MAGISTER ILMU LINGKUNGAN

direktur

MAGISTER ILMU LINGKUNGAN
BERDIRI TAHUN 2009
NO. SK : 139/D/T/2009
TERAKREDITASI

ketua & Sekretaris MIL New

VISI, MISI, DAN TUJUAN

 

Visi Program Studi

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Magister Ilmu Lingkungan yang unggul dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu memutakirkan Ipteks dalam bidang pengelolaan sumberdaya alam dan pengembangan lingkungan.

 

Misi Program Studi

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan pembangunan.
  2. Membentuk insan akademik yang professional, beretika, berintegritas tinggi.
  3. Mengembangkan budaya akademik yang kondusif dan dinamis sesuai dengan perkembangan perabadan terkini.
  4. Menggalang kerjasama kolaboratif dan kemitraan yang secara sinergis dengan pihak lain (pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan perguruan tinggi lain) baik di level lokal, regional, nasional, maupun internasional guna mendukung peningkatan dan pengembangan institusional.

 

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan magister yang mempunyai kompetensi unggul dalam melakukan pengelolaan sumberdaya alam dan pembangunan lingkunga dan  senantiasa mampu untuk melakukan pemutakiran Ipteks yang dikuasainya.
  2. Menemukan Ipteks paripurna yang kompatibel bagi pemecahan berbagai permasalahan lingkungan yang senantiasa muncul sebagai akibat dari eksternalitas pembangunan maupun bencana alam;
  3. Mewujudkan institusi PS MIL sebagai pusat rujukan akademik bagi layanan pengendalian dalam kerusakan; remediasi dan pemulihan kerusakan lingkungan

Mewujudkan institusi PS MIL sebagai pusat kajian analisis kebijakan pengelolaan dan pengembangan lingkungan.

 

SEJARAH SINGKAT

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan ditujukan untuk memberikan (memperdalam, menguasai, dan mengembangkan) wawasan mahasiswa  tentang prinsip-prinsip ilmu lingkungan (ekologi, masalah lingkungan dan pembangunan, pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, ekonomi sumberdaya, dll), agar dapat memecahkan masalah pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, serta mampu menjelaskan masalah lingkungan secara holistik baik saat ini dan yang akan datang.

Dengan berlakunya  Undang-Undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, maka pengelolaan lingkungan harus mendapatkan prioritas sejalan dengan meningkatnya eksploitasi sumberdaya alam.  Eksploitasi sumberdaya alam akibat pembangunan akan mengurangi fungsi dan kualitas lingkungan sehingga konsep pembangunan berkelanjutan tidak dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan guna  melestarikan fungsi lingkungan.

Pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang telah dicanangkan dalam Agenda 21 harus tetap dijalankan guna dapat memecahkan permasalahan lingkungan yang timbul dengan tetap memperhatikan aspek sosial, ekonomi, budaya  dan potensi sumberdaya alam.  Untuk itu diperlukan para ahli yang dapat menyusun kebijakan dan pelaksana yang memiliki ilmu dan teknologi yang dapat diandalkan dalam bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan.

Guna mendukung harapan tersebut  dibuka Program Studi Magister  Ilmu Lingkungan yang bertujuan dapat mengkaji secara komprenhensif keterkaitan komponen biotik, abiotik dan sosial budaya dengan pendekatan ekologi.

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan berdiri berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 139/D/T/2009.  Proposal awal program ini disusun pada tahun 2007 oleh sebuah tim dengan penanggung jawab Prof. Dr. Abdul Kadir Salam, ketua Dr. Henrie Bucharie, dan sekretaris Dr. Asdar Iswati.

KURIKULUM

Mata Kuliah Wajib

Mahasiswa yang diterima pada program studi magister ilmu lingkungan diwajibkan untuk mengikuti program kulian matrikulasi. Tujuan program ini adalah memberikan wawasan tetntang prinsip-prinsip dasar ilmu lingkungan serta menyeragamkan pengetahuan mahasiswa yang masukannya berasal dari berbagai disiplin ilmu. Mata kuliah program matrikulasi terdiri dari Dasar-dasar ekologi, pengantar ilmu lingkungan, pengantar ststistika, serta pengantar ilmu ekonomi.

