MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

direktur

MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
BERDIRI TAHUN 2011
NO. SK : 211/E/O/2011
TERAKREDITASI

ketua-dan-sekretaris-mpbsi

VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI

Pada tahun 2015, Program MPBSI menjadi program studi terbaik di antara program studi sejenis di Sumatera, terakreditasi A, dan menghasilkan lulusan yang profesional dan mampu bersaing di pasar global.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran melalui model kajian dan pengembangan dalam bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang profesional berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan.
  2. Mengembangkan dan menyelenggarakan penelitian melalui model pembinaan dan kemitraan secara berkelanjutan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memecahkan berbagai masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia melalui program kemitraan  dengan pemerintah (pusat dan daerah) dalam rangka membangun sumber daya manusia yang mampu menerjemahkan kebutuhan pembangunan pendidikan masa depan.

TUJUAN

Tujuan Penyelenggaraan Program MPBSI FKIP Unila.

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif, memiliki kompetensi akademik dan pedagogik, serta memiliki kepribadian sosial yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di tingkat sekolah menengah, perguruan tinggi, maupun lembaga terkait.
  2. Menyelenggarakan kurikulum berbasis kompetensi yang inovatif sesuai dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan pasar global.
  3. Melaksanakan fungsi-fungsi manajerial pendidikan dan pengajaran, serta penelitian di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia.

Berperan aktif dalam menjalin kemitraan dengan stakeholders dalam rangka memecahkan berbagai masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang terjadi di masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan.

Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (MPBSI) adalah salah satu program studi pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Lampung, yang diselenggarakan berdasarkan SK Mendiknas No. 211/E/O/2011, tertanggal 21 September 2011. Penyelenggaraan Program MPBSI bertujuan untuk menghasilkan lulusan berbasis magister (S-2) yang memiliki kompetensi di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia sehingga mampu bersaing di pasar global, selaras dengan perkembangan teknologi, budaya, dan peradaban bangsa Indonesia yang berkualitas. Selain itu, penyelenggaraan Program MPBSI juga dimaksudkan agar para lulusan (1) mampu memahami berbagai konsep kebahasaan dan kesusastraan Indonesia sebagai ilmu (science) serta mampu mengaplikasikannya, baik di tingkat satuan pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi, serta lembaga terkait; (2) menguasai berbagai mazab kebahasaan (linguistik), serta mampu mengembangkannya di bidang pendidikan dan pengajaran; (3) bersikap kritis dan selektif terhadap pembaharuan pendidikan dan pengajaran, serta mampu mengaktualisasikannya, baik sebagai inisiator, pendidik, peneliti, praktisi, penikmat/pengguna, maupun pengamat di bidang kebahasaan dan kesusastraan Indonesia; (4) mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajerial pendidikan, pengajaran, dan penelitian di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia; (5) mampu melihat dengan jelas, terutama dalam penyusunan program dan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai secara komprehensif; (6) mampu mengendalikan pelaksanaan dan kontrol terhadap keefektifan pelaksanaan program maupun ketercapaian program yang direncanakan, baik secara formal maupun nonformal yang efisien dan efektif; serta (7) memiliki kompetensi dan keterampilan yang khas dalam bidang kesusastraan Indonesia, baik di latar perkuliahan maupun di masyarakat.

SASARAN

Sasaran penyelenggaraan Program MPBSI FKIP Unila.

1)    Terwujudnya mutu proses dan hasil pembelajaran, layanan dan bimbingan terhadap mahasiswa secara kondusif dan dinamis, yang tercermin pada tata kelola yang efisien, produktif, dan efektif.

2)    Tercapainya jumlah lulusan minimal 30 orang per tahun yang memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang tercermin dalam perolehan nilai TOEFL minimal 450, dan rata-rata IPK minimal 3,40.

