MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN

direktur

MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
BERDIRI TAHUN 2009
NO. SK : 1072/D/T/2006
TERAKREDITASI

ketua-dan-sekretaris-mmpd

VISI, MISI DAN TUJUAN

 

Visi

“Program Magister Manajemen Pendidikan yang bermutu, profesional, berdedikasi dan bermartabat”

 

Misi

Misi Program Magister Manajemen Pendidikan:

1)       Mengembangkan mutu sumberdaya manusia yang profesional dan andal di bidang manajemen pendidikan dengan landasan teori dan praktik, serta saintifik.

2)       Memperkuat dan meningkatkan mutu pembelajaran bidang manajemen pendidikan guna menghasilkan lulusan yang berkualitas.

3)       Meningkatkan kualitas penelitian di bidang manajemen pendidikan guna menunjang pembangunan pendidikan.

4)       Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat di bidang manajemen pendidikan guna menunjang pembangunan pendidikan.

5)       Memperluas kerjasama kemitraan yang sinergis dengan berbagai fihak untuk meningkatkan mutu dan kemajuan pendidikan.

 

Tujuan

1)      Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidang manajemen pendidikan, yang dapat mengaplikasikan keahliannya dalam bidang pendidikan formal maupun nonformal.

2)      Menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji, menganalisis, dan mengabdikan ilmunya demi peningkatan mutu pendidikan di berbagai instansi dan satuan pendidikan di semua jenis dan jenjang pendidikan.

3)      Menghasilkan berbagai penelitian bidang manajemen pendidikan yang bermutu dan bermanfaat bagi dunia pendidikan maupun bagi masyarakat pada umumnya.

4)      Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bidang manajemen pendidikan demi peningkatan mutu dan kemajuan pendidikan di semua jenis dan jenjang pendidikan.

Memberikan layanan penyelenggaraan pendidikan dan atau pelatihan dalam bidang manajemen pendidikan.

 

SEJARAH SINGKAT

Dilandasi rasa tanggungjawab serta untuk memenuhi tuntutan legal perundangan dalam rangka menyiapkan tenaga kependidikan yang bermutu, maka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung membuka Program Magister Manajemen Pendidikan. Hal ini didasarkan pada ketersediaan sarana dan prasarana serta sumberdaya manusia yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 234 Tahun 2000 tentang Pendirian Perguruan Tinggi, serta mengacu pada Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 108/DIKTI/Kep/2001 tentang pedoman pembukaan program studi dan/atau jurusan program magister. Selain itu pembukaan Program Magister Manajemen Pendidikan juga dilatar belakangi oleh perkembangan dunia pendidikan dewasa ini yang menuntut adanya peningkatan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan memiliki kompetensi tinggi.

Berdasarkan dua hal tersebut maka pada tahun 2007 dilakukannya need assessment dan studi kelayakan, kemudian pada tahun 2008 disusun proposal pembukaan Program Magister Manajemen Pendidikan FKIP Unila dan diusulkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta. Akhirnya berkat rakmat Tuhan Yang Maha Esa, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 1072/D/T/2009 tanggal 29 Juni 2009 keluar surat izin operasional penyelenggaraan Program Magister Manajemen Pendidikan. Pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2009-2010 mulai menerima mahasiswa baru angkatan pertama yang berjumlah 42 orang. Sampai dengan Tahun Akademik 2012-2013 Program Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Lampung telah menghasilkan lebih dari 60 orang lulusan.

PROFIL UTAMA LULUSAN

Profil utama dan kompetensi lulusan Program Magister Manajemen Pendidikan:

Memiliki pemahaman dan ketrampilan bidang manajemen mutu pendidikan, perencanaan dan pembiayaan pendidikan, asesmen dan evaluasi program pendidikan supervisi pendidikan, manajemen kurikulum, manajemen strategik serta menganalisis isu dan problematika pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dalam mengelola pendidikan yang bermutu pada berbagai jenis dan jenjang pendidikan. Berdasarkan hasil penelusuran lulusan, maka profil utama lulusan dan kompetensi lulusan adalah; sebagai kepala sekolah, pengawas pendidikan, dosen, guru, tenaga kependidikan dan praktisi pendidikan.