 

program studi magister ilmu lingkungan mempunyai 3 minat pilihan (1). Minat kebijakan dan manajemen lingkungan; (2). Minat pencemaran lingkungan ; (3). Minat keanekaragaman hayati.

 

Semester I

 

No Komak Nama Mata Kuliah Beban (sks)
    Wajib  
1.

2.

3.

4.

5.

6.

MIL 501

MIL 502

MIL 503

MIL 504

SEP 509

MIL 505

Ekologi Terapan

Instrumentasi dan Interprestasi Kualitas Lingkungan

Kebijakan dan Hukum Lingkungan

Pengelolaan Sumberdaya alam dan Lingkungan

Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan

Analisis Ststistika

3 (2-1)

2 (1-1)

2 (2-0)

2 (2-0)

2 (2-0)

3 (2-1)

    Total 14

 

Semester II

 

No Komak Nama Mata Kuliah Beban (sks)
    Wajib  
1.

2.

3.

4.

5.

6.

MIL 506

MIL 507

MIL 508

MIL 509

MIL 510

MIL 511

Metodologi Penelitian dan Teknik Penulisan Ilmiah

Masalah Lingkungan dan Pembangunan

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Analisis Sistem dalam Pengelolaan Lingkungan

Kualitas dan Pengelolaan Pencemaran Lingkungan

Analisis dan Implementasi Konservasi Keanekaragaman Hayati

3 (2-1)

2 (2-0)

3 (2-1)

3 (2-1)

2 (2-0)

3 (2-1)

    Total 16

 

Semester III

 

No Komak Nama Mata Kuliah Beban (sks)
    Wajib  
1.

2.

3.

4.

MIL 601

TIP 510

-

MIL 697

Analisis Kebijakan dan Kelembagaan Lingkungan

Pengendalian Pencemaran Agroindustri

Pilihan I

Seminar Usul Penelitian

2 (2-0)

3 (2-1)

3-6

1 (1-0)

    Total 9-12

 

Semester IV

 

No Komak Nama Mata Kuliah Beban (sks)
    Wajib  
1.

2.

MIL 698

MIL 699

Seminar Hasil Penelitian

Tesis

1 (1-0)

4 (0-4)

    Total 5

 

Mata Kuliah Pilihan

 

Komak Mata Kuliah Pilihan Beban (sks)
MIL 602 Perencanaan dan Administrasi Lingkungan 2 (2-0)
MIL 603 Teknik Penilaian (valuasi) Ekonomi terhadap Lingkungan 2 (2-0)
MIL 604 Etika Lingkungan 2 (2-0)
MIL 605 Kimia dan Pencemaran Lingkungan 2 (2-0)
MIL 606 Toksikologi Lingkungan 3 (2-1)
MIL 607 Perubahan Iklim Global dan Perdagangan Karbon 2 (2-0)
MIL 608 Sistem Informasi Geografi 2 (2-0)
MIL 609 Pengelolaan Sumberdaya Lahan 3 (2-1)
MIL 610 Agroforestry 2 (2-0)
MIL 611 Konservasi Tanah dan Air 3 (2-1)
MIL 612 Pengelolaan Lingkungan Hutan Kota 2 (2-0)
MIL 613 Pengelolaan Sumberdaya Pesisir 3 (2-1)
MIL 614 Sistem Pertanian Berkelanjutan 3 (2-1)
MIL 615 Masalah Kasus 2 (0-2)

 

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

Ekologi Terapan (MIL 501, 3 (2-1), tim dosen: Agus Setiawan, Tugiono,: Mata kuliah ini bertujuan membahas penerapan prinsip-prinsip ekologi dalam penerapan pengelolaann sumberdaya alam dan lingkungan, membahas prinsip-prinsip konsep ekosistem, struktur dan fungsi ekosistem, ekologi populasi dan ekologi komunitas, ekologi sumberdaya alam, polusi dan pencemaran lingkungan, metode dan teknik pengukuran kumonitas, model kearifan lokal, perspektif ekologi untuk pemberdayaan masyarakat, ekologi politik. Konsep tersebut selanjutnya digunakan sebagai kerangka dasar guna pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan serta terapannya untuk ekologi manusia,  ekologi wilayah urban, wilayah industry dan dampak perubahan ekologis pada kesehatan masyarakat.

