MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

direktur

MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
BERDIRI TAHUN 2011
NO. SK : 211/E/O/2011
AKREDITASI B

ketua-dan-sekretaris-mpbsi

A.       Pendahuluan

Minimnya ketersediaan tenaga terdidik yang profesional di bidang kependidikan makin dirasakan oleh masyarakat Lampung. Hal ini menyebabkan terhambatnya pembangunan dan pengembangan bidang pendidikan, pengajaran, serta penelitian di jenjang pendidikan dasar, menengah maupun di perguruan tinggi. Seiring dengan pesatnya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan tekonologi dan seni (Ipteks), kebutuhan tenaga terdidik berbasis magister, khususnya pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sangat diperlukan sehubungan dengan derasnya permintaan masyarakat yang berkiprah di bidang kependidikan. Realita menunjukkan bahwa kurang tersedianya sumber daya manusia menjadi hambatan alih teknologi bidang pendidikan, pengajaran, dan penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia.

 Penyelenggaraan Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (MPBSI) FKIP Universitas Lampung (Unila) dimaksudkan untuk menjawab tantangan perkembangan pembangunan di bidang kependidikan. Sisi lain, penyelenggaraan program ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya insani dalam rangka menghasilkan tenaga terdidik yang profesional yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, cakap dan berwawasan keilmuan dalam menghadapi kondisi aktual di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia, baik secara teoretis maupun praktis, memiliki kompetensi yang handal, serta mampu mengimplementasikannya secara akademis dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran di tingkat lokal, nasional, maupun internasional sehingga mampu bersaing di pasar global, selaras dengan perkembangan teknologi, budaya, dan peradaban bangsa Indonesia yang berkualitas.

Penyelenggaraan Program MPBSI juga dimaksudkan agar para lulusan (1) mampu memahami berbagai konsep kebahasaan dan kesusastraan Indonesia sebagai ilmu (science) serta mampu mengaplikasikannya, baik di tingkat satuan pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi, serta lembaga terkait; (2) menguasai berbagai mazab kebahasaan (linguistik), serta mampu mengembangkannya di bidang pendidikan dan pengajaran; (3) bersikap kritis dan selektif terhadap pembaharuan pendidikan dan pengajaran, serta mampu mengaktualisasikannya, baik sebagai inisiator, pendidik, peneliti, praktisi, penikmat/pengguna, maupun pengamat di bidang kebahasaan dan kesusastraan Indonesia; (4) mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajerial pendidikan, pengajaran, dan penelitian di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia; (5) mampu melihat dengan jelas, terutama dalam penyusunan program dan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai secara komprehensif; (6) mampu mengendalikan pelaksanaan dan kontrol terhadap keefektifan pelaksanaan program maupun ketercapaian program yang direncanakan, baik secara formal maupun nonformal yang efisien dan efektif; serta (7) memiliki kompetensi dan keterampilan yang khas dalam bidang kesusastraan Indonesia, baik di latar perkuliahan maupun di masyarakat.

 B.       Sejarah Singakat

Program MPBSI merupakan salah satu program studi berbasis S-2 pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Lampung. Program ini diselenggarakan berdasarkan SK Mendiknas No. 211/E/O/2011, tertanggal 21 September 2011. Program MPBSI diselenggarakan dalam rangka mendidik dan menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan nilai-nilai kependidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia sesuai dengan perkembangan budaya dan peradaban bangsa Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, keterpaduan program yang didasarkan pada Tri Darma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) secara sinergis merupakan dasar bagi terselenggaranya seluruh kegiatan. Hal ini menjadi pijakan bahwa sumber daya insani yang  aktif dalam proses penyelenggaraan pembelajaran didukung oleh tenaga profesional sesuai dengan bidang keahlian yang berbasis doktor dan guru besar.  Hal ini merupakan komitmen awal dengan tujuan agar para lulusan memiliki kompetensi akademik, pedagogik, dan kepribadian sosial secara kompetibel, khususnya dalam penyelenggaraan penelitian, pembelajaran, dan pengabdian di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia di masyarakat.

Untuk pertama kalinya, pelaksana program dipimpin oleh Dr. Nurlaksana Eko Rusminto, M.Pd.  (Kaprodi) dan Dr. Edi Suyanto, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris) berdasarkan SK Rektor Universitas Lampung No. 774/UN26/KP/2012 untuk masa bakti 2012 s.d. 2016. Secara yuridis formal, Program MPBSI FKIP Unila terhitung sejak 23 Mei 2014 telah terakreditasi B sesuai SK Mendikbud No. 146/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014.

 C.       Visi

“Pada Tahun 2021 Program MPBSI menjadi pusat pengembangan ilmu keguruan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkarakter, terdepan, dan unggul”.