3)      Tercapainya  jumlah dan hasil penelitian dosen (individu dan kelompok), masing-masing minimal 2 buah  dan penelitian dosen dengan mahasiswa minimal 8 buah  per tahun, baik yang dipublikasikan pada jurnal terakriditasi maupun yang belum terakriditasi.

4)      Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa, minimal 3 kegiatan per tahun dalam rangkapenyebarluasan hasil penelitian di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia.

 

LULUSAN

Lulusan Program MPBSI adalah sarjana berbasis magister (S-2) yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

1)      Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Mahaesa, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, dan memiliki integritas yang tinggi.

2)      Memiliki kemampuan dalam memahami berbagai konsep kebahasaan dan kesusastraan Indonesia, serta mampu mengaplikasikan dan menganalisisnya, baik di tingkat satuan pendidikan maupun masyarakat.

3)      Memiliki keterampilan dalam merencanakan dan mengelola pembelajaran, memilih dan menetapkan strategi, serta mampu menyelenggarakan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

4)      Memiliki kemampuan dalam mengembangkan kurikulum, menelaah dan memproduksi buku teks bahasa dan sastra Indonesia untuk kepentingan pendidikan dan masyarakat.

5)      Memiliki kemampuanmeneliti berdasarkan teori mutakhir secara komprehensif, serta mampu menafsirkan hasil-hasil penelitian dalam usaha pembinaan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tujuan miningkatkan wawasan dan taraf kehidupan bermasyarakat..

6)   Memiliki sikap positif terhadap nilai-nilai budaya yang tertuang dalam karya sastra melalui kegiatan apresiasi, kritik, penulisan, dan analisis atau kajian terhadap karya sastra berbentuk puisi, prosa, dan drama.

Untuk mencapai kompetensi di atas, setiap lulusan Program MPBSI diwajibkan menyelesaikan beban perkuliahan sebanyak 46 sks (sudah termasuk tesis).

KURIKULUM

Sebaran mata kuliah dalam kurikulum Program MPBSI, FKIP Universitas Lampung Tahun 2012.

Semester I

Komak

Mata Kuliah

sks

Status

BHS812001

BHS812002 BHS812003

UNI812101

KIP812101

KIP812102

BHS812101

BHS812102

BHS812103

BHS812104

Dasar- Dasar Pendidikan

Bahasa Inggris

Dasar- Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia

Filsafat Ilmu

Wawasan Pendidikan

Statistika dalam Penelitian Pendidikan

Psikolinguistik

Struktur Bahasa Indonesia

Sosiolinguistik

Telaah Sastra I

0**)

0**)

0**)

2 (2-0)

2 (2-0)

  2 (1-1)*)

2 (1-1)

3 (1-2)

3 (1-2)

2 (1-1)

Wajib

Wajib Wajib

Wajib

Wajib

Pilihan

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Jumlah

16 (9-7)

-

Semester II

Komak

Mata Kuliah

sks

Status

KIP812103

BHS812105

BHS812106

BHS812107

BHS812108

BHS812109

Kajian Teori Pendidikan dan Pembelajaran

Metodologi Penelitian Pendidikan

Semantik

Analisis Wacana Bahasa Indonesia

Telaah Sastra II

Evaluasi Pembel. Bahasa dan Sastra Indonesia

 

2 (0-2)

3 (1-2)

2 (1-1)

2 (0-2)

3 (1-2)

3 (1-2)

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Wajib

Jumlah

15 (4-11)

-

Semester III

Komak

Mata Kuliah

sks

Status

BHS812201

BHS812202

BHS812203

PBM Bahasa dan Sastra Indonesia

Problematika Pembel. Bhs dan Sastra Indonesia

Seminar Bahasa (Sastra) Ind. dan Pembelajarannya

3 (1-2)

  3 (1-2)*)

3 (0-3)

Wajib

Pilihan

Wajib

Jumlah

9 (2-7)

-

Semester IV

Komak

Mata Kuliah

sks

Status

BHS812204

 Tesis

6 (0-6)

Wajib

Jumlah

6 (0-6)

-

Keterangan:

*) Mata Kuliah Pilihan

**) Matrikulasi

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

BHS812001  Dasar- Dasar Pendidikan, 0 sks (0-0

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan membekali mahasiswa agar memiliki wawasan tentang konsep dasar pendidikan, baik secara filosofis, historis, sosiologis, maupun psikologis yang selaras dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, Pancasila, dan UUD 1945.