 

Intrumentasi dan interpretasi kualitas lingkungan (MIL 502, 2(1-1), tim dosen: Warsito, Tugiono, Sutopo Hadi, Henrie Bucharie):  Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang berbagai instrumentasi(peralatan) untuk mengukur dan mendapatkan data kualitas lingkungan dan cara penggunaannya (kualitas udara, air, tanah, dan bilologi darat dan perairan) mulai dari pengambilan contoh sampai penanganannya, pemahan tentang baku mutu lingkungan (BML), parameter kualitas lingkungan, dan cara interpretasi terhadap data analisis laboratorium.

 

Kebijakan dan Hukum Lingkungan (MIL 503, 2(2-0), tim dosen: M. Akib): Mata kuliah ini memberikan pemahaman perihal kebijakan dan aturan pemerintah dalam bidang lingkunagan, mengulas berbagai kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan bidang lingkungan serta perangkat aturannya dan perundang-undangan sebagai dasar dalam penegakan hikum lingkungan, termasuk di dalamnya tentang hukum adat dan tradisi masyarakat lokal.

 

MIL 504 Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (MIL 504 2(2-0), tim dosen: K. E. S. Manik, Henrie Bucharie):  Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang sumberdaya lam dan model pengelolaannya berdasarkan prinsip-prinsip ekologi).  Mata kuliah ini berisikan dasar pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan menurut asas-asa ekologi dan pendekatan ekosistem, metode inventarisasi sumberdaya alam, perencanaannya, dan kebijakan konservasi sumber daya alam dan lingkungan (Indobesia dan dunia).  Secara ringkas berisikan pendahuluan (batasan, ruang ling), pendekatan ekosistem, survey terintegrasi, analisi sistem, dan contoh penerapan.

 

Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan(SEP 509: 2(2-0), tim dosen Bustanul Arifin, Dwi Haryono: Konsep dan Teori ekonomi lingkungan, efisiensi dan dan kompetisi, eksternalitas, biaya sosial, struktur pasar, kualitas lingkungan sebagai publick good, konflik tujuan antar produksi dan pencemaran, valuasi lingkungan, pertumbuhan ekonomi untuk biaya lingkungan, insentif dan kualitas lingkungan, dasar-dasar pengelolaan lingkungan menurut asas-asas ekologi dan pendekatan ekosistem, inventarisasi sumber dan perencanaan lingkungan.

 

Analisis Statitika Lingkungan  (MIL 505, 3(2-1), Tim Dosen: Warsono dan Mustofa Usman): membahas tentang prinsip-prinsip statistika, interaksi antar variabel, menentukan tingkat kepentingan berbagai variabel dan menyusun model secara fungsional.  Dibahas pula tujuan dan dasar penelitian, observasi, sampling data, desain penelitian sederhana dan kompleks dari kegiatan penelitian survey dan eksperimen.

 

Metodologi Penelitian dan Teknik Penulisan Ilmiah(MIL 506,3(2-1), tim dosen: Abdul kadir Salam dan Dyah Indriana Kusumastuti: mata kuliah ini bertujuan memberikan konsep dasar filosofi ilmu dalam penelitian SDA dan lingkungan, dalam memecahkan masalah lingkungan dan pembangunan serta mencari kebenaran ilmiah.  Perumusan masalah dan hipotesis, bahasa ilmu dan berpikir ilmiahdalam menganalisi masalah, metode pengumpulan data, cara menyajikan data, cara interpretasi dan teknik penulisan tesi serta publikasi ilmiah.  Diharapkan dari mata kuliah ini dapat disusun usulan penelitian untuk tesis.

 

Masalah Pembangunan dan Lingkungan(MIL 507), 2(2-0), Samsul Bakri, dan Erdi Suroso, Abdullah Aman Damai): mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang hubungan anatar pembangunan dan lingkungan. matakuliah ini berisikan bahasan tentang maslah lingkungan didunia, populasi, makanan, pemukiman, industri, dan energi, serta bagaimana perubahan lingkungan akibat pembangunan dan bagaimana mensinergikan keduanya.  Kerterkaiatan Pemba Perdesaan_perkotaan; Urbaniasasi, Tata Ruan sebagai Pengendali Lingkungan.

