MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

direktur

MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

1. Sejarah Singkat Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Dengan tingginya animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, maka pimpinan FKIP Universitas Lampung memberi tugas kepada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk mengajukan proposal kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk izin penyelenggaraan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Izin penyelenggaraan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris pada Universitas diputuskan dalam surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor: 66/E/0/20014 tanggal 7 Mei 2014 yang ditandatangani oleh sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Patdono Suwignjo (NIP 19581007198611001). Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan bulan Juni 2014 dan tes seleksi pada bulan Juli 2014. Para pendaftar yang berjumlah 87, berasal dari  berbagai universitas dan sekolah tinggi (1.Universitas Lampung, 2.Universitas Muhammadiyah Metro, 3.Universitas Pendidikan Indonesia, 4. Universitas Sanata Dharma, 5. Universitas Sumatera Utara, 6. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jurai Siwo Metro, 7. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Teknokrat, 8. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Yunisla Bandar Lampung 9.STKP Muhammadiyah Kotabumi, 10. STKP Muhammadiyah Pringsewu,  dan 11. STKP PGRI Bandar Lampung). Dari 87 pendaftar, 37 orang dinyatakan lulus seleksi. Perkuliahan dimulai pada semester ganjil bulan September 2014.

 2. Visi, Misi dan Tujuan  Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Visi

Sejalan dengan visi Universitas Lampung d dan visi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampungi, visi Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah menjadi program studi bidang pendidikan bahasa Inggris tingkat magister yang menghasilkan pendidik dan peneliti yang dapat menerapkan hasil karya ilmiahnya untuk memberikan layanan pendidikan bahasa Inggris bermutu di sektor pendidikan formal maupun non formal dan mengembangkan profesionalismenya secara mandiri dan berkelanjutan dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional  pada tahun 2020.

Misi

Sebagai bagian dari perguruan tinggi yang wajib melaksanakan tri darma perguruan tinggi, Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris melalui pendidikan bermutu bagi SDM Indonesia untuk meningkatkan daya saing bangsa terutama dalam menghadapi era globalisasi.
  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktek keilmuan bidang pendidikan bahasa Inggris melalui kegiatan penelitian dan partisipasi aktif dalam publikasi karya ilmiah pada tingkat nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan program pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Inggris melalui penerapan karya ilmiah terkait dengan wawasan keilmuan.

Tujuan

1. Menghasilkan lulusan  yang memiliki  kompetensi profesional, pedagogik,  sosial, dan kepribadian yang kompetitif dalam bidang pendidikan bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

2. Menghasilkan lulusan yang dapat bekerja sebagai dosen, guru, instruktur, peneliti atau penyusun kurikulum, sillabus, materi, evaluasi, serta kebijakan dalam bidang pendidikan bahasa Inggris .

3. Menghasilkan lulusan yang menguasai dan mampu mengembangkan teori, melakukan kajian tentang pengajaran bahasa Inggris serta kaidah-kaidah linguistik dan mempublikasikannya melalui jurnal nasional terakreditasi dan atau internasional bereputasi.

 3. Kurikulum

Kurikulum Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris mengacu kepada peraturan menteri no 49 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi, yakni :

  1. Perkuliahan = 32 sks
  2. penelitian dan penulisan = 40 sks, yang terdiri dari :

1)       Proposal Thesis = 5 sks.

2)      Penelitian dan Penulisan Thesis = 20 sks

3)      Seminar = 5 sks

4)      Karya ilmiah = 10 sks

Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris  dengan jumlah 72 sks ini dirancang untuk memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studi seperti yang direncanakan oleh DIKTI, yaitu

1, 5 – 4 tahun.

Perkuliahan yang terdiri dari 32 sks adalah mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa. Penelitian yang terdiri dari 40 SKS dilakukan dalam bentuk tugas terstruktur, seminar, dan penelitian mandiri. Berikut adalah rincian mata kuliah.