 D.       Misi

Misi Program MPBSI FKIP Unila

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran  bahasa dan sastra Indonesia yang berorientasi pada pembentukan karakter ilmiah dan apresiasi perkembangan IPTEK.
  2. Menyelenggarakan pengkajian pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penelitian kolaborasi dosen, mahasiswa, dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama yang konstruktif dengan berbagai pihak dalam lingkup lokal, regional, nasional maupun internasional.

 E.       Profil Lulusan

Pofil lulusan Program MPBSI FKIP Unila.

  1. Ilmuwan kependidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Perancang, pengembang, penilai, dan pengawas pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Peneliti bidang pembelajaran dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan menggunakan hasilnya untuk peningkatan kualitas pendidikan di jenjang SMP/MTs/sederajat dan SMA/MA/SMK/sederajat dengan pengakuan tingkat nasional dan internasional.
  4. Memiliki sikap positif terhadap nilai-nilai budaya yang tertuang dalam karya sastra melalui kegiatan apresiasi, kritik, penulisan, dan analisis atau kajian terhadap karya sastra berbentuk puisi, prosa, dan drama.

F.        Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran Program MPBSI FKIP Unila.

  1. Memahami berbagai konsep kebahasaan dan kesusastraan Indonesia, serta mampu mengaplikasikan dan menganalisisnya, baik di tingkat satuan pendidikan maupun masyarakat.
  2. Memahami dan mengimplementasikan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja: keterampilan dalam merencanakan dan mengelola pembelajaran, memilih dan menetapkan strategi, serta mampu menyelenggarakan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan penelitian berbasis keilmuan di bidang PBSI yang bekerja sama dengan lembaga/instansi terkait, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional secara berkelanjutan untuk peningkatan mutu dosen dan mutu lulusan.
  4. Berperan aktif dan menjalin kemitraan dengan stakeholders dalam memecahkan berbagai masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia serta pembelajarannya yang terjadi di masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.

 G.      Struktur Mata Kuliah

Sebaran mata kuliah per semester yang wajib ditempuh mahasiswa Program MPBSI FKIP Universitas Lampung.

Semester I

Komak

Mata Kuliah

sks

Status

UNI814101

UNI814202

KIP814101

KIP814102

IND814101

IND814102

IND814103

IND814104

 Filsafat Ilmu

Metodologi Penelitian Pendidikan

Wawasan Kependidikan

Kurikulum dan Pembelajaran

Psikolinguistik

Tata Bahasa Indonesia

Kajian Puisi

Seminar I

2 (2-0)

2 (1-1)

2 (2-0)

2 (1-1)

2 (1-1)

3 (1-2)

2 (1-1)

  3 (1-2)*)

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Jumlah

18 (10-8)

-

Semester II

Komak

Mata Kuliah

sks

Status

IND814105

IND814106

IND814107

IND814108 IND814109

IND814110 IND814111

 Sosiolinguistik

Semantik

Analisis Wacana Bahasa Indonesia

Kajian Prosa Fiksi dan Drama

Evaluasi Pembel. Bahasa dan Sastra Indonesia

Seminar II

Proposal Tesis

3 (1-2)

2 (1-1)

2 (0-2)

3 (1-2)

3 (1-2)

  2 (0-2)*)

  5 (0-5)*)

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Jumlah

20 (4-16)

-

 Semester III

Komak

Mata Kuliah

sks

Status

IND814201 IND814202 IND814203

IND814204

PBM Bahasa dan Sastra Indonesia

Problematika Pembelajaran Bahasa & Sastra Ind.

Karya Ilmiah

Penelitian dan Penulisan Tesis

2 (0-2)

2 (0-2)

10 (0-10)**) 20 (0-20)**)

Wajib

Wajib Wajib Wajib

Jumlah

34 (0-34)

-

Jumlah Total Semester I, II, dan III

72 (14-58)

-

Keterangan:

*) Praktik terbimbing

**) Tugas mandiri/pembimbingan

 DESKRIPSI MATA KULIAH

UNI814101  Filsafat Ilmu, 2 sks (2-0)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal bagi mahasiswa, terutama konsep dasar berpikir ilmiah. Fokus kajian dalam mata kuliah ini, antara lain mencakup: aliran-aliran filsafat (klasik dan modern), paradigma berpikir ilmiah, dan pandangan para filsuf tentang pendidikan, serta perkembangan akal pikiran manusia hubungannya dengan peradaban manusia sebagai makhluk yang berakal (berpikir).

 UNI814102  Metodologi Penelitian Pendidikan, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran, termasuk di dalamnya bidang bahasa dan sastra Indonesia sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas antara lain meliputi: paradigma dan jenis-jenis penelitian (kuantitatif dan kualitatif), latar belakang penelitian, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, dan penyusunan instrumen penelitian. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa dapat menyusun proposal (usulan) penelitian dalam rangka penyelesaian tugas akhir (tesis).