 

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) (MIL 508, 3(2-1), tim dosen: K.E.S. Manik, Ali Kabul Mahi, dan Henrie Bucharie): Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang fungsi dan peran Amdal dalam pengelolaan lingkungan. Mata kuliah ini berisikan fungsi dan manfaat Amdal, prosedur pelaksanaan Amdal, skoping, metode identifikasi, prakiraan, serta evaluasi dampak, model-model dalam prediksi dampak( dampak fisik, kimia, biologi dan sosial ekonomi dan budaya), peraturan pemerintah dan baku mutu lingkungan yang berlaku. Juga diberikan latihan simulasi dalam penyusunan dokumen Amdal.

 

Analisis Sistem dalam Pengelolaan Lingkungan (MIL 509, 3, (2-1), tim dosen: Erdi Suroso, Sri Hidayati, Gatot Eko Susilo):  Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang penggunaan model dalam pengelolaan lingkungan.  Matakuliah ini berisikan pemodelan dengan menggunakan dan melibatkan berbagi variabel yang satu dengan lainnya, sehingga dalam memecahkan masalah lingkungan dapat diselesaikan secara holistik melalui pendekatan sistem.  Matakuliah ini juga membahas dasar ilmu sistem dan pemodelan serta cara aplikasinya di bidang lingkungan.

 

Kualitas dan Pengelolaan Pencemaran Lingkungan (MIL 510, 2[2-0], tim dosen: Tugiyono dan Sutopo Hadi): Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang faktor-faktor kualitas lingkungan dan pengelolaan. Mata kuliah ini berisikan faktor-faktor kualitas untuk perlindungan lingkungan. Kebutuhan manusia terhadap sumberdaya air, tanah, dan udara; pengelolaan buangan padatan, cairan dan gas; daur ulang; prinsip dasar mengenai pencemaran lingkungan (udara, air dan tanah) dan pengaruhnya terhadap lingkungan.

 

Analisis dan Implementasi konservasi Keanekaragaman Hayati (MIL 511, 3[2-1], tim dosen: Sugeng P.Haryant, Agus Setiawan dan Melyana Riniarti): Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang peranan konservasi dalam pembangunan berkaitan dengan keanekaragaman hayati. Mata kuliah ini juga berisikan teori biografi, diversitas, dan pola konservasi, hubungan antara konservasi keanekaragaman hayati dengan ilmu lainnya, peraturan perundang-undangan yang mengatur konservasi, keragaman sepesies, ekosistem, genetik dan peranannya. Ancaman terhadap keanekaragaman hayati (degradasi ekosistem, perubahan iklim global, dan kesalahan pengelolaan). Dibahas juga tentang nilai keanekaragaman hayati, perlindungan hukum terhadap keanekaragaman hayati.

 

Analisis Kebijakan dan Kelembagaan Lingkungan (MIL 601, 2[2-0], tim dosen Samsul Bakri). Mata kulaih ini memberikan pemahaman tentang kebijakan pemerintah dan pengaruhnya terhadap pembangunan. Mata kuliah ini berisikan bahasa tentang kajian mengenai aspek kebijakan pembangunan serta kelembagaan lingkungan yang dibangun pemerintah dikaitkan dengan efektifitas dan efisiensi proses pembangunan. Dibahas juga dampak dari aspek fisik, biologi maupun sosial ekonomi dan budaya serta upaya pemecahannya.

 

Pengendalian Pencemaran Agroindustri (TIP 510, 2[2-0], tim dosen: Udin Hasanudin): Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman prinsip dan filosofi penegndalian pencemaran industri, sumber dan karakteristik limbah agroindustri, audit lingkungan industri, produksi bersih, teknologi pengendalian limbah gas, cair, dan B3, disain operasi dan kontrol, fungsi dan kegunaan amdal, metodologi amdal, peraturan serta baku mutu yang berlaku di Indonesia.

 

Perencanaan dan Administrasi lingkungan (MIL 602,2[2-0], tim dosen: K.E.S. Manik): Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman mmengenai perencanaan dan pengelolaan lingkungan untuk meningkatkan dan memepertahankan kualitas lingkungan yang optimal. Kebijaksanaan dasar ekologis dalam pengelolaan hidup. Didiskusikan juga bagaimana penerapan perencanaan dan pengelolaan lingkungan di Indonesia.