BHS812002  Bahasa Inggris, 0 sks (0-0

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan tambahan sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikannya secara komunikatif dan produktif untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

BHS812003  Dasar- Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia, 0 sks (0-0

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan membekali mahasiswa agar memiliki wawasan tentang bahasa sebagai ilmu (science), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill). Topik kajiannya meliputi batasan bahasa, organ bicara, ragam bahasa, fungsi bahasa (lisan—tulis), fungsi bahasa dalam teks sastra, logika, hermeneutik, dan wacana.

UNI812101  Filsafat Ilmu, 2 sks (2-0)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal bagi mahasiswa, terutama konsep dasar berpikir ilmiah. Fokus kajian dalam mata kuliah ini, antara lain mencakup: aliran-aliran filsafat (klasik dan modern), paradigma berpikir ilmiah, dan pandangan para filsuf tentang pendidikan, serta perkembangan akal pikiran manusia hubungannya dengan peradaban manusia sebagai makhluk yang berakal (berpikir).

KIP812101  Wawasan Pendidikan, 2 sks (2-0)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan arah bagi mahasiswa secara komprehensif, terutama masalah kebijakan, proses pendidikan dan pembelajaran (formal, nonformal) yang ada di masyarakat. Hal lain yang terkait, yakni mengkaji berbagai fenomena serta implementasi pendidikan dan pembelajaran, termasuk di dalamnya sikap masyarakat terhadap pendidikan. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki wawasan dan apresiasi yang mendalam, khususnya tentang penyelenggaraan pendidikan, yang erat hubungannya dengan faktor animo dan kesadaran masyarakat, anggaran (pembiayaan), kualitas, dan arah perkembangan pendidikan di masa datang, baik secara mikro maupun makro.

KIP812102  Statistika dalam Penelitian Pendidikan, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini membahas teknik-teknik analisis statistik yang digunakan dalam kegiatan penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain: meliputi penaksiran parameter populasi, pengujian dua nilai statistik atau lebih yang meliputi antara lain nilai rata-rata proporsi dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linear, dan beberapa teknik statistik nonparametrik. Mata kuliah ini juga mencakupi pelatihan menggunakan paket-paket program statistik yang tersedia dalam  software komputer.

KIP812103  Kajian Teori Pendidikan dan Pembelajaran, 2 sks (0-2)

Mata kuliah ini memfokuskan kajian dasar secara teoretis tentang pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak berkaitan dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan-persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai aspek yang melandasi pendidikan, antara lain landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis.

BHS812101  Psikolinguistik, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini mengkaji hubungan antara bahasa dan perilaku dan akal budi manusia, yang merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi pengertian dan aliran-aliran psikolinguistik, pandangan psikolinguistik tentang bahasa, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak-anak, dan metode-metode penelitian psikolinguistik.

BHS812102  Struktur Bahasa Indonesia, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal kepada mahasiswa secara komprehensif, khususnya implementasinya secara tertulis berdasarkan kaidah morfologi dan struktur bahasa Indonesia (sintaksis). Kajian dalam mata kuliah ini mencakup (1) proses morfologis, (2) frasa, (3) klausa, (4) kalimat, (5) pendekatan tradisional, (6) pendekatan struktural, (7) pendekatan transformasional, dan (8) pendekatan fungsional.