 KIP814101  Wawasan Kependidikan, 2 sks (2-0)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan arah bagi mahasiswa dalam membangun pemahaman teori tentang wawasan kependidikan melalui kegiatan ekspositori dan diskusi. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengembangkan wawasan kependidikan, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan ide-ide baru pengembangan pendidikan di tanah air, dan membangun struktur pengetahuan kependidikan secara komprehensif melalui kajian analitik tentang isu dan perkembangan dunia pendidikan. Di sisi lain, mahasiswa juga dapat mengelola, melaksanakan proses dan dapat dipercaya serta dapat diberi tanggung jawab mengimplementasikan isu-isu terkini dunia pendidikan secara berkelanjutan dan akuntabel dalam tugas profesionalnya.

 KIP814102  Kurikulum dan Pembelajaran2, (1-1)

Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan konsep dasar kurikulum, sejarah dan perkembangan/perubahan kurikulum di persekolahan Indonesia, termasuk perkembangan kurikulum di perguruan tinggi. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki wawasan dan apresiasi yang mendalam, khususnya tentang penyelenggaraan pendidikan, yang erat hubungannya dengan proses pembelajaran sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

 IND814101  Psikolinguistik, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini mengkaji hubungan antara bahasa dan perilaku dan akal budi manusia, yang merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi pengertian dan aliran-aliran psikolinguistik, pandangan psikolinguistik tentang bahasa, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak-anak, dan metode-metode penelitian psikolinguistik.

 IND814102  Tata Bahasa Indonesia, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal kepada mahasiswa secara komprehensif, khususnya implementasinya secara tertulis berdasarkan kaidah morfologi dan tata bahasa Indonesia (struktur/sintaksis). Kajian dalam mata kuliah ini mencakup (1) proses morfologis, (2) frasa, (3) klausa, (4) kalimat, (5) pendekatan tradisional, (6) pendekatan struktural, (7) pendekatan transformasional, dan (8) pendekatan fungsional.

 IND814103  Kajian Puisi, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini disajikan agar mahasiswa menguasai berbagai konsep, teori, dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian puisi, yang ditunjukkan dengan penulisan esai dan kritik atas puisi sebagai fenomena sastra.

IND814104  Seminar I, 3 sks (1-2)

Mahasiswa mampu mereviu secara kritis 10 artikel dari minimal 5 jurnal internasional yang berbeda. Hasil reviu dapat dilaporkan dalam bentuk anotasi yang pembahasannya berpusat pada metodologi, keluasan dan kedalaman konten bahasan dengan sistematika sebagai berikut: identitas artikel jurnal, pendahuluan, masalah, landasan teori, metodologi, pembahasan, kesimpulan, serta referensi (dari artikel-artikel yang mendukung reviu). Artikel jurnal yang dipilih hendaknya mengacu kepada rencana topik tesis yang akan dibuat oleh mahasiswa. Toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20%.

 IND814105  Sosiolinguistik, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa bahwa bahasa itu tidak dapat dilepaskan dari masyarakat pemakainya. Untuk memahami hal tersebut mahasiswa diperkenalkan dengan konsep-konsep bahasa dan masyarakat bahasa; latar belakang sosial ekonomi, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan lingkungan pergaulan yang direfleksikan dalam bahasa; analisis bahasa berdasarkan pendekatan sosiolinguistik. Topik yang dibahas meliputi (1) hakikat bahasa menurut aliran struktural, transformasional, dan sosiolinguistik, (2) ruang lingkup kajian sosiolinguistik, (3) variabel-variabel sosiolinguistik, (4) acuan deskripsi variasi bahasa, (5) kedwibahasaan (bilingualisme), dan (6) kontribusi sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta penggunaan bahasa di masyarakat.

 IND814106  Semantik, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini mengkaji masalah makna dalam sistem tanda dan kaidah bahasa,  tipe dan jenis makna, perubahan makna (proses adaptasi, asimilasi, disimilasi, perluasan dan penyempitan makna, serta penyederhaaan atau penyesuaian makna).

 IND814107  Analisis Wacana Bahasa Indonesia, 2 sks (0-2)

Fokus kajian dalam matakuliah ini, yakni mempelajari bahasa dan sastra Indonesia dalam penggunaannya. Setelah mengikuti perkuliahan analisis wacana bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan jenis-jenis wacana, relasi makna, kohesi dan koherensi, konteks dan peranannya, serta hubungan antara wacana dan pragmatik. Dengan pengetahuan dan pemahaman tersebut mahasiswa dapat melakukan kegiatan analisis wacana secara komprehensif (wacana percakapan), termasuk di dalamnya wacana kesastraan.

