MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

direktur

PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

A. IDENTITAS PROGRAM STUDI

1. Perguruan Tinggi                             : Universitas lampung

2. Pelaksana Proses pembelajaran

a.Fakultas                                            : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

b. Jurusan                                            : Pendidikan Bahasa dan Seni

c. Program Studi                                 : Magister Pendidikan Bahasa Inggris

3. Diakreditasi oleh BAN-PT

a. Nomor                                             : 1005/SK/BAN-PT/Akred/M/2016

b. Tanggal                                           : 17 Juni 2016

c. Peringkat Akreditasi                       : B

4. Gelar Lulusan Program Studi         : Magister Pendidikan Bahasa Inggris (M.Pd)

 

B. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi

1. Visi

Visi Program Studi Pendidikan Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah Pada Tahun 2021 Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Menjadi Institusi Pengembangan Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris yang Unggul.

2. Misi

Misi Program Studi Pendidikan Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris yang berorientasi pada pembentukan karakter dan kepedulian terhadap perkembangan ilmu pembelajaran bahasa Inggris;

  1. Menyelenggarakan penelitian pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris yang inspiratif dan inovatif;
  2. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris yang inspiratif dan inovatif;
  3. Menyelenggarakan kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan berbagai pihak dalam lingkup lokal, regional, nasional maupun internasional.

3. Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah :

  1. Menghasilkan calon pendidik Bahasa Inggris yang memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial;
  2. Meningkatkan mutu pembelajaran dan pemecahan masalah pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif, progresif, dan kreatif di sekolah dan lembaga pendidikan dan di masyarakat melalui kegiatan penelitian;
  3. Mengatasi masalah pembelajaran bahasa Inggris dan meningkatkan relevansi pembelajaran bahasa Inggris melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Mewujudkan kerjasama di bidang pendidikan dengan perguruan tinggi lain yang sejenis, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris dan instansi terkait.

 

C. Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah :

1. Kompetensi Utama

Kompetensi Utama lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah menghasilkan lulusan yang mampu:

a. mengembangkan pengetahuan teori kebahasaan dan praktik profesionalnya melalui penelitian yang menghasilkan karya inovatif yang teruji;

b. memecahkan permasalahan dalam bidang pengajaran bahasa Inggris melalui pendekatan inter dan multidisipliner;

c. melaksanakan penelitian dan pengembangan  yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan;

d. menghasilkan dan mengkomunikasikan karya ilmiah pada tingkat nasional maupun internasional.

2. Kompetensi Pendukung Lulusan

a. merancang pembelajaran untuk tujuan tertentu (English for specific purposes);

b. merancang penelitian;

c. menulis karya ilmiah (artikel dalam proceeding maupun dalam jurnal).

3. Kompetensi Lainnya

Menghasilkan lulusan tenaga pendidik yang ahli dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris dengan kemampuan :

a. Educational data analysis;

b. Course designer.

Download Panduan Magister Bahasa Inggris

 

 

>>Program Pascasarjana Universitas Lampung berdiri sejak tahun 1999, Sampai sekarang Program Pascasarjana Universitas Lampung sudah mempunyai 2 Program Doktor dan 32 Program Studi Magister Terakreditasi<<