BHS812103  Sosiolinguistik, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa bahwa bahasa itu tidak dapat dilepaskan dari masyarakat pemakainya. Untuk memahami hal tersebut mahasiswa diperkenalkan dengan konsep-konsep bahasa dan masyarakat bahasa; latar belakang sosial ekonomi, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan lingkungan pergaulan yang direfleksikan dalam bahasa; analisis bahasa berdasarkan pendekatan sosiolinguistik. Topik yang dibahas meliputi (1) hakikat bahasa menurut aliran struktural, transformasional, dan sosiolinguistik, (2) ruang lingkup kajian sosiolinguistik, (3) variabel-variabel sosiolinguistik, (4) acuan deskripsi variasi bahasa, (5) kedwibahasaan (bilingualisme), dan (6) kontribusi sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta penggunaan bahasa di masyarakat.

BHS812104  Telaah Sastra I, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini disajikan agar menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian puisi, yang ditunjukkan dengan penulisan esai dan kritik atas puisi sebagai fenomena sastra.

BHS812105  Metodologi Penelitian Pendidikan, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran, termasuk di dalamnya bidang bahasa dan sastra Indonesia sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas antara lain meliputi: paradigma dan jenis-jenis penelitian (kuantitatif dan kualitatif),latar belakang penelitian, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, dan penyusunan instrumen penelitian. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa dapat menyusun proposal (usulan) penelitian dalam rangka penyelesaian tugas akhir (tesis).

BHS812106  Semantik, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini mengkaji masalah makna dalam sistem tanda dan kaidah bahasa,  tipe dan jenis makna, perubahan makna (proses adaptasi, asimilasi, disimilasi, perluasan dan penyempitan makna, serta penyederhaaan atau penyesuaian makna).

BHS812107  Analisis Wacana Bahasa Indonesia, 2 sks (0-2)

Fokus kajian dalam matakuliah ini, yakni mempelajari bahasa dan sastra Indonesia dalam penggunaannya. Setelah mengikuti perkuliahan analisis wacana bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan jenis-jenis wacana, relasi makna, kohesi dan koherensi, konteks dan peranannya, serta hubungan antara wacana dan pragmatik. Dengan pengetahuan dan pemahaman tersebut mahasiswa dapat melakukan kegiatan analisis wacana secara komprehensif (wacana percakapan), termasuk di dalamnya wacana kesastraan.

BHS812108  Telaah Sastra II, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan untuk membantu mahasiswa memperdalam wawasan kesastraan, mengembangkan kemampuan dalam memahami dan menghayati karya sastra, menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian prosa fiksi dan drama, yang ditunjukkan dengan penulisan prosa fiksi dan drama sebagai fenomena sastra.

BHS812109  Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)

Fokus kajian dalam mata kuliah ini, yakni membekali pengetahuan kepada mahasiswa tentang evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta keterampilan menyusun dan menggunakan berbagai bentuk dan jenis tes. Topik yang dibahas meliputi prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, pendekatan dan dasar pengembangan penggunaan tes bahasa dan sastra Indonesia dalam berbagai bentuknya, telaah terhadap ciri-ciri tes bahasa yang baik, serta interpretasi dan penetapan hasilnya.

BHS812201  PBM Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)

Matakuliah ini memuat berbagai hal, seperti menjelaskan berbagai strategi dan teknik dalam pembelajaran bahasa untuk bermacam-macam keperluan. Topik yang dibahas antara lain meliputi (a) konsep dasar (filosofi) pembelajaran, (b) perancangan pembelajaran: standar kompetensi, tujuan, pemilihan/penetapan materi berdasarkan sumber belajar, pembuatan/pemanfaatan media, pemilihan model pembelajaran, dan penyusunan kisi-kisi soal, (c) pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu dan evaluasi, serta (d) sikap positif sebagai pengajar bahasa dan sastra Indonesia, baik dalam kaitan dengan anak didik maupun dunia pendidikan pada umumnya.