 

 

KURIKULUM

Kurikulum Program Studi Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Lampung seperti terlihat pada tabel berikut:

 

Tabel 1. Kurikulum/Mata Kuliah Berdasarkan Semester

       MATA KULIAH MATRIKULASI

SKS

KOMPONEN

MPD 812001   Dasar Dasar Manajemen Pendidikan

0/2

Landasan Bidang Studi
MPD 812002   Dasar Dasar Kependidikan

0/2

Landasan Kependidikan
MPD 812003   Pemahaman Teks Bahasa Inggris

0/2

Penunjang
                                                                        Total

0/6

 

       MATA KULIAH SEMESTER I
UNI  812101   Filsafat Ilmu

2

Landasan Keilmuan
MPD 812101  Statistik Terapan dalam Penelitian

Pendidikan

3

Landasan Keilmuan
MPD 812102  Perencanaan dan Analisis Kebijakan

Pendidikan

3

Bidang Studi
MPD 812103  Manajemen Mutu Pendidikan

3

Bidang Studi
MPD 812104  Manajemen Pembiayaan Pendidikan

3

Bidang Studi
                                                                        Total

14

 

 

       MATA KULIAH SEMESTER II
UNI  812102   Metodologi Penelitian Pendidikan

3

Landasan Keilmuan
MPD 812105  Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi

Pendidikan

3

Bidang Studi
MPD 812106  Asesmen dan Evaluasi Program

Pendidikan

3

Landasan Kependidikan
MPD 812107  Sistem Informasi Manajemen

Pendidikan

3

Bidang Studi
MPD 812108  Manajemen Desain dan Pengembangan

Kurikulum

2

Landasan Kependidikan
                                                                        Total

14

 

 

       MATA KULIAH SEMESTER III
MPD 812201  Pengembangan Profesi dan Pelatihan

Tenaga Kependidikan

3

Bidang Studi
MPD 812209  Seminar Tesis

2

Bidang Studi
                                                                        Total

5

 

 

       MATA KULIAH SEMESTER IV
MPD 812210  Tesis

4

Bidang Studi
                                                                        Total

4

 

 

 MATA KULIAH PILIHAN DIJADWALKAN PADA SEMESTER III DIPILIH 3 MATA KULIAH (6 Sks)
MPD 812202  Supervisi Pendidikan

2

Bidang Studi
MPD 812203  Manajemen Strategik Pendidikan

2

Bidang Studi
MPD 812204  Manajemen Pendidikan Dasar dan

Menengah

2

Bidang Studi
MPD 812205  Manajemen Perguruan Tinggi

2

Bidang Studi
MPD 812206  Manajemen  Pembelajaran, Pedagogi,

Andragogi

2

Landasan Kependidikan
MPD 812207  Problematika dan Isu Aktual Pendidikan

2

Landasan Kependidikan

Total

12

 

Total Bobot Kredit Studi Mahasiswa: 37 Sks Mata Kuliah Wajib + 6 Sks Pilihan = 43 Sks

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

1.      Filsafat Ilmu (UNI 812101,  2 Sks)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal bagi mahasiswa, tentang konsep dasar berpikir ilmiah, dan membangkitkan gairah serta semangat mahasiswa agar mampu memperkuat posisi diri mengenai hakekat keilmuan dan hubungannya dengan konsep-konsep dasar manajemen pendidikan. Fokus kajian dalam mata kuliah ini, antara lain mencakup: aliran-aliran filsafat klasik dan modern, paradigma berpikir ilmiah, dan pandangan para filsuf tentang pendidikan, serta perkembangan akal pikiran manusia hubungannya dengan peradaban manusia sebagai makhluk yang berakal dan berpikir.

 2.      Metodologi Penelitian Pendidikan (UNI 812102,  3 Sks)

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah (kuantitatif, kualitatif, pengembangan, dan penelitian tindakan) dalam bidang pendidikan dalam arti luas sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas untuk penelitian kuantitatif meliputi: jenis-jenis penelitian, perumusan latar belakang penelitian, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, instrumen penelitian, serta penyusunan usulan dan laporan penelitian. Sedangkan untuk penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofis, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian.

