MAGISTER MATEMATIKA

direktur

MAGISTER MATEMATIKA

 SK MENDIKBUD RI NO. 325/E/O/2012 ( 24 SEPTEMBER 2012)

Kaprodi Magister Matematika

prodi

Dr. Asmiati, S.Si., M.Si.

TERAKREDITASI B.

No. SK 2925/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2016

Calon Mahasiswa Magister Matematika FMIPA Unila dapat menerima beasiswa LPDP dengan mengikuti seleksi beasiswa LPDP. Informasi lengkap kunjungi http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

VISI, MISI, DAN TUJUAN  PROGRAM STUDI MAGISTER MATEMATIKA Visi

Selaras dengan Visi 2025 Unila, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Jurusan Matematika, visi Program Studi S2 Matematika pada tahun 2025 adalah:  Menjadi pusat unggulan dalam pengkajian, pengembangan, dan penerapan matematika”.Visi tersebut berperan sebagai aspirasi, penuntun (road map), sumber inspirasi dan motivasi, karakter, pilihan strategi, energi, dan identitas bagi sivitas akademika, tenaga kependidikan atau karyawan, serta stake holder agar PS S2 Matematika, Unila dapat tumbuh, berkembang, dan bermutu secara nasional dan internasional.  Visi tersebut menuntun PS S2 Matematika menjadi pusat unggulan bidang matematika, dan mendukung Visi 2025 Unila Menjadi 10 Universitas Terbaik di Indonesia.

Misi Untuk mewujudkan Visi tersebut di atas, PS S2 Matematika merumuskan dan membawa misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas.
  2. Mengembangkan dan membina kehidupan akademik yang bermoral, sehat, kondusif, produktif, dan dinamis
  3. Mengembangkan dan memajukan matematika, sertamendayagunakan hasil temuan ilmu pengetahuan matematika untuk kemaslahatan umat manusia.
  4. Mengembangkan jalinan kerjasama yang sinergis dengan pihak luar.

 Tujuan Sebagai tujuan yang ingin dicapai PS S2 Matematika adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan program pasca sarjana yang berkualitas, sehingga menghasilkan lulusan dengan kualitas tinggi dan kompeten dalam bidang matematika.
  2. Menghasilkan penelitian dasar dan terapan yang dapat diabdikan kepada masyarakat;
  3. Mengembangkan dan membina kehidupan masyarakat ilmiah yang sehat dan dinamis, jujur, bertanggungjawab, kreatif, inovatif, produktif, dan tanggap terhadap perubahan di tingkat nasional, regional dan global.

Menjalin kerjasama kelembagaan dengan pemerintah, dunia kerja , dan lembaga pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Pendahuluan

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan Seni (IPTEKS) yang sangat fenomenal pada dua dasawarsa belakangan ini telah berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan modern. Perkembangan IPTEKS telah memicu dan mendorong pembangunan dan perubahan suatu bangsa. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan suatu bangsa tergantung pada perkembangan IPTEKS yang dilakukan oleh bangsa tersebut. Perkembangan IPTEKS yang demikian pesat ternyata tidak terlepas dari dukungan ilmu-ilmu dasar seperti Matematika.Dalam pengembangan IPTEKS, matematika memiliki peran dan posisi yang sangat unik. Selain harus mampu mengembangkan matematikanya itu sendiri sehingga dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan, matematika juga merupakan sarana berpikir bagi bidang ilmu lain. Landasan dukungan tersebut disebabkan oleh kekuatan matematika pada struktur dan penalarannya. Perkembangan dan penerapan matematika kerap kali menjadi perintis atau pemicu inovasi baru bagi perkembangan berbagai bidang ilmu lain.  Ternyata dalam pengembangan IPTEKS tingkat tinggi pun terkandung kadar matematika pada tingkatan yang tinggi dan mendalam pula. Semakin dewasa suatu bidang ilmu umumnya semakin bersifat matematis. Sementara itu, tuntutan pemecahan permasalahan di berbagai bidang IPTEKS telah memicu dan memacu perkembangan matematika.

Oleh karenanya, untuk menguasai ilmu dan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat.  Bahkan, negara adidaya seperti Amerika Serikat yang bidang kuantitatifnya sudah sedemikian maju saja masih merasa khawatir dengan kemajuan bidang kuantitatif di India dan China.  Terlebih dengan semakin menurunnya animo warga Amerika untuk belajar matematika, dan menyadari bila kondisi tersebut tidak segera diantisipasi suatu ketika Amerika harus pergi ke India dan China untuk belajar matematika dan sains. Selama ini posisi Indonesia pada bidang matematika masih sebatas sebagai “konsumen” produk-produk matematika luar negeri.  Indonesia baru sebatas menggunakan formula matematika yang sudah ada yang datang dari luar negeri.  Pengembangan formula, teori ataupun metode dari matematika masih merupakan produk langka yang dihasilkan ilmuwan Indonesia. Kalaupun dikatakan matematika terapan, umumnya hanyalah plug in the formula dari matematika atau menggunakan software kemasan yang sudah ada.  Menurut Hendra Gunawan, Guru Besar Matematika ITB, hinggaSeptember 2007 tercatat hanya 182 paper karya matematikawan Indonesia yang dipublikasikan di berbagaijurnal yang dipantauoleh Mathematical Reviews.  Sebagai pembanding, Singapuratelahmembukukansebanyak 5.084 paper di Mathematical Reviews.LebihlanjutWidodo, PresidenHimpunanMatematika Indonesia (IndoMS), mengungkapkan bahwa berdasarkan data publikasi internasional Mathscinet pada Juli 2008, Indonesia baru menghasilkan 333 publikasi yang disusun oleh 83 matematikawan Indonesia atau hanya 7,6 % dari jumlah anggota IndoMS.  Persentase tersebut lebih rendah bila dibandingkan dengan Singapura, Malaysia atau Filipina yang mampumenghasilkan lebih 10 % dari jumlah matematikawan yang dimilikinya.

