MAGISTER KEGURUAN GURU SD

direktur

 

guru sd

MAGISTER KEGURUAN GURU SEKOLAH DASAR

 

SEJARAH SINGKAT

Pembukaan Program Studi Keguruan Guru Sekolah Dasar (PS KGSD) S2 FKIP Universitas Lampung merupakan bagian dari pengembangan institusi di FKIP dan mempersiapkan  sumberdaya manusia yang berkualitas, berkompeten dan handal di bidangnya. Pembukaan PS KGSD S2 sudah direncanakan sejak tahun 2009 dengan pertimbangan bahwa PS PGSD (S1) telah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan pada Kepmendiknas No. 234/U/2000 dan SK Dirjen Dikti No. 108/KEP/Dikti/2001. Atas pemenuhan rujukan dan analisis kebutuhan, Dekan FKIP Unila menerbitkan SK Penyusun Proposal Nomor 213/H.26/3/KP/2009, tanggal 25 Februari 2009.

Sesuai dengan perkembangan kebutuhan peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan di jenjang pendidikan sekolah dasar, Dirjen Dikti menerbitkan surat mandat Nomor 441/E.E2/DT/2014 tanggal 19 Mei 2014 perihal Penugasan Penyelenggaraan Program Studi, bahwa Universitas Lampung diberi mandat untuk menyelenggarakan program-program studi, diantaranya Program Studi Keguruan Guru SD (S2).  Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 392/E/O/2014 tanggal 10 September 2014 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Pascasarjana Magister Keguruan Guru SD  pada Universitas Lampung.

VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi

Visi ”Pada tahun 2035 Program Studi Keguruan Guru SD (S2) menjadi program studi sejenis 10 terbaik di Indonesia”. Rumusan visi tersebut merupakan penjabaran dari visi Universitas Lampung, yakni ”Pada tahun 2025 Unila menjadi perguruan tinggi 10 terbaik di Indonesia”.

Misi

Misi Program Studi Keguruan Guru SD (S2) FKIP Unila adalah

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan terpadu dalam pengembangan disiplin ilmu bidang terkait, dan pengembangan kebijakan pembangunan dasar dan pendidikan nasional secara komprehensif;
  2. Melaksanakan penelitian, pengembangan, dan kajian teoritis, serta implementasi kebijakan pembangunan pendidikan dasar dan pendidikan nasional, baik tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui pelatihan, penataran, seminar, konferensi, dan lokakarya terkait dengan kebijakan pembangunan keguruan guru SD dan pendidikan nasional, pelaksanaan dan pengelolaan pendidikan dasar, serta dampak pembangunan pendidikan dasar dari tingkat tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.
  4. Membangun kerjasama dan networking dengan berbagai instansi terkait dengan peningkatan kualitas, baik tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional, khususnya dalam penyelenggaraan dan pengembangan program keguruan guru SD.

Tujuan

Tujuan Program Studi Keguruan Guru SD (S2) FKIP Unila bertujuan menyiapkan para mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik dan kependidikan sebagai perencana, pengembang, pemikir, dan praktisi pendidikan yang profesional yang:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan, pengetahuan, dan kemampuan dalam pengembangan dan pelaksanaan program keguruan guru dan managemen pendidikan SD pada lembaga pendidikan tinggi tenaga kependidikan;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai “leader in the field” bidang pendidikan sekolah dasar dengan keunggulan komparatif dan kompetitif serta diakui keahliannya, baik pada tingkat nasional maupun internasional;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan, pengetahuan, dan kemampuan dalam perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan pengembangan kebijakan keguruan guru sekolah dasar dalam sistem pendidikan nasional secara komprehensif;
  4. Memenuhi kebutuhan masyarakat pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional terhadap keahlian bidang pengembangan keguruan guru sekolah dasar yang memiliki kemampuan komprehensif dan kompetitif dalam bidang pendidikan dasar maupun managemen pendididikan.
  5. Menghasilkan berbagai bentuk kerjasama dan networking dengan berbagai lembaga terkait untuk pembangunan pendidikan sekolah dasar, baik tingkat regional, nasional, maupun internasional dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan nasional;

KURIKULUM

Kurikulum PS Keguruan Guru SD (S2) FKIP Universitas Lampung secara rinci dibuat pada table berikut.