BHS812202  Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)

Mata kuliah bertujuan menganalisis perkembangan bahasa dan sastra Indonesia serta problematika yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan dan alternatif pemecahannya. Matakuliah ini bertujuan membekali mahasiswa agar mampu mengembangkan pemahaman dan wawasan pendidikan yang luas, baik situasi yang wajar maupun situasi yang problematik. Topik yang dibahas mencakupi segi-segi problematik teoretis dan praktis di sekolah, kebijakan pengembangan dan kecenderungan arah pendidikan di masa depan, serta kaitan antara kebijakan pengembangan pendidikan dan masalah-masalah riil yang terjadi di masyarakat.

BHS812203  Seminar Bahasa (Sastra) Indonesia, dan Pembelajarannya, 3 sks (0-3)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk menyusun dan menyajikan buah pikiran berupa hasil telaah fenomena dan hasil penelitian bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya dalam suatu forum ilmiah. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan menyajikan suatu ide dan gagasan secara jelas, sistematik, runtut, dan logis sesuai dengan isu-isu mutakhir yang berkembang dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.

BHS812204  Tesis, 6 sks (0-6)

Tesis adalah karya nyata mahasiswa calon MagisterPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mengakhiri perkuliahan program S-2 (pascasarjana). Tesis merupakan puncak proses dan hasil belajar, yang merupakan alat edukasidalam mengembangkan kemampuan bernalar secara ilmiah dalam rangka memecahkan permasalahan komprehensif mengenai bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya. Karya nyata ini dipertahankan di depan dewan penguji yang ditetapkan oleh fakultas.

Kualifikasi Kompetensi Lulusan Program MPBSI, FKIP Universitas Lampung

No

Komak

Nama Mata Kuliah

Standar Kompetensi

Semester

Status

SKS

Inti

Institusional

1

BHS812001

Dasar-Dasar Pendidikan Memiliki wawasan tentang konsep dasar pendidikan, baik secara filosofis, historis, sosiologis, maupun psikologis yang selaras dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, Pancasila, dan UUD 1945.

I

W

0 (0-0)

2

BHS812002

Bahasa Inggris Memiliki kemampuan tambahan sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikannya secara komunikatif dan produktif untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

I

W

0 (0-0)

3

BHS812003

Dasar-Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia Memiliki wawasan tentang bahasa sebagai ilmu (science), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill). Topik kajiannya meliputi batasan bahasa, organ bicara, ragam bahasa, fungsi bahasa (lisan—tulis), fungsi bahasa dalam teks sastra, logika, hermeneutik, dan wacana.

I

W

0 (0-0)

4

UNI812101

Filsafat Ilmu Memiliki landasan filosofis dan wawasan keilmuan yang objektif (ilmiah) dan bertanggung jawab sesuai dengan sendi-sendi kepribadian bangsa Indonesia, memiliki integritas yang tinggi sesuai dengan paradigma keilmuan dalam pendidikan.

I

W

2 (2-0)

5

KIP812101

WawasanPendidikan Memiliki wawasan dan komitmen yang terarah tentang konsep pendidikan dan pembelajaran yang inovatif, serta implementasi dan perkembangannya di masyarakat secara komprehensif dalam rangka ikut membangun bangsa yang terdidik.

I

W

2 (2-0)

6

KIP812102

Statistika dalam PenelitianPendidikan Menguasai konsep dasar statistika dan mampu menerapkan rumus-rumus statistik (normatif maupun adaptif) dalam kegiatan penelitian pendidikan, baik secara manual maupun berbasis teknologi.

I

P

2 (1-1)

7

BHS812101

Psikolinguistik Memiliki pengetahuan yang luas tentang bahasa hubungannya dengan perilaku dan akal budi manusia (psikologi).