Kondisi yang memprihatinkan juga ditemukan pada pendidikan matematika tingkat menengah. Mutu pendidikan matematika untuk siswa kelas 2 SMP prestasi kita 411, Malaysia 508 dan Singapore 605.  Jika dikelompokkan nilai 400-474 rendah, 475-549 menengah, 550-624 tinggi, dan 625 ke atas adalah tingkat lanjut.  Hasil kajian di atas adalah hasil dari analisis Trend in International Mathematics and Sciences yang dilakukan oleh Frederick KS Leung dari University of Hongkong (2007). Padahal jam pelajaran matematika di Indonesia rata-rata 169 jam, Malaysia 120 jam dan Singapura 112 jam per tahunnya. Hasil ini menunjukkan di Indonesia lebih banyak waktu dihabiskan siswa di sekolah tetapi tingkat prestasinya rendah.  Lebih lanjut, Mustofa Usman dan kawan-kawan dari Universitas Lampung (2011) pada tahun 2011 ini melakukan uji-coba tentang pemahaman konsep dasar himpunan dalam matematika terhadap 97 guru matematika di Lampung.  Ternyata sekitar 80% dari jumlah peserta menjawab dengan tidak benar atau salah.  Kenyataan ini menunjukkan bahwa kemampuan guru-guru matematika dalam pemahaman konsep matematik masih harus ditingkatkan.  Akar dari masalah tersebut disebabkan pendidikan guru kurang menekankan perlunya pemahaman konsep matematika dengan benar.  Hal ini tercermin dalam proses belajar-mengajar terkadang ada konsep yang keliru diberikan pada anak didik.  Implikasi dari kurangnya pemahaman guru tentang konsep matematika menyebabkan proses belajar-mengajar matematika hanya diarahkan pada banyaknya latihan soal-soal saja dan para guru kurang sekali memberikan konsep-konsep yang seharusnya diterima oleh siswa.

Dengan kondisi pendidikan matematika kita yang demikian tidak mengherankan jika hasil dari Program for International Students Assessment 2009 (PISA 2009), dalam pendidikan matematika Indonesia menduduki peringkat ke-5 dari bawah atau peringkat ke-61 dari 65 negara.  Kondisi matematika yang kurang baik ini berpotensiakan menghambat tidak hanya dalam pengembangan matematikanya itu sendiri tetapi juga akan menghambat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan dasar hingga menengah adalah dengan meluncurkan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), yang antara lain mensyarakatkan paragurunya mempunyai jenjang akademik setara S2. Khusus untuk bidang matematika, para guru yang umumnya berkualifikasi Sarjana Kependidikan seyogyanya pendidikan S2 nya adalah pada bidang sains matematika, bukan pada bidang kependidikan lagi agar penguasaan konsep para guru akan matematika dapat lebih baik lagi.  Dengan cara ini, kualitas pendidikan bidang matematika diharapkan dapat lebih baik lagi. Itulah sebabnya peningkatan kapasitas para guru dalam hal pemahaman konsep dan penerapan matematika melalui program pascasarjana merupakan langkah strategis untuk segera dilakukan.

Oleh karenaitu,  dalam bidang matematika Indonesia harus segera mengubah posisi menjadi “produsen”, yang mampu dan handal menghasilkan produk-produk matematika yang berdaya saing, bermanfaat bagi pengembangan IPTEK dan masyarakat.  Bila kita lamban dalam mengantisipasi ini, maka desakan globalisasi hanya akan menjadikan negara kita sebagai ajang pemasaran produk asing.   Untuk mewujudkan maksud tersebut antara lain dapat dilakukan Unila dengan cara mengembangkan program studi baru yang bersifat strategis. Salah satu program studi yang strategis tersebut adalah Program Studi Magister (S2) Matematika. Oleh karena itu pembentukan Program Studi S2 Matematika tidak hanya dipandang sebagai upaya untuk mengaktualkan relevansi Universitas Lampung, tetapi juga utamanya sebagai upaya mewujudkan skenario besar meningkatkan daya saing bangsa, seperti yang diamanatkan dalam Renstra Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sasaran Program Studi S2 Matematika Sasaran pencapaian Program Studi S2 Matematika adalah menghasilkan ilmuan matematika yang memilikin keahlian dalam bidang matematika atau statistika, mampu mengaplikasikan ilmua dan mampu membantu perkembangan bidang ilmu lain dengan aplikasi matematika dan Statistika dalam bidang ilmu lainnya. Adapun strategi untuk pencapaian sasaran tersebut adalah dengan:

  1. Meningkatkan penelitian bidang matematika dan statistika dan publikasi ilmiah.
  2. Meningkatkan kegiatan akademik ilmiah dilingkungan dosen-dosen dan mahasiswa.
  3. Meningkatkan proses belajar mengajar.
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan.
  5. Meningkatkan kualitas dosen dan staf secara berkelanjutan.