 3.      Statistik Terapan dalam Penelitian Pendidikan (MPD 812101,  3 Sks)

Membahas teknik-teknik analisis statistik yang banyak diaplikasikan pada penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain penaksiran parameter populasi dan sampel, pengujian perbedaan dua nilai statistik antara lain nilai rata-rata, proporsi dan korelasi, analisis varian dan ovarian sederhana, regresi linier, dan beberapa teknik statistik nonparametrik. Mata kuliah ini juga mencakup latihan-latihan mengerjakan soal-soal di Laboratorium Komputer dengan menggunakan paket-paket program yang tersedia.

 4.      Perencanaan dan Analisis Kebijakan Pendidikan (MPD 812102,  3 Sks)

Penguasaan konsep, teori, prinsip dan pendekatan-pendekatan dalam perencanaan pendidikan, serta kemahiran teknis dalam perencanaan baik dalam konteks individual maupun kelompok sejawat. Memahami pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kait­annya dengan sistem sosial, politik, dan budaya, serta setiap usaha memajukan pendidikan berkaitan erat dengan kurikulum, peserta didik, tenaga kependidikan, organisasi, sarana dan prasarana, dan pembiayaan. Terampil menetapkan kondisi sekolah saat ini dan yang diharapkan, serta menyusun kegiatan sekolah, serta menguasai inventarisasi data dan analisis aset sarana-prasarana sekolah. Tujuan utama matakuliah ini adalah penguasaan beberapa pendekatan dan konsep, serta mencapai kemampuan praktis untuk membuat analisis empiris terhadap aspek-aspek kebijakan pendidikan baik lokal maupun nasional.

 5.      Manajemen Mutu Pendidikan (MPD 812103,  3 Sks)

Membahas konsep mutu, control mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan pendidikan mutu, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial. Pengembangan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan.

 6.      Manajemen Pembiayaan Pendidikan (MPD 812104,  3 Sks)

Menguasai konsep-konsep dasar pembiayaan, teknik perhitungan biaya, kembalian (return), dan penerapannya dalam pendidikan. Membahas tentang karakteristik organisasi nirlaba terutama organisasi pendidikan, pelbagai pendekatan dalam pembiayaan pendidikan, sumber dan penggunaan anggaran, prosedur perencanaan, pengelolaan dan pengawasan anggaran, dasar legal, dan isu-isu di sekitar pembiayaan pendidikan, serta aplikasinya dalam berbagai jenjang pendidikan. Terampil merumuskan rencana anggaran, memperkirakan pembiayaan perawan dan perbaikan sarana-prasarana pendidikan serta menguasai prosedur dan implementasi penggunaan dana BOS.

 7.      Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan (MPD 812105,  3 Sks)

Melalui tinjauan historis dan komparatif, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori-teori kepemimpinan dalam organisasi pendidikan. Kajiannya meliputi keefektifan pola perilaku organisasi dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan pendidikan. Tekanan diberikan kepada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas organisasi dan kepemimpinan, berbagai teori dan asumsi dalam memotivasi kerja dan meningkatkan keefektifan organisasi, fungsi dan peranan organisasi dan kepemimpinan, serta strategi dan taktik dalam memimpin organisasi dan personalia pendidikan. Kepemimpinan partisipatif dan mengurai konflik. Penguatan organisasi sekolah serta kepekaan jender dan minoritas.

 8.      Asesmen dan Evaluasi Program Pendidikan (MPD 812106,  3 Sks)

Pembahasan secara komprehensip tentang asesmen dan evaluasi pendidikan, juga mengkaji berbagai pendekatan dalam penilaian terhadap program-program dan praktik pembelajaran yang diperlukan dalam rangka menentukan tingkat keberhasilan dan sebagai umpan balik untuk menyusun program pembelajaran. Penilaian dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar dan efektifitas suatu program sampai pada komponen-komponen pengukuran dan menyusun laporan yang dapat dimanfaatkan untuk perbaikan program.

