliah juga tidak sama. Besaran SKS untuk masing-masing matakuliah Program Pascasarjana TP seperti yang terdapat pada Tabel 3 berikut ini.

Tabel 3 Besaran sks Mata Kuliah Pascasarjana Teknologi Pendidikan

No.

Nama Mata Kuliah

Indikator

Substansi Kajian/ Isi/ Materi

Perkiraan Waktu Pengalaman Belajar

sks

T/D P/P L/TK
1. Metodologi Penelitian Lanjut Menganalisis berbagai pendekatan penelitian dan  merancang penelitian/ tesis. Jenis-jenis Pendekatan penelitian. 1 1 2 2
2. Kawasan Teknologi Pendidikan (TP) Menganalisi pengertian dan perkembangan TP sebagai suatu disiplin keilmuan, bidang garapan dan profesi,  yang  diperlukan  untuk  mengatasi masalah  belajar  manusia  dalam  berbagai kondisi dan situasi 6  kawasan TP 2 - - 2
3. Rancangan dan Model Pembelajaran Menganalisis berbagai permasalahan pembelajaran dan menghasilkan model pembelajaran. Menciptakan model pembelajaran 1 2 - 3
4. Teori belajar dan Pembelajaran Menganalisis berbagai teori belajar dan  pembelajaran. Teori belajar behavioral sampai kognitif.

Teori pembelajaran Reigeluth, Gagne, Bloom

Teori Belajar Pembelajaran dari tokoh  pendidikan nasional

2 1 - 3
5. Teknologi Kinerja Menganalisis dan menghasilkan model-model intrevensi peningkatan SDM. Model Intervensi peningkatan SDM 1 1 - 2
6. Evaluasi Program dan Hasil Belajar Menganalisis model-model evaluasi program dan merancang evaluasi hasil belajar. Model evaluasi program dan sintak evaluasi hasil belajar. 1 1 - 2
7. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Merancang pembelajaran berbasis multimedia Model pembelajaran berbasis multimedia 1 1 1 3
8. Pengelolaan Sumber Belajar Menganalisis, mengelola sumber belajar Model-model pengelolaan sumber belajar 1 1 - 2
9. Penerapan TP Menghasilkan sumber belajar/ media AVA Proses mendesain sumber belajar

/ media  AVA

- 1 2 3
10 Desain dan Pengelolaan Diklat Mendesain dan mengelola Diklat Proses mendesain dan mengelola Diklat 1 1 - 2
11. Mata Kuliah Pilihan
Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar Menganalisis pentingnya kepemimpinan dalam organisasi belajar Kepemimpinan dan Organisasi belajar 1 1 -

2

Difusi Inovasi Pendidikan Menganalisis makna difusi inovasi pendidikan Konsep, filosofi difusi inovasi pendidikan 1 1 -
Pembelajaran Jarak Jauh Menganalisis pembelajaran jarak jauh Konsep, filosofi, Pembelajaran jarak jauh 1 1 -

No

Mata Kuliah/ Program

KOMAK/

Bobot SKS

Semester

Ket

 

1

2

3

4

Matrikulasi

 

 

 

 

 

 

 

Dasar-Dasar TP

 

 

 

 

 

 

Pre-requisit

Kajian Jurnal  Nasional

 

 

 

 

 

 

Kajian jurnal Internasional

 

 

 

 

 

 

A

Mata Kuliah Umum

 

 

 

 

 

 

1.

Filsafat Ilmu

UNI 814101/ 2

x

 

 

 

Mata Kuliah Universitas

2.

Metodologi Penelitian Lanjut

UNI 814102/ 2

x

 

 

 

 

B

Mata Kuliah Dasar Fakultas

 

 

 

 

 

 

1.

Wawasan Pendidikan

KIP 814101/ 2

x

 

 

 

Mata Kuliah Fakultas

2.

Kurikulum dan Pembelajaran

KIP 814101/ 2

x

 

 

 

C

Mata Kuliah Keahlian Program Studi

 

 

 

 

 

Mata Kuliah

Prodi

1.

Kawasan Teknologi Pendidikan

MTP 814101/ 2

x

 

 

 

2.

Rancangan dan Model Pembelajaran

MTP 814201/ 3

 

x

 

 

3.

Teori belajar dan Pembelajaran

MTP 814102/ 3

x

 

 

 

4.