Profil Lulusan Program Studi S2 Matematika yang Diusulkan Program Pascasarjana Program Studi S2 Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA-Unila menghasilkan Magister dengan kompetensi sebagai berikut:

  1. Memiliki kemampuan mengkaji dan mengembangkan matematika melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  2. Memiliki kemampuan merumuskan dan menyelesaikan masalah dengan pendekatan matematis, logis, analitis dan terstruktur.
  3. Memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan karya-karya ilmiah bidang matematika, baik melalui seminar-seminar maupun jurnal-jurnal ilmiah bertaraf nasional atau internasional.
  4. Memiliki jiwa ilmuwan yang menjunjung tinggi moral, etika, dan kejujuran.
  5. Memiliki kemampuan untuk mengikuti studi lanjut atau Program S3 pada bidang matematika atau bidang kuantitatif lainnya yang sejenis.

Mata kuliah yang harus diikuti bagi seorang mahasiswa agar lulus menjadi seorang Magister Matematika untuk Minat Riset Operasi adalah sebagai berikut:

  1. Mata Kuliah Wajib (MKW) Program Studi sebanyak 15 SKS. Mata kuliah wajib PS adalah sebagai berikut: Analisis Real (3 SKS), Teori Peluang (3 SKS), Aljabar Linear (3 SKS), dan Tesis (6 SKS).
  2. Mata Kuliah Wajib Minat (MKWM) Riset Operasi sebanyak 9 SKS. Mata kuliah wajib Minat Riset Operasi adalah sebagai berikut: Optimasi (3 SKS), Pemodelan Matematika (3 SKS), dan Persamaan Diferensial Parsial (3 SKS).
  3. Mata Kuliah Pilihan (MKP) Program Studi sebanyak 12-18 SKS.

Kualifikasi Kompetensi Keluaran Yang Diharapkan Kurikulum dan kompetensi lulusan Program Magister Matematika FMIPA Unila ini disusun berdasarkan visi, potensi yang ada di FMIPA Unila, serta melalui diskusi dengan FMIPA ITB, khususnya dengan Program Magister Matematika ITB. Kompetensi yang diharapkan dari lulusan Program Magister Matematika FMIPA Unila adalah sebagai berikut:

a. Knowledge Skils: Memahami apa (what), mengapa (why) dan bagaimana (how) konsep-konsep dan teorema teorema dalam matematika yang dikembangkan. Mempunyai pengetahuan tentang cara mengidentifikasi dan merumuskan masalah dan menentukan metode yang tepat untuk mencari solusi matematisnya, mengetahui tentang perkembangan matematika dan aplikasinya.  

b. Intellectual Skills: Mampu berfikir logis, deduktif, induktif, analitis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah. Mampu mengikuti melanjutkan studi lanjut S3 pada bidang matematika atau bidang lain yang terkait dengan matematika dan aplikasinya. Mempunyai kemampuan intelektual untuk beradaptasi dan bekerjasama dengan bidang lain dalam suatu team work. Mampu bekerja mandiri, memotivasi diri, kreatif, dan profesional.  

c. Research Skills: Mampu mengidentifikasi secara akurat fenomena di bidang matematika dan yang terkait sebagai topik penelitian, mengidentifikasi dan mencari informasi yang relevan dan handal, memilih dan menggunakan instrumen penelitian yang tepat serta menganalisis hasil.

d. Transferable Skills: Mampu berkomunikasi dan mengungkapkan pendapat secara tertulis dan lisan tentang pengembangan konsep-konsep, teorema-teorema, dan penyelesaian masalah pada bidang matematika dan aplikasinya secara efektif dan benar di dalam proses pembelajaran maupun penelitian.

KURIKULUM 

Program Magister Matematika Universitas Lampung dilaksanakan selama 4 (empat) semester atau 2 (dua) tahun. Untuk menyelesaikan studinya, seorang mahasiswa harus menempuh minimal 36 sks, termasuk penelitian dan penyusunan tesis sebanyak 6 sks. Mahasiswa dinyatakan gagal atau drop out (DO) bila yang bersangkutan tidak dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 4 tahun.             