 9.      Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (MPD 812107,  3 Sks)

Menguasai konsep rancang bangun (desain) sistem informasi, prinsip dan teknik pengelolaan sistem informasi manajemen, meliputi kedudukan, peran dan fungsi sistem informasi manajemen dalam rangka meningkatkan mutu layanan dan kinerja manajemen dalam administrasi pendidikan. Memahami teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu wahana dan aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan. Faktor dan landasan yang perlu dipertimbangkan dalam membuat rancang bangun sisten informasi manajemen, sarana dan prasarana yang diperlukan dalam sistem informasi manajemen untuk administrasi pendidikan. Menguasai manajemen aset sarana-prasarana sekolah/pendidikan dan mampu mengaplikasikan sofware manajemen sarana-prasarana serta administrasi akademik pendidikan.

 10.  Manajemen Desain dan Pengembangan Kurikulum (MPD 812108,  2 Sks)

Pembahasan secara komprehensip tentang hakikat, landasan, kerangka sistematik, operasionalisasi dan praksis pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam konteks dunia persekolahan dan pelatihan. Para mahasiswa secara konseptual difasilitasi untuk mengkaji secara konseptual dan empirik berbagai konsep, model dan kasus pengembangan kurikulum dan pembelajaran sehingga diperoleh wawasan yang utuh dan menyeluruh yang pada saatnya dapat dimanfaatkan dalam membimbing dan atau melakukan pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam konteks otonomi kurikulum di Indonesia.

 11.  Pengembangan Profesi dan Pengelolaan Tenaga Pendidikan (MPD 812201,  3 Sks)

Deskripsi Mata Kuliah

Melalui perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan wawasan dan penguasaan tentang konsep, prinsip dan teknik manajemen sumberdaya manusia kependidikan, memahami kekuatan-kekuatan, faktor-faktor dan kondisi yang terus menerus mempengaruhi pelaksanaan fungsi SDM serta dampaknya terhadap mutu kinerja manajemen sistem pendidikan. Pokok bahasannya mencakup peran dan fungsi SDM, rekruitmen, seleksi, pengangkatan dan penempatan personalia, induksi dan penilaian personalia, kompensasi, kesejahteraan dan keamanan serta perlindungan hukum personalia, mutasi, promosi dan alih fungsi personalia, pemutusan hubungan kerja dan pensiun personalia, pendidikan danpelatihan personalia

 12.  Supervisi Pendidikan (MPD 812202,  2 Sks)

Melakukan kajian mengenai berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pendidikan, mencakup prinsip-prinsip, sifat, fungsi dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tatacara perangcangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pengajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala-kendala yang ada untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

 13.  Manajemen Strategik Pendidikan (MPD 812203,  2 Sks)

Secara umum manajemen stratejik terdiri dari keputusan dan tindakan manajerial dalam organisasi pendidikan agar dapat mempertahankan kondisi yang menguntungkan. Membahas konsep, proses, dan teknik-teknik manajemen strategik yang mencakup formulasi dan implementasi strategi (seperti perumusan visi dan misi, analisis SWOT, matriks BCG, matriks Hofer, klaster strategi besar, analisis perubahan budaya, dan analisis rasio), serta penerapannya melalui studi kasus dalam manajemen pendidikan. Teori pengembangan sekolah, peran dan fungsi komite sekolah, penyusunan RKS dan RKT.

 14.  Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (MPD 812204,  2 Sks)

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur manajemen dan akreditasi sistem persekolahan, meliputi tugas dan tanggung jawab administrator pendidikan dalam mewujudkan keefektifan sekolah sebagai suatu unit dan sistem pendidikan. Kritik terhadap sistem persekolahan, fungsi dan konvensi pengelolaan sistem pendidikan, strategi pengelolaan komponen-komponen sistem pendidikan, kriteria dan standar serta proses akreditasi sistem pendidikan/persekolahan. Hubungan komite sekolah dengan orang tua siswa dan masyarakat, serta peningkatan peran komite sekolah dalam menunjang program sekolah.

 15.  Manajemen Perguruan Tinggi (MPD 812205,  2 Sks)

Membahas sejarah perguruan tinggi, hakikat dan misi perguruan tinggi, transformasi dalam sistem perguruan tinggi, organisasi perguruan tinggi, peran dosen, karakteristik mahasiswa, sistem governansi, kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akdemik, akreditasi, dan sistem perencanaan di perguruan tinggi.