                        MATA KULIAH MATRIKULASI

SKS

KETERANGAN

MSD 814001   Dasar-dasar Kependidikan

0/2

Landasan Kependidikan
MSD 814002   Dasar-dasar Pembelajaran di SD

0/2

Landasan Bidang Studi
MSD 814003   Pemahaman Teks Bahasa Inggris

0/2

Penunjang

Jumlah

0/6

MATA KULIAH SEMESTER I

UNI  814101    Filsafat Ilmu

2

Landasan Keilmuan
UNI  814102    Metodologi Penelitian

2

Landasan Keilmuan
KIP   814101    Kurikulum dan Pembelajaran

2

Landasan Kependidikan
KIP   814102   Wawasan Kependidikan

2

Landasan Kependidikan
MSD 814102    Pend. Bahasa Indonesia SD

3

Bidang Studi
MSD 814107    Seminar 1

3

Bidang Studi

Jumlah

14

MATA KULIAH SEMESTER II

MSD 814104   Pendidikan Sains SD

3

Bidang Studi
MSD 814103   Pendidikan IPS SD

3

Bidang Studi
MSD 814105   Pendidikan Matematika SD

3

Bidang Studi
MSD 814101   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD

3

Bidang Studi
MSD 814106    Statistika Terapan Pendidikan

3

Bidang Studi
MSD 814202   Seminar-2

2

Bidang Studi
MSD 814201   Proposal Tesis

5

Bidang Studi

Jumlah

22

MATA KULIAH SEMESTER III

MSD 814208   Inovasi Pendidikan di SD*)

2

Bidang Studi
MSD 814209   Pendidikan Inklusi di SD*)

2

Bidang Studi
MSD 814204   Evaluasi Pembelajaran di SD*)

2

Bidang Studi
MSD 814205   Supervisi Pendidikan di SD*)

2

Bidang Studi
MSD 814206   Perkembangan Peserta Didik*)

2

Bidang Studi
MSD 814207   Pembelajaran Terpadu di SD*)

2

Bidang Studi
MSD 814203   Karya Ilmiah**)

10

Bidang Studi

Jumlah

22

MATA KULIAH SEMESTER IV

MSD 814210   Tesis***)

20

Bidang Studi

Jumlah

20

Jumlah SKS wajib diambil mahasiswa

72

Keterangan:

*)    Mata kuliah pilihan sebanyak 6 sks

**)   Pelaksanaan dimulai semester I

***) Pelaksanaan mulai semester II

DESKRIPSI MATA KULIAH

Dasar-dasar Pendidikan (MSD 814001, 0 sks)

Mata kuliah Matrikulasi ini membahas tentang  hakekat manusia, pengertian, pendekatan , batasan, tujuan dan kompetensi,  unsur pendidikan, landasan dan asas pendidikan, historis pendidikan, pendidikan sebagai sistem dan sistem pendidikan nasional, lingkungan pendidikan, dan permasalahan pendidikan.

Dasar-dasar Pembelajaran di SD (MSD 814002, 0 sks)

Mata kuliah Matrikulasi ini membahas konsep, prinsip dan teori dalam pendidikan dan pembelajaran SD serta berbagai praktik pendidikan SD yang telah dilakukan di Indonesia.

Pemahaman Teks Bahasa Inggris (MSD 814003, 0 sks)

Mata kuliah Matrikulasi ini membahas tentang pemahaman teks bahasa Inggris tentang konsep, prinsip dan teori dalam pendidikan dan pembelajaran SD.