Tabel 1. Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU)  

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

MAT812101 Analisis Real

3

2

MAT812102 Teori Peluang

3

3

MAT812103 Aljabar Linear

3

4

MAT812221 Tesis

6

Jumlah 15 sks

Tabel 2.  Mata Kuliah Wajib Minat (MKWM)  

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

I

Minat Analisis:

 

MAT812104 Analisis Real Tingkat Lanjut

3

 

MAT812105 Analisis Kompleks

3

 

MAT812106 Topologi

3

 

  Jumlah

9 sks

 

 

II

Minat Riset Operasi:
MAT812107 Optimasi

3

MAT812108 Pemodelan Matematika

3

MAT812109 Persamaan Diferensial Parsial

3

Jumlah

9 sks

III

Minat Statistika:
MAT812110 Statistika Matematika

3

MAT812111 Model Linear

3

MAT812112 Analisis Statistika

3

Jumlah

9 sks

Tabel 3.Mata Kuliah Pilihan (MKP)  

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

MAT812201 Teori Bilangan

3

MAT812202 Geometri

3

MAT812203 Aljabar Abstrak

3

MAT812204 Analisis Fungsional

3

MAT812205 Sistem Dinamik

3

MAT812206 Teori Antrian

3

MAT812207 Teori Graf

3

MAT812208 Komputasi Matematika

3

MAT812209 Topik Khusus Matematika

3

MAT812210 Pengajaran Matematika

3

MAT812211 Proses Stokastik

3

MAT812212 Teori Analisis Peubah Ganda

3

MAT812213 Model Linear Tingkat Lanjut

3

MAT812214 Analisis Numerik

3

MAT812215 Rancangan Survai Sampling

3

MAT812216 Topik Khusus Statistika

3

MAT812217 Pengajaran Statistika

3

MAT812218 Analisis Messy Data

3

MAT812219 Matematika Diskrit

3

MAT812220

G.   DESKRIPSI MATA KULIAH Analisis Real : MAT812101, 3SKS, Dr. Muslim Ansori, M.Si Matakuliah Analisis real membahas Himpunan, fungsi, relasi, urutan, system bilangan real, himpunan terbatas dan barisan bilangan real, limit fungsi dan kekontinuan, derivative, integral Riemann.

Buku Referensi: RG Bartle, The elements of real analysis, Jhon Wiley and sons, 1976. Rudin, W., Principles of mathematical analysis, McGraw Hill, 1976. Terence Tao, Analysis I  dan analysis II, Hindustan Book Company, 2008 RG Bartle and DR Sherbert, Introduction to real analysis,Jhon Wiley and Sons, 1987. RR Goldberg, Methods of Real analysis, Jhon Wiley and Sons, 1976.

Analisis Real Lanjut : MAT812104, 3SKS, Dr. Muslim Ansori, M. Matakuliah Analisis real lanjut  membahas barisan dan deret fungsi, ruang vektor, ruang metrik,  Ruang Hilbert dan Ruang Banach.

Buku Referensi: RG Bartle, The elements of real analysis, Jhon Wiley and sons, 1976. Rudin, W., Principles of mathematical analysis, McGraw Hill, 1976. Terence Tao, Analysis I  dan analysis II, Hindustan Book Company, 2008 RG Bartle and DR Sherbert, Introduction to real analysis,Jhon Wiley and Sons, 1987. RR Goldberg, Methods of Real analysis, Jhon Wiley and Sons, 1976.                

Aljabar Linear :MAT812103, 3SKS,  Wamiliana, M.A., Ph.D Sistem persamaan linear, determinan, matriks, basis dan dimensi, ortogoanalitas dan ruang vector, Nilai Eigen dan Vector Eigen, beberapa aplikasi, pengantar metode numeric aljabar linear dan ruang-ruang vector.

Buku Referensi: Shilov G E, Linear Algebra, Durer Publication, New York, 1977 Bellmann R, Introduction to Matrix Algebra, Mc GrawHill book Company, New York, 1960 Anton H, Aljabar Linear Elementer, Erlangga,Jakarta, 1987.                

Teori Peluang :MAT812102, 3 SKS, Mustofa Usman, Ph.D  dan Warsono, Ph.D Empirikal dan distribusi Peluang, Konsep Peluang, Peluang bersyarat, Teorema Bayes, Distribusi diskrit,  Distribusi kontinu: distribusi uniform, exponential, gamma, chi-squares, normal distribusi, Distribusi multivariate: distribusi dua random variable, koefisien korelasi, distribusi bersyarat, bivariate normal dan transformasi random variable, teori distribusi sampling.    

Buku Referensi: 1.      Hogg, R.V., and Tanis, E.A. (1997). Probability and Statistical Inference. New Jersey: Prentice Hall, Inc. 2.      Jacod, J., and Protter,P. (2004). Probability Essentials, Second Ed. New York: Springer-Verlag.

Statistik Matematik :MAT812110, , 3 SKS, Mustofa Usman, Ph.D  dan Warsono, Ph.D Matakuliah ini membahas tentang distribusi peluang marginal bersyarat diskrit dan kontinu, fungsi distribusi, metode transformasi mencari fungsi distribusi,metode fungsi pembangkit momen untuk mencari distribusi peubah acak, order statistic, limit distribusi.