I

W

2 (1-1)

8

BHS812102

Struktur Bahasa Indonesia Mengkaji dan mampu menguasai berbagai teori morfologi dan struktur bahasa Indonesia (sintaksis) secara komprehensif, serta mampu menerapkannya dalam bentuk tulis sesuai kaidah struktur bahasa Indonesia, yang mencakup (1) proses morfologis, (2) frasa, (3) klausa, (4) kalimat, serta (5) beberapa pendekatan: tradisional, struktural, transformasional, dan fungsional.

I

W

3 (1-2)

9

BHS812103

Sosiolinguitik Memahami hakikat bahasa, menguasai konsep-konsep bahasa dan problematika penggunaannya di masyarakat, serta mampu mendeskripsikan variasi bahasa sehingga berkontribusi dalam pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.

I

W

3 (1-2)

10

BHS812104

Telaah Sastra I Menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian puisi, yang ditunjukkan dengan penulisan esai dan kritik atas puisi sebagai fenomena sastra.

I

W

2 (1-1)

11

KIP812103

Kajian Teori Pendidikan dan Pembelajaran Menguasai berbagai teori pendidikan: metodologi, strategi, dan berbagai model pembelajaran kaitannya dengan perkembangan bidang sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

II

W

2 (0-2)

12

BHS812105

Metodologi PenelitianPendidikan Menguasai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta aplikasinya dalam pendidikan dan pengajaran.

II

W

3 (1-2)

13

BHS812106

Semantik Menguasai berbagai bentuk/jenis, proses dan aplikasi sistem tanda dan kaidah bahasa,  kaitannya dengan penggunaan simbol (bahasa) dalam perilaku kehidupan di masyarakat (formal, nonformal).

II

W

2 (1-1)

14

BHS812107

Analisis Wacana BahasaIndonesia Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar wacana, jenis-jenis wacana, relasi makna, kohesi dan koherensi, konteks dan peranannya,  hubungan antara wacana dan pragmatik, serta dapat melakukan kegiatan analisis wacana (wacana percakapan), termasuk di dalamnya wacana kesastraan.

II

W

2 (0-2)

15

BHS812108

Telaah Sastra II Menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian prosa fiksi dan drama, yang ditunjukkan dengan penulisan atas prosa fiksi dan drama sebagai fenomena sastra.

II

W

3 (1-2)

16

BHS812109

Evaluasi Pembelajaran Bahasa  dan Sastra Indonesia Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun dan menggunakan berbagai bentuk atau jenis tes bahasa dan sastra Indonesia, baik teori maupun praktik sesuai dengan sifat dan karakteristiknya, serta mampu menginterpretasikan hasilnya secara objektif.

II

W

3 (1-2)

17

BHS812201

PBM Bahasa dan SastraIndonesia Menguasai strategi (pendekatan, metode, dan teknik), serta memiliki keterampilan menggunakan berbagai model pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia

III

W

3 (1-2)

18

BHS812202

Problematika PembelajaranBahasa dan Sastra Indonesia Mampu menganalisis perkembangan bahasa serta problematika yang dihadapi dalam dunia pendidikan dan alternatif pemecahannya, baik secara teoretis maupun praktis.

III

P

3 (1-2)

19

BHS812203

Seminar Bahasa dan SastraIndonesia, serta Pembelajarannya Mampu merumuskan dan menyusun telaahan berbagai fenomena atau hasil penelitian bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya, serta memiliki kemampuan menyajikannya secara jelas (logis dan sistematik) di forum ilmiah.

III

W

3 (0-3)

20

BHS812204

Tesis Mampu menyelesaikan tugas akhir berdasarkan pengkajian mendalam yang didasarkan pada teori terkini/mutakhir, khususnya tentang bahasa atau sastra Indonesia dan pengajarannya dalam waktu maksimal enam bulan, yang diwujudkan dalam bentuk karya ilmiah (tesis), dan mampu mempertanggungjawabkannya di hadapan dewan penguji.

IV

W

6 (0-6)

Jumlah

35 (9-26)

11 (6-5)

Jumlah Total

46 (15-31)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 20 Program Studi Magister Terakreditasi<<