Filsafat Ilmu (UNI  812101, 2 sks)

Mata kuliah ini mengkaji pengertian filsafat, pengertian ilmu, cabang-cabang filsafat; mengkaji ilmu pengetahuan, gejala tahu, aspek pengetahuan (ontologies, epistemologis, axiologis); perbedaan dan persamaan antara: filsafat dengan ilmu, antara filsafat dengan agama, antara ilmu dengan agama; kriteria kebenaran ilmiah dan memahami syarat-syarat ilmiah; cara mengupayakan ilmu, kerangka piker: logico-hipotetico-verifikasi; beberapa fungsi ilmu dan beberapa khasanah ilmiah; metoda ilmiah, sarana berpikir ilmiah: bahasa, matematika, statistika; karakteristik pengetahuan ilmiah; hubungan ilmu dengan moral, apakah ilmu bebas nilai, ataukah ilmu terikat dengan nilai?

Metodologi Penelitian (UNI 812102, 2 sks)

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah (kuntitatif dan kualitatif) dalam bidang pendidikan dan pengajaran sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas antara lain meliputi: permasalahan penelitian, kerangka teori dalam penelitian, jenis-jenis desain penelitian, pengukuran variable, cara uji coba instrument, populasi dan sampel, rancangan penelitian, pengolahan data penelitian, dan topic yang sesuai dengan kekhususan bidang ilmu program studi.

Wawasan Kependidikan (KIPM 101, 2-0)

Matakuliah ini mengkaji tentang peran sentral pendidikan dalam memberikan kontribusi mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia sebagai individu warga masyarakat sehingga mampu menjadi individu yang produktif dan sejahtera serta warga masyarakat yang peduli kemaslahatan umum sebagai perwujudan pembentukan generasi emas 2045. Matakuliah ini juga akan membekali calon magister pendidikan dalam memahami peta konseptual permasalahan pendidikan baik dalam tataran makro pendidikan dalam mengembangkan pendidikan dan pembelajaran, tataran organisasi dalam mewujudkan good governance, dan tataran mikro, termasuk peluang dan kewajiban masing-masing pelaku pendidikan untuk memberikan kontribusi sesuai dengan bidang spesialisasinya.

Kurikulum dan Pembelajaran (KIPM 102, 2-0)

Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon magister pendidikan dengan wawasan dan pemahaman tentang konsep-konsep dan praktik yang berhubungan dengan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi pengertian, konsep, landasan pengembangan, komponen, model dan organisasi, evaluasi kurikulum, dan implementasi kurikulum 2013 yang diikuti dengan pemahaman tentang konsep dasar, prinsip, komponen, model, dan inovasi pembelajaran sehingga dapat mengaplikasikannya dalam proses pendidikan/pembelajaran dalam bidang spesialisasinya.

Statistika Terapan dalam Pendidikan (MSD 814101, 3 sks)

Mata Kuliah ini berisi statistika terapan dalam bidang pendidikan. Sebagai perkuliahan awal dalam bidang statistika terapan, mata kuliah ini mencakup pengertian sejumlah istilah pokok dalam penelitian dan statistika, penyajian data melalui tabel dan grafik, ukuran gejala pusat dan letak, ukuran variasi, korelasi dan regresi linier sederhana teori peluang dan beberapa jenis distribusi sampel, konsep pengujian hipotesis dan beberapa teknik yang tergolong statistika univariat (parametrik dan nonparametik). Mata kuliah ini lebih menekankan pada pemahaman dan bukan perhitungan statistika, sehingga mahasiswa mampu menggunakannya secara tepat dengan bantuan komputer (MS Excel dan SPSS).

Pendidikan PPKn di SD (MSD814106, 3 sks)

Mata kuliah ini membahas secara mendalam pendidikan PPKn untuk meningkatkan pemahaman dan memperluas wawasan mahasiswa tentang pendidikan PPKn yang mencakup hakikat pembelajaran, pendekatan, strategi dan evaluasi pembelajaran PPKn di SD.

Pendidikan IPS di SD (MSD814103, 3 sks)

Mata kuliah ini membahas secara mendalam pendidikan IPS untuk meningkatkan pemahaman dan memperluas wawasan mahasiswa tentang pendidikan IPS yang mencakup hakikat pembelajaran, pendekatan, strategi dan evaluasi pembelajaran IPS di SD.