No Kode  Mata Kuliah Nama Mata kuliah SKS
Semester
1 Uni. Filsafat Ilmu 2(2-0)
2 Uni.  Metodologi Penelitian 2(2-0)
3 KIPM102 Kurikulum dan Pembeljaran 2(2-0)
4 MPBI814101 Advanced Second Language Acquisition 3(1-2)
5 MPBI814102 Advanced Linguistics 3(1-2)
6 MPBI814103 Advanced Assessment in Language Teaching 3(1-2)
7 MPBI814104 TEFL Methodology 3(1-2)
8 MPBI814105 Proposal Thesis 5(0-5)
Sub total 23 SKS
Semester 2
1 KIPM101 Wawasan kependidikan 2(2-0)
2 MPBI814201 Literature in Language Teaching 3(1-2)
3 MPBI814202 Research in Language Teaching 3(1-2)
4 MPBI814203 EFL Curriculum Development and Syllabus Design 3(1-2)
5 MPBI814204 Pragmatics 3(1-2)
6 MPBI814205 Seminar 5 (0-5)
Sub total 19 SKS
Semester 3
1 MPBI814301 Penelitian dan Penulisan Thesis 20(0-20)
2 MPBI814302 Karya Ilmiah 10(0-10)
Sub total 30 SKS
Semester 4
1 MPBI814201 Penelitian dan Penulisan Thesis (lanjutan)*
2 MPBI814302 Karya Ilmiah (lanjutan)*
Total 72 SKS

4. Deskripsi Mata Kuliah dan Daftar Pengajar Tetap

A. Deskripsi Mata Kuliah

1) Mata Kuliah Universitas

1.Filsafat Ilmu (2 SKS)

Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam berbagai ilmu serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik, seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional, serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan serta kegunaannya baik secara internal, eksternal, maupun sosial.

2. Metodologi Penelitian (2SKS)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa permasalahan penelitian, kerangka teori dalam penelitian,jenis-jenis design penelitian, pengukuran variabel, cara uji-coba instrumen, populasi dan sampel, rancangan penelitian dan pengolahan data penelitian.

 2). Fakultas :

1.Wawasan Kependidikan (2SKS)

Mata kuliah ini mengkaji tentang peran sentral pendidikan dalam memberikan kontribusi mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia sebagai individu warga masyarakat sehingga mampu menjadi individu yang produktif dan sejahtera serta warga masyarakat yang peduli kemaslahatan umum sebagai perwujudan pembentukan generasi emas 2045. Matakuliah ini juga akan membekali calon magister pendidikan dalam memahami peta konseptual permasalahan pendidikan baik dalam tataran makro pendidikan dalam mengembangkan pendidikan dan pembelajaran, tataran organisasi dalam mewujudkan good governance, dan tataran mikro, termasuk peluang dan kewajiban masing-masing pelaku pendidikan untuk memberikan kontribusi sesuai dengan bidang spesialisasinya.

 2. Kurikulum dan Pembelajaran (2SKS)

Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon magister pendidikan dengan wawasan dan pemahaman tentang konsep-konsep dan praktik yang berhubungan dengan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi pengertian, konsep, landasan pengembangan, komponen, model dan organisasi, evaluasi kurikulum, dan implementasi kurikulum 2013 yang diikuti dengan pemahaman tentang konsep dasar, prinsip, komponen, model, dan inovasi pembelajaran sehingga dapat mengaplikasikannya dalam proses pendidikan/pembelajaran dalam bidang spesialisasinya.

 3). Program Studi

1. Advanced Second Language Acquisition (3SKS)

Mata Kuliah ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berfikir secara kritis mengenai proses pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua. Materi perkuliahan mencakup teori yang mendasari perkembangan studi pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua (second language acquisition/foreign language learning) dalam hubungan dengan teori dasar lingusitik yang mencakup bidang  phonology, morphology, syntax, dan semantics; perbandingan pembelajaran bahasa pertama dan bahasa kedua dikaitkan dengan teori behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, Vygotsky, Universal Grammar dan comprehensible input-comprehensible output. Disamping itu dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran/pemerolehan bahasa asing, seperti faktor kognitif, afektif, gaya belajar, stragtegi belajar, dan strategi komunikatif. Sedangkan filsafah dan praktek pembelajaran bahasa diberikan pada bagian akhir  perkuliahan. Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk kuliah, workshop, group work task dan individual project.

2. Advanced Linguistics (3SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan mahasiswa mengenai linguistik serta mempertajam kemampuan analisis mahasiswa terhadap konsep-konsep linguistik. Topik-topik perkuliahan mencakup micro-linguistics (phonetics, phonology, morphology, syntax, semantics, pragmatics, semiotics), macro-linguistics (sociolinguitics, psycholinguistics), dan applied linguistics. Perkuliahan ditekankan pada presentasi makalah dan diskusi, dan tugas mandiri berupa penelitian sederhana.