Buku Referensi: Dudewicz, Edward J. And Mishra, Satya N. (1988). Modern Mathematical Statistics. John Wiley & Sons Ltd. Inc. Sembiring RK dan Suroso. (1995). Statistika Matematika Modern (terjemahan). Penerbit ITB Bandung. Mendenhall, William., Wackerly, Dennis D. and Scheaffer, Richard L. (1990). Mathematical Statistics with Applications. PWS-KENT Publishing Company. Casella, George and Berger, Roger L. (1990). Statistical Inference. Wadsworth & Brooks/Cole Andvanced Books & Software. Pacific Grove, California. Brownlee, K.A. (1965). Statistical Theory and Methology In Science and Engineering. Secon Edition. Robert E. Krieger Publishing Company, Inc. Malabar, Florida. Hog, Robert V. And Tanis, Elliot A. (2001). Probability and Statistical Inference. Prentice Hall International Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Proses Stokhastik :MAT812211, , 3 SKS, Mustofa Usman, Ph.D  dan Warsono, Ph.D Stokastik Proses: Deskripsi dan Definisi, Markov Chains, Transisi peluang matriks, klasifikasi states, Irreducible Markov Chain dengan State Egordik, Transient behavior, Limiting behavior, Branching processes dan topic-topik special, statistika inferencial untuk Markov Chains, Aplikasi dari Markov Chains, Simple markov Proses, statistika inferensial untuk Markov proses sederhana.

Buku Referensi: 1.      Bhat, U.N. and Miller, G.K. (2002). Elements of Applied Stochastic Processes, New York: John Wiley & Sons. 2.      Medhi, J.(2004).  Stochastic Processes, Second ed. New Delhi: New Age International Publisher                 Model Linear:MAT812111, , 3 SKS, Mustofa Usman, Ph.D  dan Warsono, Ph.D Konsep dasar aljabar linear dan matriks, konsep statistika inferensial, distribusi normal multipeubah, distribusi bentuk kuadratik, independen antara bentuk linear dan kuadratik, model linear umum, Gauss Markov teori, estimasi parameter dan uji hipotesis, selang dugaan, Model regresi linear, design model. Buku Referensi: MustofaUsmandanWarsono,(2009). Teori Model Linear danAplikasinya, Bandung: PenerbitSinarBaruAlkgensindo. Searle, R.R.(1971). Linear Model.  New York: John Wiley. Graybill, F.A. (1976). Theory and Applicatrion of the Linear Model, California:Pacific Grove.

Optimisasi:MAT812107, 3SKS, Wamiliana, M.A.,Ph.D dan    Tiryono Ruby, Ph.D Mata kuliah Optimisasi membahas tentang Pemograman Linier dan Pemograman  Integer yaitu untuk prmograman linier adalah tentang pembuatan model permasalahan (formulasi masalah dalam bentuk program linier(metode penyelesaian serta prosedur komputasinya, dualitas, bentuk khusus program linier : transportasi, assignment dan transshipment serta metode-metode penyelesaiannya, Analisis Sensitivitas (Post Optimal Analysis). Untuk pemograman integer yaitu : model permasalahan (fixed-charged problem, set-covering problem, if-then constraints), metode penyelesaian (Cutting Plane dan Branch and Bound), serta beberapa masalah khusus integer programming antara lain knapsack problem, dynamic programming model, assignment problem, dan matching.

Buku Referensi: Hillier and Lieberman , Introduction to Operations Research, , Mc Graw Hill, Inc, New York 1990. WinstonL.Wayne, 1994. Introduction to Operation Research: Applications and Algorithms. Duxbury Press. Wamiliana, Program Linier: Teori dan Aplikasinya, Diktat  Kuliah, Jurusan Matematika Universitas Lampung, 2004                

Pemodelan Matematika:MAT812108,3SKS, Wamiliana, M.A.,Ph.D dan    Tiryono Ruby, Ph.D Mata kuliah Pemodelan Matematika  membahas tentang bagaimana memodelkan suatu masalah dengan menggunakan konsep konsep matematika antara lain dengan menggunakan konsep dari persamaan differensial (biasa maupun parsial) untuk masalah masalah kontinu baik linier maupun non linier, dan dengan menggunakan metode pemrogaraman linier dan non linier ,misalnya, untuk masalah diskrit.

Buku Referensi: Hillier and Lieberman , Introduction to Operations Research, , Mc Graw Hill, Inc, New York 1990. WinstonL.Wayne, 1994. Introduction to Operation Research: Applications and Algorithms. Duxbury Press.                

Komputasi Matematik:MAT812208, 3SKS, Warsono, Ph.D  dan Dr. Eng., Admi Syarief Mata kuliah Komputasi Matematika membahas tentang masalah masalah numerik yang diselesaikan dengan menggunakan prmograman komputer, antara lain  penyelesaian masalah syarat awal, relasi rekurensi, dll. Buku Referensi: Burden, R.L and Faires, J.D. Numerical Analysis, PWS Publishing Company, Boston

Analisis Numerik:MAT812214, 3SKS, Dr. Admi Syarif Mata kuliah Analisis Numerik membahas tentang metode metode numeric antara lain Biseksi, Newton-Raphson; interpolasi (hemit dan cubic spline), differensiasi dan integrasi numerik, penyelesaian masalah nilai awal pada persamaan differensial, dan penyelesaian sistem persamaan linier.