 16.  Manajemen Pembelajaran, Pedagogi, Andragogi (MPD 812206,  2 Sks)

Mengkaji fungsi perencanaa, pengorganisasian, evaluasi pembelaajaran dan pengawasan serta supervisi pembelajaran. Model-model pembelajaran, metodologi pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Membahas tentang teori dan prinsip-prinsip pedagogi, ahli pedagogi dan paradigma belajar, pedagogi tradisional dan modern, pedagogi transformatif, pedagogi humanis, progresif dan efektif, perbedaan antara pedagogi dan andragogi, asumsi dan epistemologi andragogi, aplikasi isu-isu andragogi, dari pedagogi dan andragogi ke heutologi.

 17.  Problematika dan Isu Aktual Pendidikan (MPD 812207,  2 Sks)

Membahas tentang desentralisai pendidikan melalui undang-undang otonomi daerah, problematika pendidikan moral dan budi pekerti, isu evaluasi pendidikan secara nasional, kebijakan tentang kuantitas dan kualitas guru, isu kebijakan dan kurikulum berbasis kompetensi, manajemen pendidikan berbasis masyarakat, pendidikan di era global, isu pemberian gelar akademik.

 18.  Seminar Tesis (MPD 812209,  2 Sks)

Kegiatan penulisan tesis termasuk di dalamnya kewajiban mahasiswa untuk menyampaikan usulan (proposal) dan hasil penelitian dalam suatu forum seminar program studi yang dihadiri oleh dosen pembimbing tesis, dosen pembahas, dosen program studi, mahasiswa pembahas dan mahasiswa-mahasiswa jurusan/program studi.

 19.  Tesis  (MPD 812210,  4 Sks)

Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu penelitian yang terkait dengan masalah manajemen pendidikan seperti; manajemen kurikulum, manajemen pembelajaran, manajemen sumberdaya manusia, kepemimpinan pendidikan, manajemen mutu pendidikan, asesmen dan evaluasi pendidikan, supervisi pendidikan serta penulisan laporan­nya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan dua oarang pembimbing tesis.

STAF PENGAJAR (DOSEN)

Tabel 2. Dosen Program Magister Manajemen Pendidikan

No Nama Dosen          Keahlian/Kekhususan
1 Prof. Dr. Bambang Sumitro, M.S. Metodolodi Penelitian
2 Prof. Dr. Sudjarwo, M.S. Filsafat IlmuMetodologi Penelitian Pendidikan
3 Dr. Sumadi, M.S. SIM PendidikanMetodologi Penelitian Kualitatif
4 Dr. Sowiyah, M.Pd. Perencanaan dan Analisis PendidikanManaj. Pendidikan Dasar Menengah
5 Dr. Hi. Bujang Rahman, M.Si. Manajemen Perguruan TinggiManajemen Mutu Pendidikan
6 Dr. Alben Ambarita, M.Pd. Pembelajaran, Pedagogi, AndragogiPengembangan Profesi dan Pengelolaan
7 Dr. Irawan Suntoro Supervisi PendidikanManajemen Strategik Pendidikan
8 Dr. Supomo Kandar, M.S. Kepemimpinan PendidikanFilsafat Pendidikan
9 Dr. Nandang Kosasih Ananda, M.Sc. Manajemen KurikulumPerencanaan dan Analisis Pendidikan
10 Dr. Riswanti Rini, M.Si. Manajemen Biaya PendidikanSupervisi Pendidikan
11 Dr. Sulton Djasmi, M.Pd. Problematika dan Isu PendidikanManaj. Pendidikan Dasar Menengah
12 Dr. R. Gunawan Sudarmanto, M.M. Manajemen Biaya PendidikanStatistik Terapan Pendidikan
13 Dr. Caswita, M.Sc. Statistik Terapan Pendidikan
14 Dr. Lilik Sabdaningtiyas, M.Pd. Evaluasi Pendidikan
15 Dr. Undang Rosidin, M.Pd. Evaluasi pendidikan

 

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<