MAGISTER PENDIDIKAN IPS

direktur

A. IDENTITAS PROGRAM STUDI

1. PerguruanTinggi : Universitas Lampung
2. Pelaksana Proses Pembelajaran
    a. Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    b. Jurusan : PIPS
    c. Program Studi : Pascasarjana (S2)-Pendidikan IPS
3. Diakreditasioleh BAN-PT :
    a. Nomor : 177/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014 tanggal 19 Juni  2014  dengan No Sertifikat 001986, berlaku s/d 19 Juni 2019
    b. Tanggal : 19 Juni 2014
    c.   PeringkatAkreditasi : B
4. Gelar Lulusan Program Studi : Magister Pendidikan (M.Pd.)

B.  Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi

1. Visi Menjadi penyedia SDM yangIntelek, Profesional dan Spirit (IPS) pada tahun 2025.

2. Misi

a. Meningkatkan kompetensi akademik SDM yang berkualifikasi tinggi dalam bidang keahlian IPS yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan global.

b. Meningkatkan mutu dan jumlah penelitian dalam bidang pendidikan IPS untuk memperkuat epistemologi dan lulusan

c. Meningkatkan  ketrampilan sosial  melalui pengabdian  masyarakat secara bijak dan komitmen tinggi.

d. Mengembangkan kerja sama internal dan eksternal untuk mengambil keputusan komprehensif dan memperkuat produk-produk pembelajaran, penelitian dan pengabdian bidang pendidikan IPS.

3. Tujuan

1)      Membentuk lembaga pendidikan profesi yang mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan profesional dalam bidang  pendidikan IPS.

2)      Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang ahli dalam bidang pendidikan IPS

3)      Menghasilkan berbagai produk penelitian dalam rangka peningkatan mutu dan pengembangan ketrampilan pendidik dan tenaga kependidikan bidang  pendidikan IPS.

4)      Membantu layanan masyarakat dan konsultasi bidang  pendidikan IPS.

5)      Menghasilkan produk kajian sosial dan produk pembelajaran kreatif inovatif untuk menunjang keberhasilan program pendidikanIPS.

C. Profil Lulusan Program Studi

1. Profil Utama: Pendidik IPS

Deskripsi Profil: sebagai guru matapelajaran IPS  SMP/MTs, yang memiliki kompetensi sebagai guru IPS  yang   siap dididik-latih untuk menjadi guru IPS  yang profesional.

i.     Mampu mengembangkan  IPS sebagai ilmu pengetahuan dan sebagai program pendidikan

ii.    Mampu mengkritisi,merefleksi  dan mengevaluasi  berbagai permasalahan sosial

iii.    Mampu  mentransformasikan pendidikan IPS   dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari .

iv.     Memiliki kemampuan P-IPS dalam berfikir kritis, kreatif dan reflektif terhadap permasalahan sosial

v.     Pengambil keputusan yang berkarakter P-IPS

2.    Profil Tambahan

2.1  Peneliti PIPS

Deskripsi Profil:  sebagai peneliti bidang Pendidikan IPS i. Menguasai fenomena permasalahan sosial dan peran Pendidikan IPS ii. Menguasai metodologi penelitian pendidikan IPS iii. Memberikan solusi berdasarkan kajian pendidikan IPS  

2.2 Pengelola Lembaga Pendidikan

Deskripsi Profil: sebagai kepala atau anggota tim pengelola lembaga pendidikan, formal maupun non-formal.

2.3  Konsultan PIPS

Deskripsi Profil sebagai  konsultas pendidikan IPS i. Memiliki sensitivitas terhadap issue-issue sosial yang dapat dipecahkan melalui pendidikan IPS ii. Memiliki keterampilan sosial untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat iii. Memiliki komitmen dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian iv. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam mengambil keputusan komprehensif v. Memiliki tanggung jawab terhadap keputusan secara arif dan berkeadilan.

2.4  Wirausahawan

sebagai wirausahawan pada bidang pendidikan IPS maupun bidang lain.

Selengkapnya

 

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<