Buku Referensi: Burden, R.L and Faires, J.D. Numerical Analysis, PWS Publishing Company, Boston                

Analisis Kompleks:MAT812105, 3SKS, Dr. Muslim Ansori, M.Si,  Dr. Suharsono Mata Kuliah ini membahas tentang bilangan kompleks,Modulus, Representasi Geometrik Bilangan Kompleks, Modulus, Bentuk kutub Bilangan Kompleks, Perkalian titik dan perkalian silang, Teorema De Moivre, Fungsi, limit, Kekontinuan, Turunan, fungsi Analitik dan persamaan Cauchy, Operator turunan dan Fungsi harmonic, Fungsi elementer dan fungsi bernilai banyak, Integral fungsi kompleks. Hauser A A, Complex Variable and Applications, Simmon and Scuster Technical Ref. book Division, New York, 1971 Spiegel M R, Theory and Problems of Complex Variable with an introduction to Conformal Mappings, Mc Graw Hill Company, Singapore, 1981                

Teori Antrian:MAT812206, 3SKS, Wamiliana, M.A.,Ph.D Mata kuliah teori antrian membahas tentang konsep dasar antrian, birth and death process, bentuk antrian berdasarkan birth and death process (dengan asumsi pelanggangan datang berdistribusi Poisson dan waktu servis berdistribusi eksponensial),  bemacam macam bentuk antrian seperti M/M/1,   M/M/s, dll, serta model antrian yang tidak melibatkan distribusi eksponensial).

Buku Referensi: Hillier and Lieberman , Introduction to Operations Research, , Mc Graw Hill, Inc, New York 1990. WinstonL.Wayne, 1994. Introduction to Operation Research: Applications and Algorithms. Duxbury Press.                

Teori Graf:MAT812207, 3 SKS, Dr. Wamiliana, dan Dr. Asmiati Mata kuliah Teori Graf  membahas tentang: Struktur graf, path,sirkuit (Eulerian dan Hamiltonian), tree (pohon) dan fundamental sirkuit, cut vertex dan  cut set, planaritas, matrix adjacency dan incidence, coloring, covering, dan partisi; ruang vector dari suatu graf, dan directed graf.

BukuReferensi: Narsingh Deo, Graph Theory with Applications to Engineering and Computer Science, Prentice Hall, New Delhi, 1989. Gross J and Jay Yellen, Graph Theory and Its Applications, CRC Press, Boca Raton, USA, 1999                

Topologi:MAT812106, 3 SKS, Dr. Muslim Ansori, M.Si, Dr. Suharsono Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib jurusan Matematika. Topologi sebagai cabang matematika modern merupakan alat yang sangat penting dalam memahami matematika, terutama konsep-konsep dasar matematika yang berkembang saat ini. Topologi adalah konsep yang berkembang dengan pesat setelahditemukannya konsep dari teori himpunan serta merupakan hasil karya besar dari para seniman matematika yang telah memperkaya khasanah kita khususnya matematika. Topologi berkembang secara alami dari perkembangan Geometri analisis. Topologi tidak saja merupakan alat yang ampuh dalam banyak cabang matematika seperti analisis real, geometri atau dalam teori peluang, melainkan juga merupakan subjek yang sangat penting. Mata kuliah ini berisi teori dasar himpunan, operasi-operasi dasar pada himpunan, himpunan berindeks, produk Cartesian. Relasi, relasi ekivalensi, fungsi, invers fungsi. Neigborhood, titik interior, titik eksterior, himp terbuka dan tertutup, cover dan sub cover. Topologi dan pengembangannya.  

Buku Referensi: Cain, G.L. 1993.  “Introduction to General Topologi” Massachusetts, Addison Wesley Publishing Co. Simmons, G.F. 1963, ”Introduction to Topologi and Modern Analysis ” Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha, LTD. Usman, M., 2001. “Pengantar Topologi” FMIPA Unila.

Geometri:MAT812202, 3 SKS, Dr. Muslim Ansori, M.Si, Dr. Suharsono Mata kuliah ini membahas tentang geometri analitik dan geometri bidang

Buku Referensi: Oakley C O, Analytic Geometry, Barnes and Noble book Div. of Har per & Row Publ., Company, New York, 1957. Kindle, J H, Theory and Problems a Plane and Solid Analytic, Schaum Outline Series, Mc GrawHill Book Company, New York, 1950.                

Teori Bilangan:MAT812201, 3SKS, Dr. Muslim Ansori, M.Si, Dr. Suharsono Mata Kuliah ini membahas dalil-dalil FPB dan KPK dan keterbagian, dalil-dalil tentang bilangan prima, dalil-dalil kongruensi linear dan simultan,  penyelesaian system kongruensi linear.

Buku Referensi: Niven, Ivan dkk. An Introduction to the Theory of Numbers. New York: John Wiley& Sons. 1991.