 

Etika Lingkungan (MIL 604, 2[2-0], tim dosen: Thoha B. Sampurnajaya dan Ali Kabul Mahi): Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman bagaimana peran manusia dalam melindungi alam, terutama sumberdaya alam dan lingkungan agar dapat lestari. Mata kuliah ini membahas tentang teori-teori etika lingkungan (anthroposentris, biosentrisme, ekosentrisme, hak asasi alam, ekofeminisme, dan prinsip-prinsip etika lingkungan hidup); juga etika lingkungan dan politik lingkungan; peranan manusia sebagai pengelola, dan pemegang amanah, juga didiskusikan bagaimana menjaga dan memelihara serata mengelola SDA dan lingkungan secara arif dan dan bijaksana agar kualitas hidup manusia terus meningkat.

 

Kimia Lingkungan dan Pencemaran (MIL 605, 3[2-1], tim dosen: Abdul Kadir Salam dan Nanik Sriyani: Mata kuliah ini membahas dasar-dasar kimia lingkungan air, tanah, dan udara, Analisis parameter lingkungan, siklus karbon, belerang, hujan asam, pengaruh pencemaran logam berat dan penurunan kualitas lingkungan terhadap kesehatan masyarakat, zat pencemaran dalam tubuh, zat dan limbah berbahaya, biokimia, dan toksikologi limbah.

 

Toksikologi Lingkungan (MIL 606, 3[2-1], tim dosen: Tugiono dan Nanik Sriharyani, ): Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar toksikologi dan kesehatan lingkungan, pengaruh zat toksik dan xenobiotik terhadap lingkungan, juga dibahas dampaknya terhadap manusia dan makluk hidup yang lainnya.

 

Perubahan Iklim Global dan Perdagangan Karbon (MIL 607, 2[2-0], tim dosen: Tumiar K. Manik dan Gatot Eko Susilo): Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang konsep ilmiah dari perubahan iklim dalam sekala regional dan global. Dengan demikian mata kuliah ini berkaitan dengan pemahaman tentang emisi gas yang mempengaruhi konsentrasi gas di atmosfir yang kemudian mempengaruhi neraca energi panas dan akhirnya memperngaruhi perubahan pada iklim dan tinggi muka laut. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah sistem iklim dan perubahan iklim; efek rumah kaca, dorongan radiatif dan kepekaan sistem iklim; faktor-faktor yang mempengaruhi emisi antropogenik, pengamatan tentang perubahan pada sistem iklim dan tinggi muka laut; model-model yang digunakan dalam memprediksi perubahan iklim dan kenaikan muka laut; menghitung doronganradiatif yang terjadi akibat perubahan konsentrasi gas-gas rumah kaca dan aerosol, tanggapan siklus karbon siklus biokimia; kepekaan iklim, keseimbangan regional terhadap konsentrasi gas atmosfer, kebijakan-kebijakan dalam mengantisipasi perubahan iklim.

 

Sistem Informasi Geografi (SIG) (MIL 608, 3[2-1], tim dosen: Tamaluddin Syam): Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang konsep SIG (Sistem Informasi Geografi) dalam konteks manajemen sumberdaya alam dan wilayah. Mata kuliah ini berisi pemahaman tentang konsep dasar tentang aplikasi SIG, cara penyajian analisis data. Fungsi analisis multu skala neraca sumberdaya. Diberikan juga beberapa studi khusus perencanaan penggunaan sumberdaya alam dan pengembangan wilayah.

 

Pengelolaan Sumberdaya Lahan (MIL 609, 3[2-1], tim dosen: Ali Kabul Mahi, Tamaluddin Syam): Membahas berbagai aspek sumberdaya lahan dan konsep-konsep penyusunnya, membahas konsep pembangunan berkelanjutan dan kaitannya dengan pengembangan sumberdaya lahan, geometri dalam penggunaan sumberdaya lahan, berbagai jenis tanah utama, sifat-sifatnya, potensi dan permasalahannya, membahas posisi, fungsi dan peranan sumberdaya lahan dan pengelolaan lingkungan; kerusakan tanah, meliputi kerusakn fisik, kimia dan biologi; erosi tanah dan dampak pembangunan terhadap sumberdaya lahan dan berbagai upaya untuk meminimumkan dampak negatifnya; pengelolaan sumberdaya lahan berwawasan lingkungan.