 IND814108  Kajian Prosa Fiksi dan Drama, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan untuk membantu mahasiswa memperdalam wawasan kesastraan, mengembangkan kemampuan dalam memahami dan menghayati karya sastra, menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian prosa fiksi dan drama, yang ditunjukkan dengan penulisan prosa fiksi dan drama sebagai fenomena sastra.

 IND814109  Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)

Fokus kajian dalam mata kuliah ini, yakni membekali pengetahuan kepada mahasiswa tentang evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta keterampilan menyusun dan menggunakan berbagai bentuk dan jenis tes. Topik yang dibahas meliputi prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, pendekatan dan dasar pengembangan penggunaan tes bahasa dan sastra Indonesia dalam berbagai bentuknya, telaah terhadap ciri-ciri tes bahasa yang baik, serta interpretasi dan penetapan hasilnya.

 IND814110  Seminar II, 2 sks (0-2)

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan secara tertulis maupun verbal hasil reviu pada seminar I dalam bentuk makalah dengan sistematika sebagai berikut: judul, abstrak, pendahuluan, metodologi, pembahasan, kesimpulan, serta referensi (dari artikel-artikel yang mendukung reviu). Seminar dapat dilakukan di tingkat program studi secara terjadwal, maupun di luar program studi dalam kegiatan-kegiatan seminar atau konferensi di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20%.

 IND814111  Proposal Tesis, 5 sks (0-5)

Mahasiswa menyusun proposal tesis yang dibimbing secara intensif oleh dosen pembimbing tesis dengan menggunakan kartu kendali. Mahasiswa diwajibkan untuk menghadiri seminar proposal tesis 10 kali, minimal 2 kali di prodi lain sebagai syarat untuk mengadakan seminar proposal tesis. Acuan penulisan proposal tesis mengikuti buku panduan penulisan karya ilmiah Universitas Lampung dan toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20%.

 IND814201  PBM Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 sks (0-2)

Matakuliah ini memuat berbagai hal, seperti menjelaskan berbagai strategi dan teknik dalam pembelajaran bahasa untuk bermacam-macam keperluan. Topik yang dibahas antara lain meliputi (a) konsep dasar (filosofi) pembelajaran, (b) perancangan pembelajaran: standar kompetensi, tujuan, pemilihan/penetapan materi berdasarkan sumber belajar, pembuatan/pemanfaatan media, pemilihan model pembelajaran,  dan penyusunan kisi-kisi soal, (c) pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu dan evaluasi, serta (d) sikap positif sebagai pengajar bahasa dan sastra Indonesia, baik dalam kaitan dengan anak didik maupun dunia pendidikan pada umumnya.

 IND814202  Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 sks (0-2)

Mata kuliah bertujuan menganalisis perkembangan bahasa dan sastra Indonesia serta problematika yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan dan alternatif pemecahannya. Matakuliah ini bertujuan membekali mahasiswa agar mampu mengembangkan pemahaman dan wawasan pendidikan yang luas, baik situasi yang wajar maupun situasi yang problematik. Topik yang dibahas mencakupi segi-segi problematik teoretis dan praktis di sekolah atau perguruan tinggi, kebijakan pengembangan dan kecenderungan arah pendidikan di masa depan, serta kaitannya dengan masalah-masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara konkret yang terjadi dalam dunia pendidikan dan masyarakat

 IND814203  Karya Ilmiah, 10 sks (0-10)

Mahasiswa menyusun karya ilmiah yang dibimbing oleh dosen sampai menghasilkan artikel ilmiah yang dilandasi oleh hasil-hasil dari seminar I dan II atau bagian dari tesis mahasiswa yang dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel jurnal, dengan jumlah publikasi karya ilmiah minimal satu karya. Toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20%. Pembobotan nilai untuk karya ilmiah yang dipublikasikan adalah sebagai berikut.

No.

Kriteria Publikasi

Bobot Nilai

1

Jurnal internasional terindeks atau jurnal nasional terakreditasi

A

2

Jurnal nasional tidak terakreditasi

B+

3

Jurnal lokal tidak terakreditasi

B

IND814204  Penelitian dan Penulisan Tesis, 20 sks (0-20)

Mahasiswa diwajibkan melakukan penelitian dan penulisan tesis dibimbing oleh dosen pembimbing dengan menggunakan kartu kendali mengikuti buku panduan penulisan karya ilmiah Universitas Lampung. Penulisan tesis diutamakan merujuk pada hasil seminar I dan II, serta gagasan karya ilmiah yang telah dan akan dipublikasikan. Referensi dalam tesis diwajibkan menggunakan artikel jurnal yang dipublikasikan 5 tahun terakhir. Toleransi terhadap plagiarisme maksimal 20%.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<