Analisis Fungsional : MAT812204, 3 SKS, Dr. Muslim Ansori, M.Si,  Dr. Asmiati Mata kuliah Analisis Fungsional membahas tentang ruang abstrak, yaitu ruang metrik, ruang  bernorm, ruang Hilbert dengan penekanan pada Teori Operator pada ruang Hilbert.

Buku Referensi: Berberian, S.K., 1961. Introduction to Hilberty Space. New York : Oxford University press. Kreyszig, E., 1978. Introductory Functional Analysis with Applications. New York : John Willey. Maddox, 1987. Element of Functional Analysis. New Delhi : Universal Book Stall.

Persamaan Diferensial Parsial:MAT812109, 3SKS, Tiryono Ruby, Ph.D dan Dr. Eng., Admi Syarief Pengantar persamaan diferensial parsial, tipe persamaan, eliptik, hiperbolik, parabolic, persamaan laplace, persamaan gelombang, persamaan difusi, metode Euler dan Lagrange, metode Dufod Frankel, metode konservatif, persamaan Maxwell, disperse, diskritisasi, metode beda hingga.

Buku Referensi: Paul D and David Z, Partial Diferential Equations,Mc GrawHill Companies Inc, NewYork, 1986.

Matematika Diskrit:MAT812219, 3 SKS, Wamiliana, M.A.,Ph.D danDr. Eng., Admi Syarief Mata kuliah Matematika Diskrit  membahas tentang: induksi matematika, teknik teknik counting : permutasi, kombinasi, prinsip pigeonhole, prinsip ekslusi –inklusi, tree diagram, binomial dan multinomial, Relasi, Relasi Rekurensi, Aljabar Boole, Peta Karnaugh dan Analisis algoritma.

Buku Referensi: Kenneth H. Rosen : Discrete Mathematics and Its Application : Mc Graw Hill International, 1999.

Analisis Messy Data :MAT812218,3 SKS, Mustofa Usman, Ph.D  dan Warsono, Ph.D Struktur perlakuan satu arah dalam completely randomized Design dengan error Homogen, Prosedur inference simultan dan Multiple Comparisons, Konsep dasar Experimental Design, Experimental design yang melibatkan beberapa ukuran unit-unit Experimental, Model bentuk Matriks, Struktur Perlakuan dua arah seimbang, Studi kasus: komplet analisis dari experiment seimbang dua arah, menggunakan mean model untuk analisis dua arah seimbang dengan jumlah subklas yang tak sama, menggunakan efek model untuk analisis dua arah seimbang dengan jumlah subklas yang tak sama, menggunakan mean model untuk analisis struktur perlakuan dua arah dengan missing kombinasi perlakuan, menggunakan efek model untuk analisis struktur perlakuan dua arah dengan missing kombinasi perlakuan, Random model dan komponen varians, metode pendugaan komponen varians, analisis model random, analisis Mixed model,

Buku Referensi: Milliken,G.A., and Johnson, D.E. (1997). Analysis of Data,Messy, New York: Chapman & Hall. Teori

Rancangan dan Analisis Percobaan :MAT812220,  3 SKS, Mustofa Usman, Ph.D  dan Warsono, Ph.D Hipotesis Linear Umum untuk Cell Mean Anova Model, Overview eksperimental desain, Univariate Normal Anova Model, Multivariate Normal Anova Model, Multinomial Anova Model, Kaidah-kaidah untuk pembentukan beberapa Fraksional Faktorial design, Balanced incomplete Block dan Fraksional Faktorial Desain.  

Buku Referensi: Wooddward, J.A. Bonett, D.G., and Brecht, M.L. (1990). Introduction to Linear Model and Experimental Design, New York: Academic Press.

Analisis Statistika, MAT812212, 3SKS, Mustofa Usman, Ph.D, Warsono, Ph.D Analisisi Variance, Analisis Regresi, Nonlinear Model, Time series Analisis. Buku Referensi: Moore, D.S et.all (2011). The Practice of Statistics.  New York: Freeman Company. Seber, (1986). Nonlinear Model, New York: John Wiley.

Bentuk Pembelajaran, Kriteria Penilaian dan Bobot Penilaian  Bentuk Pembelajaran Pembelajaran Dilakukan dalam berbagai bentuk:  Ceramah, Diskusi, Seminar dan Praktikum.

Kriteria Penilaian, Ketepatan Analisis, Kerapian Sajian, Kemampuan Analisis, dan Praktikum.

Bobot Penilaian. Tugas  20%,  Quiz 10%, Praktikum 10%,  MID Semester 30%, UAS 30%.      