 

Agroforestry (MIL 610, 2[2-1], tim dosen: Cristine Wulandari dan Melya Riniarti: Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman dan menejemen agroforestry. Mata kuliah ini berisi aspek-aspek yang terkait dengan sistem manajemen agroforestry, dukungan kelembagaan dan peraturan baik nasional maupun internasional yang berhubungan dengan pengebangan agroforestry, aplikasi managemen teknologi dalam pengembangan agroforestry dan analisis managemen agroforestri.

 

Konservasi Tanah dan Air (MIL 611, 3[2-1], tim dosen: Irwan Syukri Banua da Affandi). Membahas masalah erosi dan akibatnya, pengertian dasar hidrologi, faktor-faktor yang mempengaruhi erosi, metode konservasi tanah dan air, prediksi dan evaluasi kerusakan oleh erosi.

 

Pengelolaan Lingkungan Hutan Kota (MIL 612, 2[2-0], tim dosen: Agus Setiawan dan Melya Rinarti): Mata kuliah bertujuan memeberikan pengalaman kaitan lingkungan dan pembangunan, kota dan permasalahn lingkungan kota, upaya peningkatan daya dukung lingkungan kota, pengaruh hutan terhadap lingkungan, pengaruh pencemaran terhadap pertumbunhan, landscape hutan kota, bentuk dan tipe penghijauan kota, penentuan luas hutan kota, teknik penanaman dan pemeliharaan hutan kota, kelembagaan dan peraturan perundangan.

 

Sistem Pertanian Berkelanjutan (MIL 614, 3[2-1], tim dosen:  Muhajir Utomo dan Ainin Niswati): Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman dari segi teori tentang model usaha pertanian yang ramah lingkungan pada lahan yang subur marginal dengan menerapkan konsep ecofarming dan organic farming LEISA (Low External Input Sustainbility Agriculture), melalui pemanfaatan biofertilizer, biofesticide, aplikasi minimum tillage atau zero tillage serta pemanfaatan plasma nutfah lokal dan musuh alami dalam sistem pertanian moderm yang intensif.

 

Pengelolaan Sumberdaya Pesisir (MIL 613, 3[2-1], tim dosen: A. Kabul Mahi dan Abdullah Aman Damai. Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai pengenalan sumberdaya pesisir; konsep dan definisi pengelolaan sumberdaya pesisir; pendekatan dan tujuan pengelolaan sumberdaya pesisir secara terpadu; elemen dan proses pengelolaan sumberdaya pesisir secara terpadu; contoh dan studi kasus.

 

Seminar Usulan Penelitian (MIL 697, 1[0-1], tim dosen: Samsul Bakri) Menyajikan dan mempersentasi rencana penelitian guna menyusun tesis dan menghadiri secara terjadwal.

 

Seminar Hasil Penelitian (MIL 698, 1[0-1], tim dosen: Henrie Buchari Menyampaikan hasil penelitian yang telah dilakukan di depan forum seminar yang dihadiri oleh dosen pembimbing, dosen pembahas dan Ketua/Sekretaris Jurusan.

 

Thesis (MIL 699 [0-4]): Tim Henrie Buchari. Melakukan penelitian untuk memperoleh Ipteks mutakir di bidang pengelolan sumberdaya alamm dan pembangunan lingkungan,  menyusun laporannya secara sistematis, menyajikan dalam seminar di depan khalayak internal PS MIL, menerbitkan kedalam jurnal ilmiah yang relevan, dan mempertahankan dalam sidang ujian tertutup secara komprehensif di depan komisi pembimbing dan penguji di luar komisi pembimbing.  

 

 

 

STAF PENGAJAR (DOSEN)

 

No. Nama Lengkap Gelar/Professor

(asal, Tahun)

Bidang Ilmu

[A]

[B]

[C]

[D]

1. A. Aman Damai Ir. Unila, 1988

M.Si. IPB Bogor, 2003

Pengelolaan Sumberdaya Pesisir
2. Abdul Kadir Salam Ir., IPB Bogor

M.SC., Univ. Of Wisconsin-Madison USA, 1989

Ph.D., Univ. of Wisconsin-Madison USA, 1993

Prof., 2001

Kimia Tanah dan Lingkungan
3. Afandi Ir. Univ. Brawijaya

M.S. UGM, Yoyakarta

Dr. Gifu Univ. Japan 2004

Konservasi Tanah dan Air
4. Agus Setiawan Ir., IPB Bogor

M.S. IPB Bogor

Dr., IPB Bogor, 2007

Keanekaragaman Hayati dan Hutan Kota
5. Ainin Niswati Ir., UNILA

M.Sc., Nagoya Univ. Japan.