Teknologi Kinerja

MTP 814202/ 2

 

x

 

 

5.

Evaluasi Program dan Hasil Belajar

MTP 814203/ 2

 

x

 

 

6.

Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia

MTP 814204/ 3

 

x

 

 

7.

Pengelolaan Sumber Belajar

MTP 814205/ 2

 

x

 

 

8.

Penerapan TP

MTP 814301/ 3

 

 

x

 

9.

Desain dan Pengelolaan Diklat

MTP 814302/ 2

 

 

x

 

10.

Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar

MTP 814303/ 2

 

 

x

 

MK Pilihan

11.

Difusi Inovasi Pendidikan

MTP 814304/ 2

 

 

12.

Pembelajaran Jarak Jauh

MTP 814305/ 2

 

 

Jumlah/ Semester

13

12

7

 

32 SKS

D

Program Pengembangan

 

 

 

 

 

 

1.

Proposal Thesis

5

x/2

x/3

 

 

Pembimbingan

2

Seminar

5

x/2

x/3

 

 

Seminar  1 bimbingan

Seminar 2 reviev Jurnal

3

Penelitian dan Penulisan Thesis

20

 

x/6

x/6

x/8

Pembimbingan

4

Karya Ilmiah

10

x/3

x/3

x/4

 

Publikasi sempalan thesis atau bukan sempalan

 

JUMLAH

40

7

15

10

8

40 SKS

TOTAL

40

20

27

17

8

72

No

Mata Kuliah/ Program

KOMAK/

Bobot SKS

Semester

Ket

 

1

2

3

4

Matrikulasi

 

 

 

 

 

 

 

Dasar-Dasar TP

 

 

 

 

 

 

Pre-requisit

Kajian Jurnal  Nasional

 

 

 

 

 

 

Kajian jurnal Internasional

 

 

 

 

 

 

A

Mata Kuliah Umum

 

 

 

 

 

 

1.

Filsafat Ilmu

UNI 814101/ 2

x

 

 

 

Mata Kuliah Universitas

2.

Metodologi Penelitian Lanjut

UNI 814102/ 2

x

 

 

 

 

B

Mata Kuliah Dasar Fakultas

 

 

 

 

 

 

1.

Wawasan Pendidikan

KIP 814101/ 2

x

 

 

 

Mata Kuliah Fakultas

2.

Kurikulum dan Pembelajaran

KIP 814101/ 2

x

 

 

 

C

Mata Kuliah Keahlian Program Studi

 

 

 

 

 

Mata Kuliah

Prodi

1.

Kawasan Teknologi Pendidikan

MTP 814101/ 2

x

 

 

 

2.

Rancangan dan Model Pembelajaran

MTP 814201/ 3

 

x

 

 

3.

Teori belajar dan Pembelajaran

MTP 814102/ 3

x

 

 

 

4.

Teknologi Kinerja

MTP 814202/ 2

 

x

 

 

5.

Evaluasi Program dan Hasil Belajar

MTP 814203/ 2

 

x

 

 

6.

Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia

MTP 814204/ 3

 

x

 

 

7.

Pengelolaan Sumber Belajar

MTP 814205/ 2

 

x

 

 

8.

Penerapan TP

MTP 814301/ 3

 

 

x

 

9.

Desain dan Pengelolaan Diklat

MTP 814302/ 2

 

 

x

 

10.

Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar

MTP 814303/ 2

 

 

x

 

MK Pilihan

11.

Difusi Inovasi Pendidikan

MTP 814304/ 2

 

 

12.

Pembelajaran Jarak Jauh

MTP 814305/ 2

 

 

Jumlah/ Semester

13

12

7

 

32 SKS

D

Program Pengembangan

 

 

 

 

 

 

1.

Proposal Thesis

5

x/2

x/3

 

 

Pembimbingan

2

Seminar

5

x/2

x/3

 

 

Seminar  1 bimbingan

Seminar 2 reviev Jurnal

3

Penelitian dan Penulisan Thesis

20

 

x/6

x/6

x/8

Pembimbingan

4

Karya Ilmiah

10

x/3

x/3

x/4

 

Publikasi sempalan thesis atau bukan sempalan

 

JUMLAH

40

7

15

10

8

40 SKS

TOTAL

40

20

27

17

8

72

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<