Pendidikan Bahasa Indonesia SD (MSD814105, 3 sks)

Mata kuliah ini membahas konsep dasar perkembangan bahasa, meningkatkan pemahaman dan memperluas wawasan mahasiswa tentang pendidikan bahasa Indonesia SD (hakikat pembelajaran bahasa Indonesia secara utuh (whole language), pendekatan, strategi dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Pendidikan Sains SD (MSD814102, 3 sks)

Mata kuliah ini membahas konsep dasar IPA secara mendalam, untuk meningkatkan pemahaman dan memperluas wawasan mahasiswa tentang pembelajaran IPA SD yang mencakup hakikat pembelajaran IPA, pendekatan, strategi, dan evaluasi pembelajaran IPA di SD.

Pendidikan Matematika SD (MSD814104, 3 sks)

Mata kuliah ini membahas secara mendalam pendidikan matematika untuk meningkatkan pemahaman dan memperluas wawasan mahasiswa tentang pendidikan matematika yang mencakup hakekat pembelajaran matematika, pendekatan, strategi, dan evaluasi pembelajaran matematika di SD.

Proposal Penelitian Tesis (MSD 814201, 5 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk menyusun dan menyajikan buah pikiran berupa hasil telaah fenomena dan hasil penelitian pendidikan dasar, serta pembelajarannya dalam suatu forum ilmiah. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan menyajikan suatu ide dan gagasan secara jelas, sistematik, runtut, dan logis sesuai dengan isu-isu mutakhir yang berkembang dalam bidang pendidikan dasar dan pembelajarannya.

Seminar Proposal Tesis (MSD814202, 5 sks)

Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa dapat melakukan persiapan seminar Tesis secara terarah dan terbimbing. Deskripsi matakuliah ini adalah mahasiswa melakukan presentasi untuk memperoleh kelayakan proposal tesis, dihadiri oleh dosen pembimbing I, II, pembahas dan audience, di bawah koordinator dosen pembina mata kuliah seminar. Matakuliah ini merupakan prasyarat mahasiswa untuk memprogram Tesis.

Karya Ilmiah (MSD 814203, 10 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk menyusun dan menyajikan buah pikiran berupa hasil telaah fenomena dan hasil penelitian pendidikan dasar, serta pembelajarannya dalam suatu forum ilmiah. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan menyajikan suatu ide dan gagasan secara jelas, sistematik, runtut, dan logis sesuai dengan isu-isu mutakhir yang berkembang dalam bidang pendidikan dasar dan pembelajarannya.

 Tesis (MSD 814210, 20 sks)

Tesis adalah karya tulis ilmiah yang dikerjakan mahasiswa secara individual, berupa laporan hasil penelitian mengenai pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran di SD. Tesis ini dikerjakan dalam rangka mengakhiri kuliah pada program studi S2 Keguruan Guru Sekolah Dasar. Kegiatan penelitian dilaksanakan menurut prosedur penelitian dan penulisan tesis yang berlaku di PPS  Unila yang meliputi pengajuan usulan proposal, pembahasan desain operasional penelitian dalam seminar, bimbingan tesis dengan dosen pembimbing, pelaksanaan penelitian, analisis data, dan penyusunan laporan sesuai format karya ilmiah yang telah ditetapkan.

 Supervisi Pendidikan (MSD 814205, 2 sks)

Mata kuliah ini membahas pengertian, fungsi, tujuan, prinsip, teknik pendekatan, proses dan supervisi pendidikan terutama supervisi klinis serta latihan menyusun program dan instrumen supervisi pendidikan di SD

Perkembangan  Peserta Didik (MSD 814206, 2 sks)

Matakuliah ini membahas tentang hakekat pendidikan dengan seluruh komponen yang ada di dalamnya; hakekat belajar dan pembelajaran; hakekat kurikulum dan silabus; tugas dan kwajiban guru dalam proses pembelajaran; karakteristik siswa sekolah dasar sebagai subjek dalam proses pembelajaran; komunikasi dalam pembelajaran; model, metode dan media pembelajaran sebagai sarana komunikasi dalam pembelajaran; serta membekali mahasiswa dengan ketrampilan menyusun rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Pembelajaran Terpadu di SD (MSD 814207, 2 sks)

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan: hakekat pembelajaran terpadu di SD, konteks teoritik pembelajaran terpadu di SD, prinsip dan prosedur pelaksanaan pembelajaran terpadu di SD, pembelajaran tematik di SD, model pembelajaran terpadu dan tematik di SD, problema model pembelajaran terpadu dan tematik di SD, perangkat pembelajaran terpadu dan tematik serta mempraktikan pembelajaran terpadu dan tematik bagi anak usia SD.