Dr., Nagoya Univ, Japan. 2005

Biologi Tanah
6. Ali Kabul Mahi Ir., UNILA

M.S. IPB Bogor, 1987

Dr., IPB, 1994

Prof., 2000

Evaluasi Lahan dan Pengelolaan SDA Pesisir
7. Bustanul Arifin Ir., IPB Bogor 1985

M.SC., Univ. of Wisconsin-Madison USA,

Ph.D., Univ. of Wisconsin-Madison USA, 1995

Prof., 2006

Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
8. Dwi Haryono Ir., IPB Bogor

M.S. IPB Bogor, 1991

Dr., IPB Bogor, 2008

Ekonomi Sumberdaya
   

 

 

   

[A]

[B]

[C]

[D]

9. Gatot Eko Susilo S.T, Univ. Brawijaya 1994

M.Sc. Univ.Of Manitoba-Canada 2000

M.A.Sc. Univ of New Foundland, Canada 2003

Ph.D. Yamaguchi University – Japan 2013

Teknik Pengairan,

Water Resource Engineering

Environmental Engineering

 

Environmental Engineering

 

 

10. Henrie Buchari Ir., UNILA

M.S. IPB., Bogor

Dr., IPB Bogor, 2002

Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan
11. Irwan Sukri Banuwa Ir., UNILA

M.S., IPB Bogor

Dr., IPB Bogor, 2008

Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
12. K.E.S. Manik Ir., UNILA

M.S., IPB Bogor, 1986

S3., IPB Bogor, 1991

Prof., 2004

Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan
13. Melya Riniarti S.P UNILA 1998

M.Si.  IPB Bogor 2002

Dr. IPB Bogor 2010

Ilmu Tanah

Ilmu Pengt. Kehutanan

Ilmu Pengt. Kehutanan

 

14. Muhammad Akib S.H., UNILA, M.H., Univ Airlangga, 1994 Hukum Lingkungan
15. Nanik Sriyani Ir. IPB Bogor 1984

M.SC., Univ. Of Wisconsin-Madison USA,

Ph.D., Univ. of Wisconsin-Madison USA,  1993

Manajemen Gulma dan Herbisida
16. Samsul Bakri Ir. IPB 1986

M.Si. IPB 1999

Dr. IPB 2012

Ilmu Tanah

Ilmu Tanah

Ilmu Perencanaan Pemb. Wilayah dan Perdesaan

17. Sugeng P. Hariyanto Ir., IPB Bogor

M.S., IPB Bogor, 1987

Ph.D, UPLB. Philipines 1994

Prof., 2004

Konservasi Keanekaragaman hayati
18. Tammaludin Syam Ir., Unila 1983

M.S., IPB Bogor,

Dr. Univ Putra malasyia 2003

Remote sensing
19. Thoha Sampurna Jaya M.S, Univ. Indonesia Ilmu Lingkungan
20. Tugiyono Drs., UGM, 1986

M.S. UGM, 1988

Ph.D. Curtin Univ. Of Technology, 2001

Toksikologi dan Pencemaran air

[A]

[B]

[C]

[D]

21. Tumiar Katerina Manik Ir., IPB Bogor.

M.Sc.Iowa State Univ. 1991

Ph.D. National Univ. Of Singapore, 2008

Klimatologi dan Perubahan Iklim
22. Udin Hasan Udin Ir. IPB 1985

M.T. ITB

Dr. Jepang

Teknik Industri

Teknik Kimia

Ilmu Lingkungan

23. Warsito Ir., Univ. Brawijaya Malang

M.Sc. Univ. De Caen, Basse normandie, France,

Dr., Univ. De Caen, Basse Normandie, France, 2003

Instrumentasi
24. Warsono Ir., IPB Bogor

M.S. IPB Bogor, 1991

Ph.D., Univ. Of, Alabama, Birmingham, USA, 1996

Statistik Terapan

 

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<