Tabel 4. Daftar Dosen Inti

Program Studi S2 Matematika FMIPA – Unila

No

Nama

Jabatan

Keahlian

Ijazah

1

Wamiliana, Ph.D. Lektor Kepala, dalam proses Guru Besar Matematika, Riset Operasi S3 Matematika, Curtin University, Australia, 2002

2

Tiryono Ruby, Ph.D. Lektor Kepala Matematika, Pemodelan Matematika S3 Matematika, Curtin University, Australia, 2003

3

Dr. Muslim Ansori Lektor, dalam proses Lektor Kepala Matematika, Analisis Matematika S3 Matematika, Universitas Gadjah Mada, 2010

4

Warsono. Ph.D. Lektor, dalam proses Lektor Kepala Statistika, Teori Statistika, Proses Stokastik S3 Statistika, University of Alabama Birmingham USA, 1996

5

Mustofa Usman, Ph.D. Lektor Kepala, dalam proses Guru Besar Statistika, Model Linear S3 Statistika, Kansas State University, USA, 1996

6

Dr. Eng. Admi Syarif Lektor Kepala Komputer, Komputasi Matematika S3 Information Science, Ashikaga Institute of Technology, Jepang, 2005

7

Dr. Asmiati Lektor Matematika S3  Teori Graf, Aljabar, Analisis ITB

8

Dr. Suharsono Lektor Kepala Matematika S3 Matematika terapan, Curtin University, 2012.

Tabel 5. Course Outline (Required and Optional)  

No

Code

Courses

CR

1

MAT812101 Real Analisis

3

2

MAT812102 Probability Theory

3

3

MAT812103 Linear Algebra

3

4

MAT812218 Thesis

6

Total (CR) 15 cr

Tabel 6.Course Outline (Concentration)  

No

Code

Courses

CR

I

Concentration on Analysis:

 

MAT812104 Advance Real Analysis

3

 

MAT812105 Complex Analysis

3

 

MAT812106 Topology

3

 

  Total (CR)

9 cr

 

 

II

Concentration on Operation Research:
MAT812107 Optimization

3

MAT812108 Mathematics modelling

3

MAT812109 Partial Diferential Equation

3

Total(CR)

9 cr

III

Concentration on Statistics:
MAT812110 Mathematical Statistics

3

MAT812111 Linear Model

3

MAT812112 Statistical  Inference

3

Total (CR)

9 cr

Course Optional (Minimum 12 CR)  

No

Code

Courses

CR

MAT812201 Number Theory

3

MAT812202 Geometry

3

MAT812203 Abstract Algebra

3

MAT812204 Functional Analisys

3

MAT812205 Dynamical System

3

MAT812206 Queing Theory

3

MAT812207 Graph Theory

3

MAT812208 Mathematical Computation

3

MAT812209 Reading in Mathematics

3

MAT812210 Teaching Matematika

3

MAT812211 Stochatic Process

3

MAT812212 Multivariate Statistics

3

MAT812213 Advance Linear Model

3

MAT812214 Analisis Numerik

3

MAT812215 Sampling Survay

3

MAT812216 Reading in Statistics

3

MAT812217 Teaching  Statistics

3

KURIKULUM 

Program Magister Matematika Universitas Lampung dilaksanakan selama 4 (empat) semester atau 2 (dua) tahun. Untuk menyelesaikan studinya, seorang mahasiswa harus menempuh minimal 36 sks, termasuk penelitian dan penyusunan tesis sebanyak 6 sks. Mahasiswa dinyatakan gagal atau drop out (DO) bila yang bersangkutan tidak dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 4 tahun.             

Tabel 1. Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU)

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

MAT812101 Analisis Real

3

2

MAT812102 Teori Peluang

3

3

MAT812103 Aljabar Linear

3

4

MAT812221 Tesis

6

Jumlah 15 sks

Tabel 2.  Mata Kuliah Wajib Minat (MKWM)

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

I

Minat Analisis:

 

MAT812104 Analisis Real Tingkat Lanjut

3

 

MAT812105 Analisis Kompleks

3

 

MAT812106 Topologi

3

 

  Jumlah

9 sks

 

 

II

Minat Riset Operasi:
MAT812107 Optimasi

3

MAT812108 Pemodelan Matematika

3

MAT812109 Persamaan Diferensial Parsial

3

Jumlah

9 sks

III

Minat Statistika:
MAT812110 Statistika Matematika

3

MAT812111 Model Linear

3

MAT812112 Analisis Statistika

3

Jumlah

9 sks

Tabel 3.Mata Kuliah Pilihan (MKP)  

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

MAT812201 Teori Bilangan

3

MAT812202 Geometri

3

MAT812203 Aljabar Abstrak

3

MAT812204 Analisis Fungsional

3

MAT812205 Sistem Dinamik

3

MAT812206 Teori Antrian

3

MAT812207 Teori Graf

3

MAT812208 Komputasi Matematika

3

MAT812209 Topik Khusus Matematika

3

MAT812210 Pengajaran Matematika

3

MAT812211 Proses Stokastik

3

MAT812212 Teori Analisis Peubah Ganda

3

MAT812213 Model Linear Tingkat Lanjut

3

MAT812214 Analisis Numerik

3

MAT812215 Rancangan Survai Sampling

3

MAT812216 Topik Khusus Statistika

3

MAT812217 Pengajaran Statistika

3

MAT812218 Analisis Messy Data

3

MAT812219 Matematika Diskrit

3

MAT812220

 

 

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<