Inovasi Pendidikan (MSD814208, 2 sks)

Mata kuliah ini membahas berbagai inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran terutama yang dapat diterapkan di SD.

Pendidikan Inklusi di SD (MSD 814209, 2 sks)

Mata kuliah ini membahas berbagai pendidikan inklusi dalam pendidikan dan pembelajaran terutama yang dapat diterapkan di SD.

Evaluasi Pembelajaran di SD (MSD 814204, 2 sks)

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang: Konsep, Prinsip, dan Metode Pengukuran, Asesmen, serta Penilaian Proses Pembelajaran Pendidikan Dasar. Macam-macam evaluasi: evaluasi formatif dan sumatif, Model-model Evaluasi Program seperti Context-Input-Process- Product (CIPP), dan Instrumen Evaluasi Program. Mampu melaksanakan Latihan Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Dasar, dan Pengkoordinasian Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Dasar. Serta mahasiswa terampil Praktek melaksanakan Analisis Hasil Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Dasar, dan Penyusunan Rekomendasi untuk Perbaikan dan Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Dasar, serta membuat laporan hasil Penilaian Pembelajaran Pendidikan Dasar.

STAF PENGAJAR (DOSEN)

No.

Nama

Jabatan Fungsional

Pend. Terakhir

Bidang Ilmu

1 Prof. Dr. Sudjarwo, MSNIP 195305281981031002 Guru Besar S3 UNPAD  Sosiologi
2 Prof. Dr. Ag. Bambang S., MANIP 195905281986101001 Guru Besar S3 TEFL  Bahasa Inggris
3 Dr. Bujang Rahman, M.SiNIP 196003131985031003 Lektor Kepala S3 UPI Manajemen Pendidikan
4 Dr. Thoha BS Jaya, MSNIP 195208311981031001 Lektor Kepala S3 IPB  Manajemen Lingkungan
5 Dr. Sultan Djasmi, M.PdNIP 195205041979031002 Lektor Kepala S3 UNJ  Manajemen Pendidikan
6 Dr. Supomo Kandar, M.Pd. NIP 195401151979031001 Lektor Kepala S3 UNJ  Manajemen Pendidikan
7 Dr. Suwarjo, M.Pd.NIP 195522121979031003 Lektor Kepala S3 UNM  Bahasa Indonesia
8 Dr. Een Haynilah, M.PdNIP 19623301986032001 Lektor Kepala S3 UPI  Kurikulum 
9 Dr. Darsono, M.PdNIP 195410161980031003 Lektor Kepala S3 UPI  Pendidikan IPS
10 Dr. Pargito, M.PdNIP 195904141986031005 Lektor Kepala S3 UPI  Pendidikan IPS
11 Caswita, Ph.DNIP 196710041993031004 Lektor S3 DELFT  Matematika
12 Dr. Chandra Ertikanto, M.PdNIP 196009151987031003 Lektor Kepala S3 UPI  Pendidikan IPA
13 Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd.NIP 19620203198811101 Lektor Kepala S3 UPI  Bahasa Indonesia
14 Dr. Lilik Sabdaningtyas, M.PdNIP 195610051983032002 Lektor Kepala S3 UNY  Evaluasi dan Penelitian
15 Dr. Alben Ambarita, M.PdNIP 195707111985031004 Lektor Kepala S3 UNJ  Manajemen Pendidikan
16 Dr. Riswanti Rini, M.SiNIP 196003281986032002 Lektor Kepala S3 UPI  Administrasi Pendidikan
17 Dr. Sowiyah, M.PdNIP 196007251984032002 Lektor Kepala S3 UNM  Manajemen Pendidikan
18 Dr. Rochmiati, M.Si.NIP. 195710281985032002 Lektor S3 UNY Evaluasi dan penelitian

 

 

 

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<