3.  Advanced Assessment in Language Teaching (3SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai isu dan praktik terkini dalam penilaian pembelajaran bahasa. Topik bahasan mencakup antara lain hubungan antara pembelajaran dan pengujian/penilaian bahasa; hubungan antara berbagai teori belajar bahasa dan pengujian/penilaian bahasa; proses penyusunan, pengembangan dan implementasi pengujian/penilaian bahasa; evaluasi dan penyusunan prosedur penilaian dan pengujian bahasa Inggris. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendisain, mengembangkan dan mengimplementasikan serta menginterpretasikan perangkat pengujian/penilaian bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk khalayak sasaran tertentu.

4. TEFL Methodology (3SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang teori-teori pengajaran bahasa Inggris  dan prinsip-prinsip pedagogik tentang pengajaran bahasa Inggris di setting bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mengkaji teori dan peraktik pembelajaran bahasa Inggris  dan mengembangkan  pembelajaran sesuai dengan setting tertentu ( sekolah formal, non-formal, EAP dan ESP).

5. Proposal Thesis

Mahasiswa menulis proposal mini yang berkaitan dengan judul thesis yang dipandu oleh dosen.

Semester 2.

1.Literature in Language Teaching (3SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang teori sastra dan pemanfaatan karya sastra dalam pembelajaran bahasa Inggris. Mata kuliah ini diharapkan dapat memacu mahasiswa dalam mengkritisi prosa, esei, dan cerita pendek serta pemanfaatannya dalam pembelajaran di dalam kelas. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memilih karya sastra yang tepat serta dapat mendesain tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang tepat baik dari segi teori sastra maupun teori pembelajaran bahasa Inggris.

 2. Research in Language Teaching (3SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa dalam merancang, mengembangkan,  dan melaksanakan penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mengkaji jenis-jenis penelitian, merancang, dan mengembangkan metode penelitian berdasarkan masalah penelitian, mengkaji jenis-jenis instrumen, merancang dan mengembangkan  instrumen berdasarkan masalah penelitian. Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk kuliah, workshop, group work task dan individual project, berupa rancangan penelitian.

3. EFL Curriculum Development and Syllabus Design (3SKS)

Mata kuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa untuk  berfikir kritis  tentang proses pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran untuk pengajaran bahasa. Topik bahasan mencakup antara lain prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan desain materi dan silabus dari sudut pandang praktis dan teoretik, hubungan antara materi, silabus dan hakikat bahasa. Dalam mata kuliah ini peserta akan mendisain sillabus dan perangkat pembelajaran untuk pendidikan  formal dan informal.  Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk kuliah, workshop, group work task dan individual project.

 4. Pragmatics (3SKS)

Mata Kuliah ini menggabungkan dua konsep aplikasi kebahasaan yaitu pragmatics dan discourse Analysis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memahami, menganalisis dan berfikir kritis mengenai aplikasi kebahasaan pada tataran pemakaian bahasa secara aplikatif di atas struktur kalimat. Materi perkulliahan mencakup teori dasar pragmatics, aspek-aspek dalam speech acts: locutionary, illocutionary, perlocutionary, maxims. Pada bagian lain dibicarakan aspek discourse analysis berupa cohesion and coherences, conversation analysis, critical discourse analysis, genre dan written discourse serta hubungan pragmatics-discourse analysis dengan pembelajaran bahasa. Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk lecture, workshop, group discussion, dan individual project.

5. Seminar = 5 SKS (0-5)

Setiap mahasiswa menyajikan  proposal tesis dan mahasiswa yang lain wajib mengikutinya.Kegiatan ini dipandu oleh 3 dosen, sekretaris program studi dan ketua program studi.

Semester 3.

1. Penelitian dan Penulisan Thesis (0-20 SKS)

Mahasiswa melakukan penelitian berdasarkan  proposal yang telah diseminarkan. Dalam penelitian dan penulisan thesis ini, mahasiswa akan dipandu oleh 3 dosen.

2. Karya Ilmiah

Mahasiswa menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya dalam jurnal ilmiah. Dalam penulisan karya ilmiah ini, setiap mahasiswa akan dipandu oleh 2 dosen.

Semester 4-8.

(Melanjutkan Penelitian dan Penulisan Thesis, dan Karya Ilmiah).

B. Daftar Pengajar Tetap Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

1. Prof. Ag. Bambang S., Ph.D

2. Prof. Dr. Cucu Sutarsyah, M.A.

3. Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd.

4. Hery Yufrizal,  Ph.D

5. Ujang Suparman, M.A., Ph.D

6. Dr. Flora, M.Pd.

7. Dr. Sukirlan, M.A.

8. Dr. Ari Nurweni, M.A.

9. Dr. Tuntun Sinaga, M.Hum

10. Dr. Mahpul, M.A.E

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<